Ada bermacam-macam hal yang dapat membikin seseorang stres, mulai dari aktivitas harian yang padat, kemacetan lalu lintas atau persoalan pribadi. Meskipun stres adalah komponen normal dari kehidupan, namun stres dalam jangka panjang dapat membawa efek buruk pada kesehatan tubuh, termasuk mengganggu kesehatan jantung.

 

Pada dasarnya, stres adalah respons alami tubuh yang timbul dikala menghadapi kondisi yang sulit. Dikala tubuh mengalami stres, detak jantung akan meningkat, nafas menjadi lebih kencang, otot menegang dan tekanan darah malah akan meningkat. Jikalau diperbolehkan tanpa penanganan, stres dapat menyebabkan persoalan yang lebih luas.

READ  Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi Selama Diare Supaya Cepat Sembuh

 

Dikala stres, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol dan adrenalin untuk mempersiapkan tubuh dalam merespon sebuah kondisi. Dalam jangka, kondisi ini dapat memengaruhi kesehatan jantung. Oleh sebab itu, penting untuk memecahkan stres secepatnya.

 

Stres juga berkaitan dengan penurunan mutu endothelium, adalah lapisan pelindung dalam pembuluh darah. Hal ini diperkirakan dapat memicu peradangan yang kemudian menyebabkan penumpukan kolesterol dan lemak pada arteri koroner. Jikalau hal ini terjadi dalam waktu yang lama, Anda berisiko mengalami gangguan jantung serius.

READ  Alasan Obat Maag Harus Dikunyah Dulu

 

Risiko gangguan jantung tidak cuma disebabkan oleh stres itu sendiri, namun juga sebab sistem penanganan stres yang salah. Banyak orang cenderung melaksanakan aktivitas yang tidak sehat, seperti merokok, atau mengkonsumsi makanan berlemak dan kolesterol tinggi dikala stres. Hal-hal inilah yang meningkatkan risiko gangguan jantung.