Bandung dengan sejuta pesonanya memang senantiasa menarik untuk dijelajahi, malahan oleh kau yang punya bujet terbatas sekali malahan. Ya, Kota Kembang ini memang amat ramah terhadap backpacker! Ada cukup banyak penginapan murah di lokasi-lokasi strategis yang bisa kau tempati. Belum lagi beragam masakan kaki lima yang tidak cuma dijual dengan harga relatif murah, tetapi juga terkenal sedap.

 

Nah, tentunya kau wajib mengerjakan beragam persiapan agar wisata ala backpacker ke Bandung bisa berjalan lancar dan menyenangkan. Berikut ini sebagian hal yang wajib kau perhatikan:

 

  1. Batasi barang bawaan

Hal pertama yang wajib kau perhatikan saat hendak wisata ala backpacker ke Bandung ialah barang bawaan. Ingat, selain untuk menghemat pengeluaran, wisata ala backpacker juga bertujuan untuk memudahkan kau dalam bergerak. Maka dari itu, sebaiknya batasi barang bawaan kau agar bisa dimasukkan seluruhnya pada satu ransel besar.

 

Sebelum berkemas, tulis daftar berisi barang apa saja yang hendak kau bawa ke Bandung. Pertimbangkan jumlah hari, destinasi wisata yang akan kau datangi, hingga cuaca di sana. Jika sudah yakin dengan daftar hal yang demikian, kau bisa mulai memasukkan barang-barang ke ransel.

 

 

Nah, daftar yang sudah dibuat tentu bisa menolong kau untuk memegang barang yang akan dibawa. Semakin banyak barang yang kau bawa, tentu muatan ransel akan semakin berat sehingga menyulitkan kau untuk bergerak secara leluasa. Akhirnya, aktivitas berkeliling Kota Bandung akan berjalan kurang optimal. Tak berharap hal hal yang demikian terjadi, bukan?

 

  1. Pakai trek darat

Ada sebagian opsi transportasi yang bisa kau pilih untuk berangkat ke Bandung. Jika waktu bukan menjadi sebuah informasi bagi kau, sebaiknya pilihlah transportasi darat untuk menghemat biaya. Bagi yang berangkat dari Jakarta, kau bisa mengendarai bus. Kereta api juga bisa menjadi opsi yang pas, baik untuk kau yang berangkat dari Jakarta ataupun kota lain.

READ  Pantai Cantik Untuk Berlibur Sekaligus Berdoa

 

Sebagai perkiraan, lazimnya harga karcis kereta api kelas ekonomi dari Jakarta ke Bandung ialah sekitar Rp110.000 – Rp150.000. Sedangkan bagi yang berangkat dari Surabaya menerapkan kereta api, kau wajib menyiapkan bujet sekitar Rp185.000 – Rp230.000. Nah, agar tidak kehabisan karcis, sebaiknya kau mengerjakan booking semenjak jauh-jauh hari. Mengorder karcis semenjak jauh-jauh hari juga lazimnya berharga relatif lebih murah, lho!

 

  1. Pilih penginapan dengan harga relatif murah

Selain transportasi, akomodasi lain yang perlu kau perhatikan saat wisata ala backpacker ke Bandung ialah penginapan. Di Kota Kembang ini, kau bisa dengan mudah menemukan opsi penginapan yang tidak cuma berharga relatif murah, tetapi juga berlokasi di area strategis. Dengan demikian itu, kau jadi punya jalan masuk yang lebih mudah untuk mendatangi beragam daerah wisata.

 

Salah satu lokasi strategis di Bandung tentunya ialah sentra kota. Araya Huis Homestay, semisal, cuma berjarak sekitar 0,48 km dari Stasiun Bandung sehingga kau bisa segera meletakkan barang bawaan demikian itu hingga di Bandung. Untuk menginap di sini, kau cuma perlu menyiapkan bujet sekitar Rp100.000 – Rp150.000 per malam.

 

Tentunya masih ada banyak lagi penginapan murah lain di Bandung yang bisa kau pilih. Masih di sekitar stasiun yang berjarak sekitar 0,69 km, kau bisa menemukan Pinisi Backpacker Hostel yang memang khusus disediakan untuk para backpacker. Daerah tidurnya berbentuk bunk bed yang bisa diisi delapan orang dalam satu kamar. Per orangnya dikenakan biaya Rp120.000 dan sudah termasuk sarapan. Menarik, bukan?

 

  1. Manfaatkan sepeda Boseh

Menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia, Bandung terus memberesi diri agar menjadi kota yang ramah pelancong. Salah satu nyatanya bisa kau dapatkan dalam format sepeda Bike on Street, Everybody Happy atau disebut juga dengan Boseh. Sepeda Boseh bisa kau sewa untuk mengitari Kota Bandung.

 

READ  Candi di Jogja untuk Wisata Antimainstream

Tarifnya amat murah, cuma Rp1.000 untuk jam pertama dan Rp2.000 pada jam selanjutnya. Asyiknya lagi, persewaan sepeda Boseh ini sudah disediakan di sebagian lokasi strategis Kota Bandung seperti di Jika Riau dan wilayah Dago. Jika cemas kehabisan, sebagian penginapan lazimnya juga menyewakan sepeda, jadi tidak ada salahnya untuk bertanya lebih dahulu.

 

  1. Jelajah kota dengan berjalan kaki

Hening menikmati estetika Kota Bandung secara lebih santai? Tak ada opsi yang lebih pas selain berjalan kaki. Jika saja, Bandung dikenal sebagai salah satu kota di Indonesia yang cukup ramah dengan pejalan kaki sehingga kau bisa jalan-jalan secara aman dan nyaman.

 

Setelah kota menjadi salah satu wilayah yang tidak boleh kau lewatkan saat wisata ala backpacker ke Bandung. Ada banyak bangunan tua bersejarah yang bisa kau temui di sini, mulai dari Gedung Merdeka, Hotel Homann, dan De Vries. Tak sudah lelah, kau bisa beristirahat sejenak dengan duduk bersantai di alun-alun.

 

Pakai itu, lanjutkan perjalanan ke Jika Braga. Di sini, ada banyak titik yang bisa dikunjungi serta menarik untuk dibuat obyek foto. Tak tertinggal, beragam daerah makan menarik dan relatif murah bisa dengan mudah kau temui di wilayah ini.

 

  1. Liburan transportasi umum

Lelah berjalan kaki atau mengendarai sepeda meski masih ada banyak daerah yang berharap kau kunjungi di Bandung? Pakai saja transportasi umum yang tersedia. Angkutan kota (angkutan perkotaan) di Bandung mempunyai banyak jurusan yang bisa mengantarkan kau ke beragam destinasi wisata.

 

Semisal, apabila kau sedang berada di Jika Ir. H. Juanda (Dago) dan hendak ke Jika Sukarno-Hatta, kau bisa mengendarai bus umum trayek 5 jurusan Dipati Ukur-Leuwi Panjang. Per orangnya kau cuma perlu membayar sekitar Rp1.800, amat relatif murah kan? Bagi yang berada di Jika Buah Batu dan berharap ke factory outlet di Jika Riau, kau bisa mengendarai bus umum Trayek 14 jurusan Kiaracondong-Sarijadi.

READ  Gunung Semeru Wisata Jawa Timur

 

  1. Kunjungi daerah wisata murah

Dikala ala backpacker tentu akan kurang komplit apabila kau belum mengunjungi daerah wisata. Tak perlu cemas keadaan sulit bujet karena ada cukup banyak daerah wisata murah di Bandung, kok. Semisal, Curug Maribaya Lembang yang cuma mematok harga karcis masuk sekitar Rp8.000 dan kau sudah bisa menikmati segarnya air terjun di sana.

 

Jika penasaran menerapkan teropong bintang, kau bisa datang ke Observatorium Bosscha, daerah pengamatan bintang yang cukup terkenal karena pernah menjadi salah satu lokasi syuting film Petualangan Sherina. Harga masuknya cukup relatif murah, ialah sekitar Rp15.000 untuk siang hari dan Rp20.000 untuk malam hari.

 

Khusus bagi yang mencari daerah wisata dengan panorama alam keren plus Instagram-worthy, kau wajib datang ke Tebing Keraton di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial.  dengan karcis masuk seharga kurang lebih Rp11.000, kau sudah bisa menikmati panorama Taman Hutan Raya dengan latar pegunungan yang megah. Ditambah suasana teduh yang pasti akan membuat kau semakin fresh!

 

  1. masakan di kaki lima

Tak cuma mempunyai cuaca yang teduh dan wisata alam menarik, Bandung juga menyediakan banyak masakan kaki lima yang lezat, lho. Tentunya, harga yang ditawarkan tidak akan membuat kantong kau jebol.  pagi hari, sempatkan untuk sarapan Kupat Tahu Gempol di Jika Gempol Kulon No 53. Satu porsinya dijual seharga kurang lebih Rp15.000 dengan isian tahu goreng, taoge, ketupat, dan bumbu kacang gurih.

 

siang hari, mampirlah ke Bakmi Lezat Gang Luna di gang wilayah Jika Sudirman yang buka pukul 06:00 – 22:00. Harga satu porsi bakminya sekitar Rp19.000 saja! Ada pula Bebek Ali Borromeus yang sedap disantap malam hari.  di jalan Hasanuddin, seberang RS Santo Borromeus.  dengan mengeluarkan uang sekitar Rp20.000, kau sudah bisa menikmati seporsi nasi bebek yang gurih.