Siapa yang tak tahu nyanyian ini? Ini adalah nyanyian yang dinyanyikan oleh Sheila Majid dan melejit di akhir tahun 1980-an. Sampai sekarang, Anda pasti masih ingat penggalan lirik tersebut. Dari lirik tersebut, jadi ingat Pantai Anyer ya?

 

Pantai ini adalah pantai paling populer dan kerap kali diciptakan daerah tamasya oleh wisatawan lokal. Pantai dengan pasir putihnya yang menawan, dipadukan dengan ademnya angin semilir, sesuai untuk tamasya keluarga akhir pekan. Tapi, benarkah Anda tahu segalanya seputar Pantai Anyer?

 

Lokasi dari pantai ini adalah Kecamatan Anyer, Serang, Banten. Sebab beberapa besar wilayah di daerah ini adalah pantai, maka pantai-pantai di sepanjang kecamatan ini akrab disebut dengan Pantai Anyer. Pantai Anyer bukanlah pantai tunggal, namun kumpulan pantai-pantai yang memrentang di sepanjang wilayah Anyer itu sendiri. Setidaknya, ada tujuh pantai yang ada di satu garis Pantai Anyer adalah:

READ  Oleh-oleh Khas Aceh yang Punya Cita Rasa Unik

 

Banyak orang yang masih linglung membedakan antara Pantai Anyer dan Pantai Carita. Meskipun, lokasi keduanya cukup berdekatan karena itu bahkan ada yang menyebutnya sebagai Pantai Anyer Carita. Sekiranya seandainya ditelisik secara geografis, maka Anda akan menemukan letak yang berbeda. Pantai Anyer berlokasi di Kecamatan Anyer, Serang, sedangkan Pantai Carita berlokasi di Kecamatan Carita, Pandeglang.

 

Kenapa dicapai dari Jakarta, Pantai Carita akan lebih jauh karena dekat dengan selat Sunda. Walau demikian itu, keduanya adalah pesona Indonesia yang tak boleh dilewatkan.

READ  Candi di Jogja untuk Wisata Antimainstream

 

Untuk Anda yang berencana menghabiskan beberapa waktu di Pantai Anyer, memang lebih bagus mempersiapkan akomodasi. Hening lengkap memang seandainya berkunjung ke Anyer cuma satu hari, Anda patut stay untuk dapat merasakan Anyer yang autentik.

 

Ingin saja, di sekitar wilayah Pantai Anyer sudah banyak penginapan, hotel, homestay, villa sampai cottage yang dapat Anda sewa sesuai dengan budget dan keperluan Anda. Cari yang murah sampai berkelas, semuanya ada di Anyer. Apalagi beberapa penginapan sudah punya fasilitas bagus seperti AC, kolam renang dan layanan olahraga air.

READ  Gunung Terindah di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

 

Memperhatikan Dapat Anyer Dari Ketinggian? Lokasinya banget. Anda cuma perlu mendatangi Mercusuar Cikoneng, Anyer. Lokasinya ada di Kampung Anyer Kidul. Mercusuar dengan tinggi 60 meter ini punya 15 lantai berjendela. Untuk sampai di atas mercusuar, Anda perlu tenaga yang cukup nih. Tapi, rasa capek akan terbayar dengan melihat indahnya Pantai Anyer dari ketinggian. Bangunan ini bahkan masih memiliki lampu tua.