Segala anak pasti pernah mengalami sakit gigi, baik sakit gigi alamiah dampak pergantian gigi, dampak infeksi gigi berlubang maupun dampak benturan atau syok. Tetapi tahukah Anda bahwa seandainya sakit gigi terjadi pada anak, rupanya dapat memengaruhi kecerdasan otaknya?

 

Beberapa besar kasus sakit gigi disebabkan oleh gigi berlubang. Kondisi ini biasanya dipicu oleh minuman dingin atau ketika mengunyah makanan manis.

 

Sebuah penelitian yang dituangkan dalam British Dental Journal menunjukkan bahwa 85% anak umur sekolah London Borough of Harrow di Inggris mengalami sakit gigi dan membuatnya seharusnya pergi ke dokter gigi. Sebanyak 14% anak umur 14 tahun mengalami gangguan dalam melaksanakan profesi rumahnya.

READ  Bila Sikat Gigi Hanya Sekali Sehari

 

Tidak hanya itu, sekitar 73% anak-anak menjadi sulit makan sebab sakit gigi. 31% anak lainnya mengalami kesulitan tidur. Meskipun 30% mengaku waktu bermainnya terganggu dan 11% anak membolos sekolah sebab mengalami sakit gigi.

 

Terganggunya waktu sekolah anak telah pasti dapat memengaruhi skor dan kesuksesan anak dalam meraih prestasi di sekolahnya. Si yang mengalami sakit atau tidak nyaman dalam mulutnya, menjadi sulit dalam menerima pembelajaran yang dikasih.

 

Selain itu, anak malah jadi perlu untuk meminum obat untuk menghilangkan nyeri hal yang demikian. Hasilnya skor dan kinerja anak dalam kelas menjadi menurun sehingga anak menjadi kurang percaya diri.

READ  Dampak Paparan Arsenik pada Kesehatan Tubuh

 

Agar kecerdasan anak Anda tidak terganggu dampak sakit gigi, segala pihak yang bertanggung atas kesehatan anak perlu mempunyai pengetahuan mengenai kesehatan gigi. Orang tua, pengasuh anak – seperti nenek, asisten rumah tangga sampai baby sitter – termasuk anak sendiri seharusnya tahu pentingnya menjaga kesehatan gigi anak.

 

Orang tua dan pengasuh anak sebagai pihak yang paling dapat berimbas pada kesehatan gigi anak, telah seharusnya memberikan model perilaku kesehatan gigi yang baik.

 

Public Health, Ste. Genevieve County Health Department menyimpulkan bahwa anak dapat bertindak baik dalam menjaga kesehatan giginya sebab mencontoh dan belajar dari sosok yang diikuti. Orang tua telah seharusnya memberikan model terhadap anak bagaimana merawat gigi dengan benar.

READ  Mengenal Jenis-Jenis Termometer dan Cara Pakainya

 

Nah, agar kecerdasan anak tidak menurun, sebab sakit gigi, yuk, tunjukkan perilaku menjaga kesehatan gigi yang baik. Langkah pertama,  dapat diawali dari Anda sendiri.