Penyakit diabetes atau yang dikenal juga dengan penyakit kencing manis, rupanya juga mempengaruhi kesehatan mulut dan gigi penderitanya. Beberapa gangguan ditemukan dalam rongga mulut seperti infeksi jamur, keradangan gusi dan jaringan pensupport gigi, mulut kering, bau mulut tidak nikmat, dan timbulnya rasa sakit. Gejala serta kelainan didalam rongga mulut penderita penyakit diabetes ini tentu saja patut di tangani dengan baik dan dijaga agar jangan sampai bertambah parah.

 

Secara umum penderita diabetes dituntut untuk menjaga pola makan, berolah raga, menjalankan pola hidup sehat yang sesuai dengan saran dokter, kontrol gula darah dan minum obat secara teratur. Kecuali hal-hal tadi, dibutuhkan juga sebagian sistem guna  untuk menjaga kesehatan rongga mulut dan gigi pada penderita diabetes, merupakan:

READ  Bahaya Oksidasi dalam Tubuh

 

  • Gunakanlah sikat gigi yang berambut lembut dan menyikat dengan sistem yang benar.
  • Jagalah kebersihan gigi dan mulut Anda dengan menyikat gigi 2 kali sehari dan membersihkan selah-selah gigi 1 kali sehari.
  • Kontrol ke dokter gigi secara teratur minimal 6 bulan sekali dan informasikan ke dokter gigi yang Anda kunjungi mengenai kondisi penyakit Anda dan obat-obatan yang sedang dikonsumsi, diskusikan mengenai problem kesehatan gigi dan mulut yang Anda alami dengan dokter gigi Anda serta sampaikan semua keluhan yang dirasa sekitar rongga mulut.
  • Jika Anda menerapkan gigi palsu karenanya sebaiknya bersihkan gigi palsu tersebut tiap-tiap hari.
  • Jagalah kadar gula Anda agar terhindar dari infeksi jamur dalam rongga mulut.
  • Jika Anda mempunyai tradisi mengisap rokok karenanya sebaiknya lantas dihentikan sebab hal tersebut dapat memperbesar risiko infeksi jamur serta resiko keradangan jaringan pensupport gigi merupakan tulang dan gusi.
READ  Alur Prosedur Pemeriksaan USG Transvaginal

 

Bagi Anda yang berkeinginan mengenal lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di situs situs kami.