Kadang, bisa ada sisa nasi tidak termakan padahal Anda sudah betul-betul menakar porsinya supaya ideal dengan jumlah orang di rumah. Jika sudah semacam ini, apa yang umumnya Anda lakukan? Menyimpan nasi yang tersisa untuk dipanaskan kembali pada waktu makan selanjutnya? Memanaskan nasi boleh saja, tetapi patut konsisten hati-hati, lho!

 

Pasalnya, makan nasi yang dipanaskan bisa menyebabkan keracunan makanan. Bukan, bukan dari metode pemanasannya. Tetapi, lebih ke bagaimana metode Anda menyimpan sisa nasi hal yang demikian sebelum dipanaskan kembali.

READ  Cara Bersetubuh yang Sehat dan Memberikan Kepuasan

 

Banyak orang yang terbiasa menyimpan sisa nasi cuma di atas meja makan sebelum kesudahannya dipanaskan kembali. Anda mungkin salah satunya? Inilah yang sesungguhnya bisa meningkatkan risiko keracunan makanan.

 

Sebelum Anda panik tidak keruan, kembali lagi ditegaskan bahwa memanaskan nasi boleh-boleh saja. Bakteri menimbulkan risiko keracunan makanan bukan dari pengerjaan pemanasannya, tetapi metode penyimpanan sisa nasinya sebelum kesudahannya dipanaskan lagi.

 

Beras mentah yang belum dimasak bisa mengandung spora Bacillus cereus. Kian ini konsisten bisa bertahan hidup malah sesudah nasi matang. Nah dikala nasi yang sudah matang dibiarkan mendingin di suhu ruangan, bakteri hal yang demikian bisa berkembang biak dan menghasilkan racun yang sering kali menjadi penyebab keracunan makanan.

READ  Kecanduan Game Bisa Turunkan Gairah Seks Pria

 

Walaupun lama nasi didiamkan teronggok di suhu ruangan sebelum dipanaskan kembali, akan semakin banyak racun yang dihasilkan oleh bakteri hal yang demikian sehingga kemungkinan besar nasi sudah tidak lagi aman untuk dikonsumsi. Maka dipanaskan berkali-kali malah, bakteri dalam nasi hal yang demikian tidak akan mati karena fisiknya memang cukup tangguh untuk lewat pengerjaan memasak bersuhu tinggi.

 

Jika dari itu, lebih amannya tidak memanaskan nasi hingga berkali-kali karena itu artinya Anda juga berulang kali membiarkan nasi mendingin di suhu ruangan sebelum dihangatkan lagi. Bakteri ada, spora Bacillus cereus justru akan semakin bertambah banyak.

READ  Cara Membantu Teman yang Terjebak dalam Hubungan Posesif yang Mengekang

 

Anda makan nasi yang mengandung bakteri Bacillus cereus, Anda mungkin akan mengalami muntah-muntah atau diare sekitar 1 hingga 5 jam sesudahnya. Gejalanya relatif ringan dan umumnya berlangsung sekitar 24 jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>