Persoalan gigi berubang banyak sekali ditemukan. Pasalnya, problem gigi berlubang umumnya tidak hanya terjadi pada satu gigi saja, namun dapat dua atau lebih gigi yang berlubang.

 

Sayangnya, problem gigi berlubang ini masih kerap kali dikesampingkan oleh beberapa orang yang merasakannya, dan umumnya baru mencari bantuan ketika telah terjadi keluhan.

 

Kecuali itu, masih banyak pula yang meragukan urgensi perawatan gigi berlubang tersebut ke dokter gigi. Walaupun, problem gigi berlubang dapat menimbulkan risiko beberapa penyakit serius, serta dapat membahayakan organ tubuh lainnya. Secara lagi kalau keadaan gigi berlubang ini terjadi pada anak-anak. Gigi berlubang pada anak dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembanganannya kalau dibiarkan. Pola makan, fokus belajar dan juga waktu rehat anak akan terganggu kalau terdapat gigi berlubang pada anak tersebut. Demikian ini akan menyebabkan penurunan mutu hidup dari anak yang mengalami gigi berlubang.

READ  Tindakan yang Dapat Dilakukan Dokter Neurologi

 

Apakah yang mesti dikerjakan kalau terjadi gigi berlubang?

 

Situasi gigi berlubang tidak dapat dibiarkan semacam itu saja. Kecuali itu, gigi berlubang juga tidak dapat sembuh dengan sendirinya. Karenanya, keadaan gigi berlubang ini membutuhkan perawatan/perbuatan medis oleh dokter gigi.

 

Perbuatan medis yang diberikan oleh dokter gigi akan bergantung pada sebesar dan sedalam apa kerusakan pada jaringan gigi yang telah terjadi. Lubang pada lapisan surel dan dentin, baik yang telah terdapat keluhan ngilu maupun belum, akan membutuhkan penambalan, baik dengan bahan tambal yang mengaplikasikan sinar maupun bahan tambal glass ionomer. Pemilihan variasi bahan tambal ini bergantung dari variasi gigi, luas dan dalamnya lubang yang terjadi pada gigi.

READ  Cara Penggunaan Sampo Antiketombe untuk Atasi Panu

 

Sekiranya lubang pada gigi telah menempuh lapisan dentin yang berada dibawah surel (lapisan terluar gigi) tidak dirawat dengan baik akan menyebabkan lubang yang terjadi menempuh kamar syaraf gigi. Dikala kamar syaraf gigi telah “bocor” pengaruh lubang yang terjadi maka kerusakan pada gigi tersebut tidak dapat segera ditambal konsisten, namun membutuhkan perawatan saluran akar secara khusus dahulu baru dapat dikerjakan penutupan lubang pada gigi tersebut. Perawatan ini umumnya dikerjakan dengan mengaplikasikan tambalan yang dijadikan di lab, ialah inlay, atau dengan mengaplikasikan crown/mahkota gigi.

READ  Bahayanya Bila Karang Gigi Dibiarkan Menumpuk