Fobia sosial alias gangguan kecemasan sosial yakni ketakutan tanpa karena yang dimiliki oleh seseorang untuk berinteraksi dengan orang lain. Melainkan ketakutan di sini bukan cuma sekadar malu saat berkenalan dengan orang baru atau demam panggung saat dia seharusnya berdiri di depan awam untuk presentasi proyek kantor. Ketakutan Anda untuk mempermalukan diri sendiri demikian itu kuat dan mengambil alih sehingga Anda benar-benar menghindari tiap situasi yang dapat memicu ketakutan hal yang demikian. Fobia sosial juga memunculkan rentetan respons jasmaniah yang dapat memberatkan.

 

Gangguan kecemasan kerap kali muncul pertama kali di masa kanak-kanak atau remaja awal, dan cenderung membaik seiring bertambahnya usia. Melainkan bagi beberapa orang, fobia itu dapat tetap meniru seumur hidup sehingga mendatangkan malapetaka pada kehidupan sosialnya. Individu yang memiliki gangguan kecemasan sosial, atau fobia sosial, mungkin memiliki relasi sosial atau romantis yang amat terbatas. Ketakutan luar awam akan dihakimi dan diperhatikan negatif ini membuat membuat mereka merasa tak berdaya, kesepian, terasingkan, bahkan depresi.

 

Kecemasan sosial yakni gangguan psikiatri legal yang diakui oleh para profesional medis. Ini bukanlah hal yang seharusnya diacuhkan karena kecemasan sosial amat mengganggu kesibukan sehari-hari. Sekiranya Anda atau orang terdekat Anda memiliki kecemasan sosial, berikut yakni beberapa kiat yang dapat menolong Anda untuk memecahkan fobia sosial.

READ  Depresi Kini Bisa Didiagnosis Secara Ilmiah Lewat Tes Darah

 

Kiat dan trik memecahkan gejala fobia sosial

  1. Kenali pemicu apa yang membuat Anda khawatir

Sekiranya Anda mengalami kecemasan sosial, hal secara khusus yang perlu Anda lakukan yakni dengan mencari tahu situasi apa yang membuat Anda khawatir. Apakah itu berbicara empat mata di ruangan tertutup atau sekadar berada di ruangan terbuka yang dipenuhi dengan banyak orang?

 

Tiap orang yang mengalami kecemasan sosial akan memiliki perbedaan pemicu situasi sosial yang membuatnya khawatir, juga gejala jasmaniah yang dimunculkan saat mengalami kecemasan akan berbeda pula. Oleh karena itu, mengetahui situasi apa yang membuat Anda khawatir sangatlah penting untuk membuat Anda lebih gampang memecahkan situasi hal yang demikian.

 

2, Belajar untuk rileks

Disaat Anda merasa khawatir, Anda akan merasa tak nyaman dengan lingkungan maupun keberadaan Anda. Dan salah satu sistem untuk memecahkan gejala jasmaniah saat Anda khawatir yakni belajar untuk rileks dengan sistem menarik napas pelan. Akhirnya seharusnya Anda ketahui yakni bahwa menarik napas pelan dikerjakan bukan untuk menghilangkan perasaan khawatir –karena khawatir yakni hal yang wajar dialami tiap orang-. Menarik napas pelan dikerjakan untuk membuat Anda lebih gampang memecahkan rasa khawatir, karena disaat Anda khawatir, napas Anda akan lebih kencang daripada biasanya. Sedangkan, Anda akan merasa pusing dan kecemasan Anda bertambah.

READ  Pasangan yang Umbar Kemesraan di Media Sosial Lebih Bahagia

 

  1. Ubah sistem pikir Anda

Kecemasan dapat muncul lewat pikiran. Seringkali, orang yang mengalami kecemasan berdaya upaya bahwa keberadaannya tak diharapkan dan dia akan diperhatikan negatif oleh lingkungannya. Sedangkan, pikiran hal yang demikian belum tentu benar –biasanya itu cuma ketakutan yang muncul tanpa alasan. Oleh karena itu, salah satu sistem memecahkan kecemasan sosial yakni dengan merubah sistem pikir Anda terhadap lingkungan sekitar –karena apa yang Anda takuti cuma asumsi semata. Fokuslah pada orang yang ada di sekitar Anda daripada pada fikiran Anda yang justru dapat membuat Anda khawatir.

 

  1. Coba untuk tak menghindar

Paksa diri Anda untuk mengerjakan kesibukan yang membuat Anda khawatir dan seringkali Anda hindari. Terpenting susah, Anda tetap perlu menjalankannya karena menghindar bukanlah jalan keluar dari kecemasan yang Anda hadapi. Sabar lagi, menghindari apa yang membuat Anda khawatir justru akan membuat ketakutan Anda kian besar dan membuat Anda merasa bahwa apa yang Anda pikirkan benar –sedangkan, belum tentu. Oleh karena itu, paksa diri Anda untuk menghadapi apa yang Anda takuti. Biasakan untuk mengerjakan hal hal yang demikian berulang kali, karena kian Anda kerap kali menghadapi situasi hal yang demikian Anda akan kian terbiasa, mengurangi rasa takut Anda, dan membuat Anda kian percaya diri.

READ  Bahayanya Kalau Anda Sering Kebablasan Tidur Masih Pakai Lensa Kontak

 

  1. Latihan supaya terbiasa

Salah satu hal penting yang perlu Anda lakukan untuk memecahkan kecemasan yakni dengan latihan. Tentunya, memecahkan kecemasan sosial tidaklah gampang dan memerlukan kerja keras. Oleh karena itu, untuk benar-benar memecahkan kecemasan sosial hal yang demikian, Anda seharusnya mengerjakan tip-tip diatas dan membuatnya menjadi kultur.

 

  1. Memecahkan

Anda seharusnya bersabar, karena merubah kultur tidaklah gampang, termasuk dalam menghilangkan kecemasan sosial.  kecemasan sosial yakni pelaksanaan belajar seumur hidup karena Anda akan senantiasa dihadapkan pada lingkungan baru. Punya perasaan khawatir itu wajar, namun Anda seharusnya dapat menuntaskannya atau Anda akan terperangkap dalam fobia itu selamanya, dan hal hal yang demikian dapat mengganggu kesibukan/karir Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>