Satu lagi keajaiban alam yang dimiliki Indonesia. Kali ini daerah liburan alam yang bisa dibilang sangat menakjubkan ini berada di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Berada di puncak sebuah gunung dengan nama yang sama, Danau Kelimutu menarik perhatian banyak pelancong dalam dan luar negeri.

 

Pada tanggal 26 Februari 1992, Danau Kelimutu masuk dalam kawasan Taman Nasional Kelimutu, sebuah taman nasional terkecil dari enam taman nasional yang ada di kawasan Bali dan Nusa Tenggara. Tempat liburan ini berada di puncak Gunung Kelimutu dengan ketinggian 1.690 meter di atas permukaan laut. Danau Kelimutu terdiri dari tiga buah ‘kubangan’ atau kawah dengan warna yang berbeda-beda.

 

Kecuali dikenal dengan nama Danau Kelimutu, daerah liburan ini juga dikenal sebagai Danau Tiga Warna. Sebuah fenomena alam yang sangat menakjubkan sebab tiga kawah dengan jarak yang berdekatan, tetapi memiliki warna air yang berbeda. Warna air danau lazimnya ialah merah, putih dan biru, tetapi bisa berubah menjadi hijau, hitam dan coklat, atau tipe warna lainnya. Uniknya, ketika para peneliti mencoba mengambil air danau ini sebagai sampel, airnya bening tanpa warna.

 

Ketiga danau ini dipisahkan oleh tebing batu curam yang mudah longsor, sehingga pelancong diinginkan cakap menjaga jarak aman ketika berada di zona sekitar danau. Ketika yang pas untuk berkunjung ke daerah liburan ini ialah antara bulan Juni – Agustus dikarenakan hujan cenderung tidak turun sehingga medan yang wajib dilalui terhitung aman.

 

Seandainya mau menerima panorama terbaik dari Danau Kelimutu, berangkatlah mendaki antara jam 2-3 pagi dari Moni yang ialah desa terdekat dengan lokasi danau. Sesampainya di puncak, Anda bisa menyaksikan panorama matahari terbit di atas Danau Kelimutu yang luar umum cantik. Jangan lupa menyiapkan kamera, ya.

 

Bagaimana bisa berangkat mendaki sepagi itu? Di Moni dan sebagian desa sekitar terdapat banyak penginapan. Dengan menginap di lokasi terdekat dengan daerah liburan ini, tentunya akan mempermudah Anda dalam persiapan mendaki.

 

Kawasan Taman Nasional Kelimutu juga menjadi habitat bagi sebagian tipe hewan dan tumbuhan. Beberapa di antaranya pun hampir punah seperti burung hantu Wallacea, elang Flores dan kancilan Flores.

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>