Ketidakhadiran BPJS menjadi angin segar bagi seluruh masyarakat indonesia. Dengan adanya program ini, Anda dapat mendapat pelayanan kesehatan dengan lebih mudah, murah (pun tidak dipungut bayaran), dan terpola . Tidak cuma berguna untuk orang yang sakit, bagi Anda yang sedang hamil pun juga dapat merasakan manfaat BPJS, lho. Yuk, cari tahu seluruh profit BPJS untuk ibu hamil via review berikut ini.

 

Ibu hamil yang terdaftar sebagai BPJS akan dijamin kesehatannya mulai dari awal kehamilan, persalinan, sampai masa nifas. Tidak stop sampai situ, BPJS juga memberikan pelayanan keluarga berencana (KB), di antaranya berupa konseling, pemberian obat, sampai pemasangan alat kontrasepsi.

 

Bermacam-macam manfaat BPJS untuk ibu hamil yakni:

 

  1. Layanan selama masa kehamilan, masa nifas, dan pasca melahirkan

Pemeriksaan selama masa kehamilan, masa nifas, sampai pasca melahirkan amat penting untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi. Dengan adanya layanan BPJS untuk ibu hamil yang satu ini, risiko kematian bayi dan kematian ibu saat dan setelah melahirkan dapat dicegah sedini mungkin

READ  Cara Aman dan Mudah Transaksi Via Online

 

BPJS Kesehatan menanggung tarif pemeriksaan kehamilan atau antenatal care (ANC) sebanyak tiga kali, yakni satu kali pada trimester 1, satu kali pada trimester 2, dan dua kali pada trimester 3. Kecuali itu, Anda juga berhak menerima pemeriksaan setelah melahirkan (postnatal care / PNC) sebanyak tiga kali, dan pelayanan KB.

 

Supaya kesehatan janin Anda terjamin, sebaiknya langsung daftarkan bayi dalam kandungan Anda menjadi peserta BPJS Kesehatan. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya gangguan kesehatan atau penanganan khusus pada bayi sejak dalam kandungan.

 

  1. Layanan USG

USG yakni salah satu prosedur medis yang penting untuk memantau perkembangan janin dalam kandungan. Nah, Anda dapat menerima layanan yang satu ini jikalau terdaftar sebagai member BPJS.

READ  Asuransi Syariah, Menawarkan Keuntungan Lebih Baik dari Konvensional

 

Meskipun semacam itu, tak seluruh USG akan dibiayai oleh BPJS. Layanan USG yang ditanggung BPJS hanyalah USG yang dianjurkan oleh bidan atau dokter. Hal ini tentu akan diberikan jikalau janin mempunyai permasalahan perkembangan atau kelainan tertentu selama kehamilan.

 

Jadi, jikalau Anda berharap menjalankan USG karena harapan sendiri, maka hal ini tak akan dibiayai oleh BPJS alias semestinya dibayar sendiri.

 

  1. Layanan persalinan

Persalinan yakni salah satu layanan paling penting yang diberikan oleh BPJS untuk ibu hamil. Persalinan ibu hamil dapat dikerjakan di Puskesmas atau klinik yang sama dengan tempat Anda memeriksakan kehamilan. Namun jikalau tak memungkinkan, Anda dapat melahirkan di rumah sakit setelah menerima acuan dari bidan atau dokter.

READ  Go-Jek Akuisisi Tiga Perusahaan Fintech Lokal Untuk Perkuat Go-Pay

 

Info pantasnya, BPJS tak cuma menanggung persalinan Anda saat ini saja. Akan tapi, persalinan-persalinan Anda berikutnya juga akan ditanggung oleh BPJS. Yang terlebih, pastikan Anda senantiasa membayar iuran ideal waktu dan mematuhi keharusan-keharusan sebagai peserta BPJS.

 

  1. Layanan operasi caesar

Info bagus lainnya, operasi caesar termasuk salah satu layanan yang ditanggung oleh BPJS. Meskipun semacam itu, tak seluruh operasi caesar akan dibiayai oleh BPJS, lho. Ya, hal ini tergantung pada alasan dilaksanakannya operasi caesar itu sendiri.

 

Operasi caesar akan dibiayai oleh BPJS jikalau Anda menerima acuan dari dokter. Hal ini lazimnya dikerjakan pada ibu hamil yang berisiko tinggi, semisal mengalami perdarahan, preeklampsia, plasenta previa, atau keadaan darurat lainnya. Apabila demikian, operasi caesar boleh dikerjakan untuk mencegah kemungkinan kecacatan atau kematian pada ibu dan janinnya.