Digigit nyamuk memang cukup mengganggu. Tidak hanya rasa gatal, gigitan nyamuk juga meninggalkan bekas seperti bentol dan kemerahan. Belum lagi digigit nyamuk yang membawa bakteri penyakit. Karenanya itu, Anda patut melindungi supaya tak digigit nyamuk.

 

Nah, memang ada banyak produk yang mengklaim bahwa produknya ampuh mengusir nyamuk. Akan tetapi, sebaiknya pilih-pilih dulu sebelum membeli produk. Pastikan bahwa produk hal yang demikian mengandung bahan-bahan yang dapat membuat nyamuk tak ingin mendekat. Lantas, produk seperti apa saja yang manjur dipakai supaya tak digigit nyamuk?

 

Supaya tak digigit nyamuk, Anda juga patut memerhatikan baju Anda. Bila memang Anda pergi ke lingkungan yang banyak nyamuknya, usahakan untuk menerapkan baju lengan dan celana panjang.

 

Nah, supaya makin tak disukai nyamuk, Anda dapat menerapkan berjenis-jenis produk obat nyamuk. Nah, sebelum membelinya, Anda juga sebaiknya amati berapa lama produk dapat tepat sasaran mencegah nyamuk datang dan bahan di dalamnya.

READ  Bagian Tubuh Manakah yang Paling Baik untuk Suntik Insulin

 

Pasalnya, ada sebagian bahan yang memang terbukti ampuh mengusir nyamuk. Apa saja? . bahaya menghirup obat nyamuk semprot :

 

  1. DEET

DEET sudah ada selama lebih dari 60 tahun. Pertama kali dipatenkan oleh Tentara Amerika Serikat untuk menolong melindungi tentara dari serangga.

 

Bahan aktif ini juga sudah terbukti dapat mencegah gigitan nyamuk, lalat, dan berjenis-jenis serangga lainnya. DEET dapat dipakai seketika ke kulit dan tersedia dalam fokus mulai dari 5-100 persen di lebih dari 100 produk yang berbeda.

 

  1. Permethrin
READ  Apa yang Mesti Dilakukan Saat Serangan Asma Kumat

Supaya tak digigit nyamuk, Anda juga dapat menerapkan obat pada baju atau barang yang Anda gunakan. Pasalnya bahan aktif permethrin ini tak aman jika dipakai seketika ke kulit.

 

Tetapi, Anda dapat menyemprotkannya ke baju atau tenda, supaya tak ada nyamuk yang menyerang Anda ketika berkemah.

 

  1. Picaridin

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberi masukan picaridin sebagai bahan yang tepat sasaran mengusir nyamuk pembawa malaria. Tetapi, sayangnya tak dapat dipakai untuk mencegah gigitan serangga lain.

 

Tidak seperti DEET, picaridin tak berbau, tak berminyak, dan tak akan merusak baju atau plastik.

 

Ini dapat didapatkan dalam fokus dari 5-20 persen. Pada 20 persen, obat nyamuk sepadan dengan fokus DEET yang dipakai oleh tentara AS dan berlangsung selama 8-10 jam.

READ  Orang yang Hidup Membujang Lebih Rentan Terkena Depresi

 

  1. Citronella

Meskipun citronella tak dianggap seefektif sebagian obat nyamuk lainnya, tetapi citronella sudah cakap menjadi pembasmi sebagian variasi serangga yang tak dapat disingkirkan bahan DEET.

 

Citronella dianggap aman untuk ditaruh di kulit, dan kebanyakan penelitian memberi masukan untuk menerapkan obat ini ke kulit tiap-tiap 30-60 menit.

 

  1. PMD

PMD merupakan versi sintesis dari minyak lemon eucalyptus (OLE), yang merupakan satu-satunya zat alami yang diakui oleh Centers for Disease Control and Prevention untuk mengusir nyamuk yang membawa virus West Nile.

 

Sebuah penelitian melaporkan bahwa PMD dapat mengusir nyamuk seefektif DEET selama enam jam. Selain itu, PMD juga berasal dari bahan alami sehingga aman dipakai seluruh orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>