Saat kencan dan tidak ada lagi bahan obrolan yang akan diperbincangkan, pasti Anda jadi linglung dan salah tingkah. Akibatnya Anda dan pasangan mungkin hanya saling membisu. Tidak jarang, Anda atau pasangan pun main HP agar tidak canggung. Tapi, hal itu justru makin menghalangi percakapan Anda dan pasangan ketika kencan. Simak kiat kencan berikut agar senantiasa ada topik yang menarik untuk dibahas. Kiat memecah keheningan ketika kencan :

 

  1. Tanya hal yang spesifik, jangan hanya, “Hari ini ngapain saja?”

 

Sangat mungkin untuk kehabisan topik percakapan ketika kencan dengan pasangan. Apalagi kalau Anda hanya mengulang pertanyaan yang itu-itu saja tiap-tiap kali berjumpa.

 

Jadi ketimbang sekedar bertanya, “Hari ini ngapain saja?”, tanyalah hal-hal yang lebih spesifik lagi. Semisal perihal bagaimana perasaannya perihal dilema di sekolah atau kantor, atau setelah berjumpa dengan orang-orang baru di kantor.

READ  Orang yang Sering Menangis Mentalnya Sekuat Baja

 

Jika Anda tidak bertanya secara spesifik, pasangan Anda mungkin jadi linglung ingin menyebutkan dilema apa dan komponen yang mana, sehingga ia pun menjawab sekedarnya.

 

  1. Dengarkan musik bersama

 

Berdasarkan penelitian, mendengarkan musik bisa meningkatkan suasana hati dan membuat Anda lebih nyaman ketika bersama dengan orang lain. Musik juga menstimulasi sistem limbik otak, yang penting untuk menyusun relasi emosionil.

 

Pasanglah nyanyian yang Anda atau pasangan Anda sukai dan bisa dinikmati bersama. Ini bisa memancing percakapan perihal nyanyian yang sedang didengarkan masing-masing.

 

  1. Simpan telpon seluler Anda

 

Saat kencan, sebaiknya simpan saja HP Anda di dalam ransel. Jika Anda sedang makan bersama, tidak perlu meletakkan HP Anda di atas meja.

 

Meletakkan HP di atas meja memicu Anda untuk senantiasa mengecek layar ketika ada pesan yang masuk. Akibatnya, Anda nantinya akan asyik sendiri dengan HP Anda. Inilah yang akan membuat Anda dan pasangan saling berdiam diri ketika kencan.

READ  Efek Buruk Akibat Sering Ditanya Sudah Isi

 

Sebuah penelitian menemukan bahwa mutu relasi, kepercayaan, dan empati merosot sebanyak 35 persen ketika pasangan main HP selama berdiskusi. Penulis penelitian mengatakan lebih jauh bahwa mengecek HP bisa menyita perhatian Anda dari pasangan.

 

  1. Jujur saja kalau Anda merasa canggung

 

Jika Anda memang merasa canggung dan kehabisan topik ketika kencan, utarakan saja sejujurnya. Anda bisa mengatakan pada pasangan Anda seperti “Aku jadi linglung ingin ngomong apa lagi. Jadi canggung, deh. Kau juga merasa semacam itu, tidak?”

 

Berdasarkan psikoterapis Mel Schwartz, L.C.S.W., penulis The Art of Intimacy, ucapkan peratanyaan yang jujur dan lapang dada, yang bisa mengarah ke percakapan yang lainnya. Malahan kejujuran bisa jadi sebuah ice breaker di antara Anda berdua. Pasangan Anda mungkin akan menjadi lebih rileks dan terbuka ketika ia tahu apa yang sedang Anda rasakan dan pikirkan.

READ  Suka Merasa Canggung Ketika Bertatapan Mata Saat Mengobrol

 

  1. Coba cerita duluan

 

Suasana yang canggung dan hening ketika kencan umumnya terjadi karena salah satu pasangan yang lebih tak jarang bicara, sementara yang satunya lebih banyak membisu mendengarkan. Saat pasangan yang lebih tak jarang bicara akhirnya membisu, tentu saja suasana jadi hening dan canggung.

 

Padahal kalau Anda ingin terbuka dengan pasangan Anda, kemungkinan kehabisan topik ketika kencan itu sangat kecil. Karenanya, usahakan untuk membuka diri dan bercerita duluan untuk membuka topik. Jangan hanya menjawab kalau ditanya.

 

Anda bisa bercerita soal tipe-tipe hal. Mulai dari rasa minuman dan makanan yang sedang disantap, pengalaman unik Anda beberapa waktu lalu, hingga agenda-agenda Anda di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>