Green Canyon atau lebih diketahui sebagai Cukang Taneuh oleh warga sekitar, terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis. Kurang lebih 31 km dari Kota Pangandaran. Asal muasal nama Green Canyon sendiri ialah dari seorang turis Perancis yang datang pada tahun 1993. Hal ini dikarenakan airnya yang bening kehijauan dari sungai dan lumut hijau berlimpah di sisi tebing yang membuatnya populer dengan nama Green Canyon.

 

Bagi penduduk lokal, Cukang Taneuh memiliki makna jembatan tanah. Hal ini sebab di atas lembah dan lembah dari Green Canyon terdapat sebuah jembatan dari tanah yang digunakan oleh para petani setempat untuk menuju kebun mereka.

 

Sekiranya Anda berada di luar Jawa Barat maka Anda bisa mengaplikasikan transportasi udara, atau darat menuju kota Bandung. Dari Bandung, Anda mengambil jalanan bis ke arah Pangandaran. Sesudah sampai di Terminal Pangandaran, Anda bisa mengaplikasikan jasa mini bis sampai terminal Cijulang, kemudian melanjutkan perjalanan mengaplikasikan ojek atau menyewa kendaraan beroda empat.

READ  Pulau Pari Wisata Kepulauan Seribu

 

Untuk menempuh Green Canyon sendiri dari dermaga Ciseureuh, Anda sepatutnya menempuh perjalanan selama 30 sampai 45 menit dengan mengaplikasikan perahu kayu modern yang juga kerap disebut dengan “Ketinting”. Biaya per orang untuk ketinting ini ialah 75.000 Rupiah dengan kekuatan tampung optimal lima orang dan beroperasi mulai pukul 7.30 sampai 16.00 WIB.

 

Ketinting ini akan membawa Anda menyusuri sungai. Sepanjang perjalanan nantinya Anda akan disuguhi oleh panorama pohon-pohon hijau yang menjulang di sepanjang tepi sungai. Sekiranya mujur, Anda bisa mengamati sebagian satwa di sekitar sungai. Anda juga bisa merasakan air terjun yang turun dari sisi tebing.

 

Dengan keindahan yang ditawarkan oleh Green Canyon, Anda pasti takjub. Jadi jangan lupa untuk menyiapkan kamera selama perjalanan menyusuri sungai. Bidiklah objek-objek menawan yang sayang untuk dilewatkan. Jangan lupa siapkan pembungkus kamera anti air sebab di sini nanti Anda akan banyak berinteraksi dengan air.

 

Selama perjalanan yang cukup panjang dalam ketinting, nantinya Anda akan berjumpa pelbagai arus sungai yang memungkinkan bagi Anda untuk berenang. Anda bisa berenang di air sungai super bening sambil mengamati ikan berenang.

READ  Candi di Jogja untuk Wisata Antimainstream

 

Anda bisa berjalan-jalan menyusuri gua dengan stalaktit dan stalagmit yang meneteskan air. Selama perjalanan di atas perahu, Anda juga bisa merasakan bunyi gemuruh air yang bertumbangan di tebing.

 

Sekiranya Anda suka tantangan yang memacu andrenalin, Anda bisa mencoba terjun ke sungai dari batu berketinggian 5 meter atau mencoba atraksi panjat tebing. Meskipun bagi Anda yang suka ketenangan, bersampan sambil memancing akan menjadi pilihan yang menyenangkan.

 

Salah satu aktivitas yang menjadi unggulan para wisatawan ialah Body Rafting. Harga yang ditawarkan berkisar antara 150.000 Rupiah sampai 250.000 Rupiah. Paket body rafting ini tidak hanya rafting saja tapi Anda juga bisa merasakan berenang di kejernihan air Green Canyon, melompat dari tebing dengan ketinggian menempuh 9 meter, dan juga trekking.

 

Sekiranya Anda tidak membawa bekal makanan yang cukup, satu-satunya lokasi tempat penjual makanan ialah di sekitar tempat parkir di pintu masuk. Di sana terdapat jajaran rumah makan yang menyediakan makanan Sunda dan seafood. Ada juga sebagian makanan gerobak yang menjual bakso, bubur ayam, dan lain-lain.

READ  Pesona Laut di Balik Legenda Unik

 

Tips berlibur di Green Canyon

 

  1. Jangan lupa untuk membawa pakaian ganti, sebab di sini nantinya Anda akan banyak berinteraksi dengan air.

 

  1. Jangan lupa membawa tas khusus anti air untuk melindungi barang-barang elektronik Anda seperti handphone dan kamera.

 

  1. Gunakan alas kaki anti selip, sebab Anda akan kerap berjalan diatas batu licin. Cobalah untuk mengaplikasikan sandal gunung agar lebih nyaman.

 

  1. Bawalah bekal makanan dan minuman sendiri sebab penjual makanan hanya ada di pintu masuk utama.

 

  1. Yang terutamanya Jangan Buang Sampah Sembarangan! Bawalah kantong plastik khusus untuk buang sampah sehingga keindahan tempat tamasya Green Canyon tetap terjaga. Sayang kan bila Green Canyon yang tersohor kejernihan airnya tercemar tangan-tangan kita sendiri?