Hidup di Indonesia yang beriklim tropis membuat kita semestinya lebih gigih melindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan sunscreen (tabir surya). Seandainya tak, kulit akan gampang gosong karena terbakar dan lebih pesat menua. Tetapi demikian, metode pakai sunscreen yang keliru malahan tak akan efektif melindungi kulit. Baca terus artikel ini untuk mengenal metode memakai sunscreen yang ideal.

 

Sunscreen ialah tabir surya yang bertekstur lebih ringan dan tipis, serta tak meninggalkan bekas warna keputihan (whitecast) layaknya sunblock. Krim sunscreen berprofesi seperti spons yang akan menembus lapisan teratas kulit untuk menyerap sinar matahari yang telah terlanjut masuk ke dalam kulit.

 

Berbeda dengan sunblock yang berprofesi langsung demikian itu selesai dioleskan, sunscreen butuh waktu sekitar 20 menit untuk bisa benar-benar terserap ke dalam kulit sebelum berprofesi melindungi kulit. Sunscreen juga semestinya kerap-kerap dioleskan kembali.

READ  Bahaya Air Tanah yang Terkontaminasi

 

Nah ketika akan membeli dan memakai sunscreen, perhatikan dahulu kandungan SPF yang tertera di kemasan. Pilih sunscreen yang mempunyai minimal SPF 30. Sunscreen ber-SPF minimal 30 bisa menghalagi 97% sinar UVB si penyebab kulit gosong dan terbakar.

 

Akan lebih baik lagi jikalau sunscreen Anda juga memberikan perlindungan dari sinar UVA yang bisa menyebabkan penuaan dini dan kanker kulit. Amati kemasan yang tertera. Perlindungan kepada UVA ditandai dengan PA+, PA++, PA+++.

 

Lalu bagaimana metode memakai sunscreen yang benar? Berikut langkah-langkahnya.

 

  • Gunakan sunscreen 30 menit sebelum keluar ruangan. Sebab kulit memerlukan waktu untuk menyerap sunscreen. Jadi jikalau Anda baru memakai sunscreen sebagian ketika sebelum beraktivitas keluar rumah atau ketika berada di bawah sinar matahari, kulit Anda tak akan menerima perlindungan apa malahan dan berisiko terbakar matahari.
  • Kocok sebelum Anda menekan sunscreen keluar. Ini bermanfaat untuk mencampur semua partikel secara merata dalam wadah.
  • Tuangkan sunscreen cocok keperluan kulit Anda. Jangan terlalu sedikit. Biasanya orang dewasa memakai sekitar satu ons sunscreen (sekitar 1 cangkir takar obat sirop) untuk dioles semua tubuh.
  • Oleskan merata ke semua komponen tubuh yang akan terkena sinar matahari. Ini termasuk zona yang kerap disampingkan seperti punggung, telinga, serta di belakang lutut dan kaki Anda.
  • Oleskan sunscreen sebagian kali dalam sehari. Walaupun Anda telah menggunakannya dari rumah, tapi Anda perlu mengoleskannya kembali. Sebab tak ada sunscreen yang 100% melindungi kulit dari sinar matahari sedangkan Anda memakai SPF tinggi. Sunscreen akan luntur atau hilang ketika Anda berkeringat dan jikalau terkena air. Sebab itu, sebaiknya oleskan kembali sunscreen tiap-tiap dua jam sekali.
  • Gunakan sunscreen tiap-tiap kali Anda akan keluar rumah, tak peduli pada cuaca di luar. Walaupun sinar UVB melemah ketika musim hujan, tapi sinar UVA menjadi lebih kuat. Baik sinar UVA dan UVB sama-sama bisa menyebabkan kanker kulit dan kerusakan sel pengaruh sinar matahari. Oleh karena itu, Anda konsisten semestinya memakai sunscreen sedangkan di musim hujan atau ketika mendung. Mengaplikasikan sunscreen juga berfungsi menjaga kelembapan kulit.
READ  Langkah Pertolongan Luka Bakar Akibat Bahan Kimia

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>