Aceh, tempat istimewa berotonomi khusus di ujung barat Indonesia ini harus kamu masukkan ke dalam daftar destinasi wisata impian. Mengapa? Daerah yang juga diketahui sebagai Negeri Serambi Mekah ini punya rentang alam yang luar lazim memesona, secara khusus Pulau Weh yang membikin potensi bahari provinsi hal yang demikian begitu tersohor hingga segala dunia. Namun tidak cuma pantai, pulau, dan laut, tapi Aceh juga menaruh sejumlah dataran tinggi hijau, air terjun, juga danau yang elok.  Apa saja itu? Simak lima di antaranya berikut ini:

 

  1. Danau Lut Tawar Takengon – Estetika panorama alam yang memberi ketentraman

Menghabiskan waktu libur di Aceh tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Danau Lut Tawar yang terletak di Takengon, Aceh Tengah. Keindahannya yang terasa benar-benar natural cakap membius dan membuatmu betah untuk berlama-lama.

 

Estetika danau ini dapat diperhatikan dari pegunungan yang mengitari danau. “Negeri di atas awan”, begitu ungkapan lazim yang acap kali dipakai untuk membuktikan tempat ini. Danau Lut Tawar Takengon terletak di dataran tinggi Gayo dengan ketinggian sekitar 1.200 m di atas permukaan laut. Tak salah jika hawa sejuk senantiasa menyelimutimu saat berkunjung kemari.

 

Kau bosan dengan hiruk pikuk kota dan rutinitas sehari-hari? Daerah inilah jawabannya. Pantulan langit dan alam di permukaan airnya yang jernih, cakap memberi rasa damai dan tenang. Bagi kamu pecinta kopi, pantang rasanya jika kamu tidak mencicipi kopi Gayo, kopi pujian warga sekitar yang dapat kamu temukan di kedai kopi sepanjang tepi danau.

READ  Kegiatan Menarik di Pantai Baron

 

  1. Pucok Krueng – Kolam pemandian natural yang ngumpet di balik tebing

Surga tersembunyi, itulah yang membuktikan bagaimana estetika Pucok Krueng. Layak dengan namanya, pucok yang berarti ujung, dan krueng yang berarti sungai, wilayah wisata kolam pemandian ini berada di hulu sungai yang jauh dari permukiman, sekitar 20 kilometer dari pusat kota Banda Aceh.

 

 

Danau yang tenang dan sejuk, ditambah pepohonan yang asri, membikin perjalanan jauh yang kamu tempuh terbayarkan. Belum lagi jika mengamati tebing-tebing yang berdiri tegak dan menambah keelokan kolam ini. Jangan sungkan untuk berenang dan masuk ke dalam salah satu gua di sudut kolam ini. Bagi kamu yang menyukai tantangan, cobalah mendaki dinding tebing lalu terjun kembali ke kolam pemandian. Dijamin, liburanmu kali ini dapat menjadi peristiwa yang tidak terlupakan.

 

Soal privasi, kamu tidak perlu kuatir. Wilayah ini masih belum banyak diketahui oleh pelancong, yang membuatmu seolah tengah berendam di salah satu sudut pulau pribadi.

 

  1. Air Terjun Blang Kolam – Pesona estetika Aceh yang tersembunyi di balik pepohonan rindang

Masih ada objek wisata menarik lain yang harus kamu kunjungi saat berlibur ke Aceh, salah satunya Air Terjun Blang Kolam. Terletak di Desa Sidomulyo, Aceh Utara, air terjun ini memancarkan kreasi alam khas Aceh yang tersembunyi di balik bukit.

READ  Sejarah Danau Toba Sumatera Utara

 

Bagaimana tidak, kamu dapat menyaksikan secara langsung air terjun setinggi 75 meter yang dikelilingi pepohonan rindang. Setibanya di sini, jangan ragu untuk berenang dan mencicipi kesegaran air telaga ini. Sekiranya punya waktu lebih, kamu dapat merasakan sensasi berkemah di tepi air terjun, dengan biaya Rp5.000 per orangnya. Murah, bukan?

 

  1. Pulau Rubiah – Surga pesona laut di ujung barat Indonesia

Laut di wilayah Pulau Rubiah yang menyerupai akuarium raksasa (Foto: Shutterstock)

Laut di wilayah Pulau Rubiah yang menyerupai akuarium raksasa (Foto: Shutterstock)

Ini dia primadona wisata Aceh: wisata bahari. Aceh, tidak kalah dengan tempat lain di Indonesia, juga memiliki titik snorkeling atau diving yang telah diakui keindahannya malah oleh turis mancanegara. Salah satunya di wilayah Pulau Rubiah, pulau kecil yang bersama dengan Pulau Weh, yakni komponen administratif dari kota Sabang.

 

Pulau Rubiah memiliki bentuk yang menyerupai sebuah akuarium raksasa. Di dalamnya, hidup pelbagai ikan tropis, seperti gigantic clams, angel fish, parrot fish, lion fish, malah napoleon fish, ikan yang jarang dapat Anda temukan di tempat lain. Tak cuma itu, keunikan lain dari taman laut Pulau Rubiah ini yakni terumbu karang yang membentuk gugusan berwarna-warni. Bisa dibayangkan betapa menawannya taman laut ini.

READ  Rahasia Danau Toba Sumatera Utara

 

Untuk menempuh pulau ini, kamu dapat menyeberang menggunakan feri melalui Pelabuhan Ulee Lheue, Aceh, menuju Pelabuhan Balohang, Sabang, yang memakan waktu 90 menit. Dari Pulau Sabang, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan menggunakan perahu dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

 

  1. Pantai Iboih – ‘Mutiara biru’ di Pulau Weh

Sekiranya kamu berkeinginan ke Pulau Rubiah, tidak salah jika kamu menetap dulu di salah satu pantai yang terletak di Pulau Weh, yakni Pantai Iboih. Sebab, pantai ini tenar di mata pelancong lokal maupun asing karena memiliki laut jernih yang dikelilingi pepohonan rimbun, yang membikin suasana sekitarnya sungguh asri.

 

Tak cuma memiliki pesona yang luar lazim, Pantai Iboih juga memiliki fasilitas yang lengkap. Untuk kamu yang berkeinginan merasakan wisata mewah atau sekadar backpacker-an, segala dapat. Puluhan hotel yang cocok dengan kantong, penyewaan kendaraan bermotor, toko makan yang pelbagai, dan rental alat diving atau snorkeling, juga mudah kamu temukan di sini.

 

Kau dapat ke Pantai Iboih yang terletak di Pulau Weh ini dengan menggunakan kapal dari Pelabuhan Ulee Lheue di Aceh, menuju ke Pelabuhan Sabang. Setibanya di sana, lanjutkan perjalanan dengan kendaraan bermotor yang menempuh waktu kurang lebih satu jam.