Setiap obat, baik itu yang dari resep dokter atau dijual bebas di warung obat, mempunyai regulasi minum dan jadwal dosisnya masing-masing. Peraturan ini patut dipatuhi agar Anda dapat pesat sembuh. Nah saat memperoleh obat yang patut diminum 3 kali sehari (3×1), kapan saja umumnya Anda meminumnya? Pagi, siang, dan malam? Sesungguhnya, cara minum obat 3 kali sehari seperti ini kurang ideal, lho! Seketika, kapan waktu minum obatnya?

 

Maksud dari minum obat dengan regulasi minum tiga kali sehari merupakan memang dalam sehari Anda minum obat sebanyak tiga kali. Tetapi, cara membagi waktunya tak sesimpel cuma “pagi, siang, dan malam”.

 

Diberitakan dari Detik Health, dr. Anis Kurniawati, PhD, SpMK(K), sekretaris Komite Pengaturan Resistensi Antimikroba (KPRA) dari Kementerian Kesehatan, cara membagi waktu minum obat 3 kali sehari patut per 24 jam. Artinya, Anda patut minum obat tiap 8 jam sekali untuk tiga kali dalam sehari.

READ  Bahaya Air Tanah yang Terkontaminasi

 

Jadi, misalkan waktu pertama kali Anda minum obat di hari itu merupakan pukul 8 pagi. Maka dosis kedua patut Anda minum pukul 4 sore, dan dosis terakhir patut Anda minum pada pukul 12 malam. Bukan berarti Anda minum obat mencontoh waktu makan pagi, siang, dan malam.

 

Mencontoh regulasi minum obat 3 kali sehari dengan benar itu penting. Dr Anis lanjut mengatakan, regulasi frekuensi minum obat dijadikan berdasarkan progres absorpsi obat dalam tubuh. Untuk beberapa obat tertentu, jadwal minum patut benar-benar saklek karena dosis konsentrasi obat patut konsisten ada terus-terusan dalam darah.

READ  Kiat Mengobati Lutut Sakit Ala Rumahan yang Mudah Diterapkan

 

Itu konsentrasi obat mulai turun, maka efektivitasnya dapat menurun untuk memerangi penyakit sehingga Anda patut minum obat lagi demi menjaga konsentrasi obat di dalam darah konsisten stabil.

 

Bila Anda lupa minum obat, tetapi waktu telah akan masuk ke waktu selanjutnya untuk minum obat, apa yang patut dikerjakan? Lazimnya Anda memilih untuk melewatkan saja satu waktu minum obat ini. Atau beberapa orang mungkin memilih untuk menambah dosisnya menjadi dua.

 

Tetapi, itu cara minum obat yang salah. Anda tak boleh menggabungkan dosis obat dalam satu waktu. Atau memilih untuk tak minum obat di waktu kedua, dan lanjut saja minum di waktu saat yang telah diatur.

READ  Kandungan Pasta Gigi yang Ampuh untuk Gigi Sensitif

 

Bila Anda lupa minum obat di satu waktu, segera minum saja di saat itu juga. Untuk waktu minum obat selanjutnya, Anda sesuaikan lagi dengan delapan jam setelahnya, atau delapan jam waktu terakhir Anda minum obat.

 

Semisal Anda minum obat yang pertama pukul 8 pagi, lalu Anda lupa patut minum lagi pukul 4 sore. Anda baru ingat sesudah pukul 5 sore. Nah demikian itu teringat, segera saja minum obat di waktu tersebut. Untuk selanjutnya, Anda minum lagi di delapan jam sesudah pukul 4 sore; merupakan konsisten pukul 12 malam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>