Tiap-tiap orang memiliki macam rambut yang berbeda-beda. Ada yang tebal, keriting, atau tipis. Nah, macam rambut tipis memang mudah dikendalikan karena jumlahnya yang tak cukup banyak. Melainkan, acap kali kali membuat Anda tak percaya diri karena rambut tak terlihat bervolume, justru terlihat lepek. Apabila Anda punya rambut tipis, sistem merawatnya tentu tak akan sama dengan rambut normal. Hakekatnya, seperti apa sistem merawat rambut tipis?

 

Rambut tipis memang cenderung dimiliki bayi. Seiring waktu, rambut akan terus tumbuh menutupi segala kulit kepala. Sayangnya, tak segala orang akan memiliki rambut tebal. Ada juga orang yang sudah dewasa memiliki rambut tipis, tak jauh berbeda dengan ketika mereka kecil.

 

Merawat macam rambut ini mungkin jadi tantangan besar bagi Anda. Supaya rambut tipis Anda tetap terjaga kesehatannya dan terlihat lebih lebat, observasi beberapa hal ini dalam merawat rambut tipis.

READ  Kesalahan Saat Membersihkan Tubuh

 

  1. Jaga kebersihan rambut

Kulit kepala memiliki kelenjar minyak dan kelenjar peluh. Tiap-tiap hari kedua kelenjar hal yang demikian akan mewujudkan peluh dan juga sebum. Setelah Anda olahraga, peluh akan diproduksi lebih banyak. Akibatnya, rambut akan terlihat lepek dan berminyak.

 

Apabila Anda memiliki rambut tipis, situasi rambut lepek akan membuat rambut jadi terlihat semakin tipis. Anda tak ingin hal seperti ini terjadi, bukan? Jadi, pastikan Anda membersihkan rambut dengan rutin. Jangan tunda atau malas membersihkan rambut.

 

  1. Pilih sampo yang cocok dan keramas dengan benar

Sistem merawat rambut tipis merupakan sebaik mungkin menghindari kerontokan. Rambut yang sudah tipis, akan terus menipis seandainya rambut benar-benar rapuh dan mudah rontok.

 

Untuk mencegah kerontokan, Anda sebaiknya memilih sampo yang diformulasikan untuk menguatkan rambut. Apabila Anda berencana untuk menebalkan rambut, pilih sampo khusus untuk menstimulus pertumbuhan rambut.

READ  Masalah yang Ditangani Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

 

Kecuali alternatif sampo, sistem keramas juga harus Anda observasi. Keuntungan rambut tipis merupakan pengaplikasian sampo jadi lebih hemat. Cukup keluarkan sedikit sampo, tambahkan sedikit air, dan gosok sampai berbusa. Lalu, pijat ke area kepala secara perlahan. Lakukan pijatan dengan lembut supaya kandungan sampo bisa masuk ke kulit kepala. Lalu diamkan sebelama beberapa menit dan bilas sampai bersih.

 

  1. Gunakan pelembap dan masker rambut

Untuk mencegah rambut tipis menjadi kering dan mudah rapuh, menerapkan pelembap bisa jadi solusinya. Setelah keramas, keringkan rambut dengan handuk atau kipas angin. Kemudian, oleskan pelembap pada ujung rambut saja.

 

Kecuali keramas, lakukan juga masker rambut satu kali seminggu untuk membuat rambut terlihat lebih tebal. Pilih masker rambut yang mengandung minyak biji jojoba yang mengandung antioksidan, vitamin A, dan vitamin C untuk memperkuat rambut.

READ  Obat Batuk Berdahak Alami

 

  1. Jangan memberesi rambut berlebihan

Mengeringkan rambut atau mencatok rambut akan memaparkan hawa panas pada rambut. Kegiatan ini bisa membuat rambut jadi kering dan mudah rampuh. Untuk itu, jangan terlalu acap kali mencatok atau mengeringkan rambut dengan hair dryer. Atau seandainya memang terpaksa, atur suhunya jadi lebih rendah (agak adem).

 

Itu juga dengan alternatif potongan rambut, pastikan Anda memotong rambut tiap 6 sampai 8 pekan sekali supaya formatnya tetap rapi.

 

  1. Penuhi nutrisi untuk rambut

Makanan kaya protein, asam lemak omega 3 dan vitamin B5 membuat folikel jadi lebih sehat dan memperlancar peredaran darah ke kulit kepala sehingga memicu produksi rambut. Anda bisa mendapatkan manfaat hal yang demikian dengan mengonsumsi daging ayam atau daging sapi, yogurt, ikan salmon, kenari, gandum, atau telur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>