Yogyakarta dan Semarang merupakan dua kota yang terkenal di kalangan pelancong sebagai destinasi tamasya favorit di Jawa Tengah. Kedua kota hal yang demikian lekat dengan tamasya kebiasaan dan lokasi-lokasi bersejarah yang menarik untuk dikunjungi.

 

Eits, ternyata selain dua kota hal yang demikian, Jawa Tengah juga mempunyai lokasi tamasya lain yang menarik untuk dikunjungi. Lokasi hal yang demikian merupakan Baturaden. Baturaden merupakan salah satu dari 27 kabupaten di Banyumas.

 

 

Baturaden merupakan sebuah resort tamasya yang menawarkan pemandangan air terjun, mini-train, perahu dayung, dan kolam renang. Nama Baturaden diambil dari legenda tentang sepasang kekasih yang bernasib sial, seorang lelaki pelayan (Batur) dan seorang wanita bangsawan (Raden).

 

Lokasi tamasya Baturaden berlokasi di sebelah selatan lereng Gunung Slamet, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, kurang lebih 640 meter di atas permukaan laut dan 6 km dari puncak Gunung Slamet, sekitar 14 km dari utara kota Purwokerto.

 

Lokasi tamasya Baturaden bisa diakses menerapkan kendaraan pribadi atau bisa juga dengan transportasi biasa. Bagi Anda yang mau mengakses lokasi ini dengan transportasi biasa bisa naik angkutan kota (angkutan perkotaan) dari terminal Purwokerto dengan jurusan Baturaden. Kemudian turun di terminal lokawisata Baturaden.

READ  Wisata Alam Semarang Ini Punya Pesona Tersembunyi

 

Apabila Anda mau lebih praktis dan bebas karenanya bisa menerapkan kendaraan pribadi, menyewa mobil atau menerapkan taksi. Dengan jarak tempuh sekitar 15 km dari sentra kota Purwokerto, Anda hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit sekiranya jalur tidak sedang padat. Sebaiknya Anda berhati-hati sekiranya mempertimbangkan menerapkan kendaraan pribadi, karena banyak jalur menanjak dengan tingkat kemiringan sekitar 30 derajat.

 

Sebab letaknya di lereng Gunung Slamet, Baturaden mempunyai hawa yang adem sehingga di hari libur atau weekend, daerah ini banyak didatangi oleh pengunjung. Banyaknya pelancong yang datang membikin para pihak pengelola menyediakan fasilitas-fasilitas seperti hotel, penginapan, dan camping ground. Sebagian lokasi menarik yang patut Anda kunjungi ketika berada di Baturaden antara lain:

 

  1. Pancuran Pitu dan Pancuran Telu Baturaden

Pancuran Pitu dan Pancuran Telu Baturaden merupakan pemandian air panas yang mengandung belerang. Pemandian air panas ini diandalkan bisa menolong menyembuhkan bermacam-macam ragam penyakit. Suhu air di pemandian Pancuran Pitu dan Pancuran Telu ini berkisar antara 60 hingga dengan 70 derajat Celcius.

READ  Tempat Nongkrong di Jogja Favorit Wisatawan Segala Usia

 

Kedua pancuran ini merupakan salah satu lokasi tamasya terunggul dan juga paling terkenal di Baturaden. Selain berendam air panas sambil menikmati pemandangan pegunungan yang hijau, Anda juga bisa mencoba pijat belerang dengan harga 7.500 Rupiah tiap 15 menit. Pemandian air panas di sini juga diandalkan bisa menolong menyembuhkan penyakit kulit.

 

  1. Telaga Sunyi

Telaga Sunyi berlokasi di sentra tamasya Baturaden. Telaga sunyi merupakan sebuah mata air yang amat jernih. Air di sini juga amat dingin dan segar. Sayangnya sekiranya Anda berkunjung ke telaga ini, Anda dilarang untuk berenang atau mandi. Larangan ini dilegalkan sebagai wujud menjaga keselamatan para pelancong yang berkunjung.

 

  1. Bumi Perkemahan

Selain pemandian air panas dan telaga, di Baturaden juga terdapat bumi perkemahan atau camping ground yang biasanya kerap dipakai sebagai daerah untuk outbond. Pada tahun 2001, camping ground ini pernah menjadi lokasi Jambore Nasional Gerakan Pramuka.

 

  1. Kaloka Widya Mandala

Kaloka Widya Mandala merupakan kebun binatang yang juga dipakai sebagai daerah tamasya edukasi. Tempat tamasya ini dilegalkan oleh Bupati Kepala Tempat Tingkat II Banyumas H. Djoko Sudantoko pada tanggal 17 mei 1995.

READ  Tempat Wisata Alam di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

 

Di Kaloka Widya Mandala terdapat bermacam-macam ragam spesies binatang yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Sebagian spesies binatang yang ada dalam taman ini antara lain orang utan, elang, ayam kate, ayam mutiara, rusa, beruk, buaya, ular, kaswari, sapi kaki lima, kambing kaki tiga, landak, iguana, cendrawasih, kelelawar, gajah, monyet, dan sebagian satwa langka lainnya.

 

  1. Teater Alam Baturaden

Teater Alam ini merupakan salah lokasi tamasya yang paling menarik di Baturaden, karena teater ini merupakan sebuah bioskop yang berbentuk pesawat. Pesawat ragam Foxer 28 milik Garuda Indonesia itu berdiri di atas tanah seluas 600 meter, pas di samping pintu masuk lokawisata ini.

 

Bioskop ini tidak menayangkan film Hollywood atau film layar lebar, melainkan film tentang alam dan kebiasaan tanah air Indonesia seperti film tragedi tsunami, cerita kebiasaan TMII, atau peristiwa Gunung Merapi. Durasi film yang ada di teater ini sekitar 10 hingga 15 menit.