Lautan air yang bening, sampan-sampan nelayan yang bertebaran di permukaan danau untuk mencari ikan, ditambah pemandangan hijau di sekitar danau. Ya, pemandangan semacam inilah yang akan Anda jumpai di Danau Singkarak, Sumatera Barat. Danau ini berjarak sekitar 70 km dari Padang, ibu kota Sumatera Barat.

 

Danau Singkarak terbentang luas dan secara administratif masuk dalam dua kawasan kabupaten di Sumatera Barat, merupakan Solok dan Tanah Datar. Dengan luas sekitar 1.000 hektar, danau ini menjadi yang terluas kedua di dataran Sumatera setelah Danau Toba. Danau dengan kedalaman 268 meter dan berada di ketinggian 363,5 meter di atas permukaan laut ini termasuk dalam ragam danau tektonik karena diperkirakan terbentuk karena pergeseran lempeng bumi.

READ  Destinasi Liburan Seru di Bantul Jogja

 

Padahal tergolong luas, tetapi tak banyak ragam ikan yang hidup di perairan Danau Singkarak. Cuma ada 19 ragam ikan yang tercatat hidup di danau ini.  ini dimungkinkan karena terbatasnya jumlah plankton yang menjadi makanan ikan pada lazimnya. Plankton susah hidup di sini karena tingkat kedalaman danau yang membuat cahaya matahari tak dapat menembus dasar danau.

 

Karena keindahannya, Danau Singkarak menjadi salah datu tempat liburan yang ramai dikunjungi warga sekitar dan juga dari luar kota. Estetika tempat liburan ini pertama kali dikenal luas pada tahun 1905 melalui jurnal biologi milik Ernst Haeckel, seorang peneliti dari Jerman. Tidak hanya meneliti ekosistem Danau Singkarak dan sekitarnya, Haeckel juga kagum-kagum dengan keindahan danau ini, sehingga membuatnya merangkum keindahan Danau Singkarak dalam sebuah lukisan.

READ  Eksotisme Afrika di Pulau Jawa

 

Ada banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan untuk menikmati Danau Singkarak. Anda dapat berenang di air danaunya yang bening, naik sampan berkeliling danau, memancing di tepi danau atau turut nelayan menangkap ikan. Jangan lupa membawa kamera Anda untuk mengabadikan keindahan tempat liburan ini. Danau luas dengan latar Bukit Barisan yang hijau di seberangnya sayang sekali untuk dilewatkan.

 

Kecuali aktivitas-aktivitas hal yang demikian, Anda juga dapat melakukan liburan kuliner di warung-warung yang ada di sekitar tempat liburan ini. Seandainya makan di warung kurang memuaskan, cobalah memancing atau menangkap ikan dan membakarnya di tepi danau bersama sahabat-sahabat.  ini dapat jadi pengalaman yang menyenangkan.

READ  Pulau Perawan yang Kaya Biota Laut

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>