Berwisata ke Jogja jangan hanya dihabiskan dengan jalan-jalan di sentra kota saja. Sediakan waktu untuk berkunjung ke Kalibiru, sebuah destinasi liburan alam dengan pemandangan menakjubkan. Di sini, terdapat sebuah rumah pohon yang diterapkan untuk menikmati pemandangan dari ketinggian.

 

Selain rumah pohon, tentunya masih ada sebagian hal menarik lain yang dapat kamu dapatkan di Kalibiru. Traveloka telah merangkum empat hal yang perlu kamu tahu dari rumah pohon Jogja Kalibiru. Berikut ulasannya!

 

Tenaga tarik Kalibiru

Semenjak sebagian tahun belakangan ini, Kalibiru di Jogja menjadi salah satu destinasi liburan yang dikunjungi banyak pelancong. Sekiranya kamu ketik nama destinasi liburan tersebut di Instagram, akan timbul banyak foto yang diambil di sana oleh para pengunjung. Panorama ini tidak terlepas dari tenaga tarik yang dimiliki liburan Kalibiru berikut ini:

 

Titik alam mengagumkan

Dulunya, kawasan Kalibiru di Jogja dikelola oleh pemerintah. Seiring berjalannya waktu, kini warga lokal mengambil alih pengelolaan dan mengubah Kalibiru sebagai sebuah objek liburan. Karena menjadi tenaga tarik utama dari Kalibiru merupakan pemandangan kawasan Perbukitan Menoreh dan Waduk Sermo yang cantik.

READ  Rekomendasi Tempat Nongkrong di Jogja Untuk Anak Muda

 

Sejauh mata memperhatikan, yang tampak hanyalah pepohonan hijau. Udaranya malahan cukup teduh, sehingga layak untuk kamu yang mau bertamasya sambil relaksasi tubuh dan pikiran. Sebaiknya, datanglah dikala pagi atau petang hari dikala cahaya matahari tidak terlalu menyengat agar kamu dapat menikmati estetika alam di Kalibiru secara optimal.

 

Gardu pandang di atas pohon

Tidak favorit dan paling tenar di Kalibiru merupakan gardu pandang, merupakan sebuah papan yang dipasang di atas pohon. Sekiranya letaknya ini, orang-orang malahan menyebut garda pandang tersebut sebagai rumah pohon. Kesibukan hanya menikmati pemandangan, orang-orang juga lazimnya menyenangi berfoto di gardu pandang ini. Merasakan tertarik untuk naik ke gardu pandang, kamu harus mengeluarkan uang sekitar Rp10.000.

 

Sekiranya seru yang dapat dilakukan

Dengan estetika alam sebagai atraksi utama di Kalibiru, ada beraneka hal menarik lainnya yang dapat kamu lakukan. Berikut sebagian anjuran kegiatan seru yang  dapat kamu coba:

READ  Danau Kelimutu Wisata Pulau Flores

 

Tiap pemandangan dari atas rumah pohon

Rumah pohon atau gardu pandang merupakan salah satu tenaga tarik utama dari Kalibiru. Oleh sebab itu, cobalah naik ke rumah pohon tersebut. Dari ketinggian, kamu dapat menikmati pemandangan alam sekitar secara lebih optimal. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen dan mengupload foto di media sosial.

 

Trekking dan outbound

Apakah menikmati pemandangan alam merupakan satu-satunya kegiatan yang dapat dilakukan di Kalibiru? Tentu saja tidak. Pihak pengelola telah menyediakan sebagian fasilitas bagi kamu yang menyenangi memacu adrenalin, merupakan trekking dan outbound.

 

Salah satu fasilitas outbound yang paling banyak dicoba pengunjung merupakan flying fox. Ada pula sebuah jembatan yang dipasang di atas ketinggian, di mana kamu dapat menelusurinya dengan penuh tantangan. Sebagai opsi, ada pula jalanan khusus di Kalibiru yang dapat kamu gunakan untuk trekking dan eksplor area sekitar.

 

Menginap di pondok yang unik

Merasakan belum merasa puas bermain-main di Kalibiru dalam sehari, kamu dapat menginap di pondok yang telah disediakan. Ada enam a pondok yang tersedia di Kalibiru dengan harga sewa sekitar Rp250.000 per malam. Sesampainya pondok dapat menampung optimal 10 orang. Di dalam pondok belum tersedia kasur, sehingga kamu harus membawa tikar atau alas tidur sendiri.

READ  Wisata Candi Borobudur Indonesia

 

Lokasi dan akses menuju lokasi

Tiap di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, liburan alam Kalibiru berjarak sekitar 35 km dari sentra Kota Jogja. Dari sentra kota, kamu dapat mengarah ke Malioboro, lalu ambil jalanan menuju Purworejo. Ikuti jalan hingga menuju Terminal Wates, lalu teruskan perjalanan menuju Waduk Sermo.  di sini kamu, dapat bertanya ke warga sekitar sebab Kalibiru tidak jauh dari Waduk Sermo.

 

Harga karcis masuk jam operasional

Sesampainya harinya, liburan Kalibiru di Jogja buka pukul 06:00 – 17:00. Sebelum masuk, kamu harus membayar karcis sekitar Rp10.000 per orang. Bagi yang membawa kendaraan beroda empat, kamu juga akan dikenakan tarif tambahan sebesar Rp5.000. Sementara itu, harga parkir untuk motor merupakan Rp2.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>