Berdasarkan laporan tahun 2014 pada laman legal BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional), angka pengguguran di Indonesia cukup tinggi, merupakan menempuh 2,4 juta per tahun. Pun setiap tahunnya terdapat kenaikan sekitar 15%, dan 800 ribu di antaranya dilaksanakan oleh remaja putri yang masih berstatus pelajar. Sayangnya, para wanita banyak yang tak berpikir mengenai bahaya melaksanakan pengguguran ilegal, terlebih jikalau melaksanakan pengguguran sendiri. Oleh sebab itu, pemerintah Indonesia mengeluarkan Undang-undang Pemerintah No.61 Tahun 2014 seputar Kesehatan Reproduksi. Dalam Pasal 31, dikontrol bahwa pengguguran disahkan untuk kehamilan akibat pemerkosaan, dan cuma dapat dilaksanakan jikalau umur kehamilan di bawah 40 hari.

 

Berdasarkan WHO, pengguguran yang tak aman merupakan prosedur untuk mengakhiri kehamilan yang dilaksanakan seorang individu yang tak mempunyai keterampilan yang dibutuhkan, atau yang dilaksanakan di lingkungan yang tak pantas dengan standar medis minimal, atau keduanya. Pengguguran yang tak aman biasa terjadi di tempat-tempat ilegal. Hampir separuh dari pengguguran di seluruh dunia tak aman, dan hampir seluruh pengguguran tak aman ini (sebesar 98%) terjadi di negara-negara berkembang. Inilah penyebab utama kematian ibu.

READ  Bagaimana cara mengatasi usus buntu saat hamil

 

Pemakaian obat-obatan untuk pengguguran amat populer di kalangan wanita. Namun, cara ini ternyata berbahaya, malah jikalau Anda memakai obat herbal sekalipun. Berikut ini akibat pemakaian obat bagi kesehatan:

 

Pengguguran dengan obat herbal

Sebenarnya, sedangkan herbal dapat menjadi pengecualian dari hukum FDA (Food and Drug Administration), tapi mereka merupakan obat dan juga bahan kimia. Faktanya, tumbuh-tumbuhan jarang sekali mempunyai tingkat standar bahan kimia. Suhu, kelembapan, dan situasi tanah, semuanya berkontribusi dalam pertumbuhan tanaman. Bahan kimia dalam tanaman yang sama jenisnya dapat bervariasi dari tahun ke tahun dan dari tempat ke tempat. Perbedaan ini dapat menjadikan ketidakefektifan jangka overdosis. Kecuali itu, sebagian besar obat herbal memakai dosis yang berbahaya bagi ibu agar dapat memengaruhi kehamilan.

READ  Cara Melahirkan Bayi yang Meninggal Dalam Kandungan

 

Obat pengguguran yang dijual bebas

Kadang-kadang ada wanita yang menemukan obat yang ideal dan tanda yang ideal untuk menyebabkan pengguguran. Namun, dari pengalaman sebagian pasien, hal itu amat jarang terjadi. Persoalan yang paling kerap merupakan bahwa obat yang Anda cari itu palsu, yang kerap kali diimpor dari negara asing dan tak mengandung kandungan apa malah yang menyebabkan pengguguran. Semisal-kadang obat yang dijual malah mengandung timah hitam dan racun yang berbahaya bagi tubuh Anda.

 

READ  Cara untuk Menghindari Operasi Caesar

Namun seperti pemakaian obat Cytotec, yang pada mulanya merupakan obat resep yang diaplikasikan untuk mengobati penyakit maag. Namun, obat ini disalahgunakan sebagai obat gelap untuk pengguguran. Penyalahgunaan Cytotec dapat menyebabkan perdarahan yang berlebihan dari rahim. Komplikasi dapat muncul dalam waktu yang singkat, seperti cuma sebagian jam, berdasarkan Prof. Kuldip.

 

Risiko lainnya merupakan infeksi, sebab leher rahim akan melebar selama progres pengguguran yang diinduksi obat.  dapat dengan mudah naik ke saluran kelamin, yang menyebabkan infeksi parah di rahim, saluran tuba, dan panggul. Infeksi ini dapat membikin wanita tak subur. Dalam kasus yang parah, malah obat ini dapat menyebabkan kematian.