Di antara sejumlah resolusi yang paling tak jarang dilakukan, keuangan menjadi komponen yang tak kalah pentingnya. Apapun kondisi keuangan di tahun lalu, sudah pasti Anda tetap mengharapkan kondisi yang jauh lebih baik lagi di tahun ini. Sebuah resolusi keuangan akan menolong untuk bisa lebih gampang dan lebih efisien dalam mengelola keuangan, sehingga kondisi keuangan akan jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

 

Bukan cuma itu saja, hal ini juga bisa menolong untuk bisa lebih gampang dalam menempuh berjenis-jenis tujuan keuangan yang sudah Anda tetapkan di tahun ini. Anda bisa menggunakan berjenis-jenis aturan baru yang dianggap ideal, supaya segala tujuan keuangan Anda bisa tercapai dengan baik. Lalu, sudah siapkah Anda untuk mengerjakan resolusi di dalam keuangan sekarang?. Mulai resolusi keuangan ketika ini juga dengan menyimak resolusi keuangan yang seharusnya diaplikasikan tahun ini di dalam keuangan:

 

  1. Susun dan Jalankan Anggaran Keuangan

 

Langkah pertama yang seharusnya dilakukan untuk mengawali resolusi keuangan merupakan dengan sistem menyusun sebuah anggaran keuangan. Anda bisa membuat sebuah anggaran yang baru atau pun sekadar mengoreksi anggaran yang sudah diaplikasikan sebelumnya. Jangan berlebihan, susunlah sebuah anggaran yang masuk nalar, di mana pemasukan dan juga pengeluaran seimbang dan bisa mendorong hidup Anda secara efektif. Tapi di luar segala itu, melakukannya juga tentu menjadi hal yang tak kalah pentingnya. Anda tentu paham benar bahwa sebaik apapun anggaran yang Anda buat, tentu tak akan bermanfaat jikalau tak pernah melakukannya dengan baik di dalam kehidupan. Untuk itu, mulailah disiplin dalam mengerjakan anggaran keuangan yang sudah disusun, sehingga resolusi keuangan Anda memang bisa membawa akibat positif bagi keuangan itu sendiri.

READ  5 Alternatif Cari Modal

 

  1. Tingkatkan Nilai Tabungan

Jika selama ini Anda sudah terbiasa menabung dan menyisihkan beberapa pendapatan ke dalam pos tabungan, maka resolusi yang satu ini tak akan susah untuk Anda jalankan. Cobalah untuk meningkatkan nilai tabungan bulanan Anda, sehingga jumlah tabungan hal yang demikian menjadi lebih besar dari sebelumnya. Jika selama ini Anda cuma menyisihkan 10% saja dari sempurna pendapatan, maka mulailah meningkatkannya menjadi 15% per bulannya. Ini akan benar-benar menolong keuangan menjadi lebih baik dan stabil ke depannya. Anda bisa memiliki sejumlah tabungan / dana cadangan yang cukup besar, sehingga keuangan menjadi lebih aman.

READ  Aturan Cermat Menghemat Uang Part 2

 

  1. Lunasi Semua Utang

 

Hutang merupakan muatan di dalam keuangan, khususnya jikalau utang ini hanyalah bersifat konsumtif dan tak mewujudkan apa-apa. Mulailah resolusi untuk mengerjakan perbaikan keuangan dengan sistem melunasi segala utang, sehingga keuangan menjadi lebih baik ke depannya. Jika utang cukup besar, maka lakukan pelunasan secara berjenjang, sehingga jumlah cicilan utang ini tak akan membebani keuangan terlalu berat. Mulailah dari utang yang memiliki sejumlah bunga dan biaya yang paling besar, karena kedua komponen ini juga membebani keuangan tiap-tiap bulannya.

READ  Kredit di Bank sebagai Alternatif Modal Usaha

 

  1. Lakukan investasi yang baru

Jangan lupa untuk menempatkan sejumlah dana investasi di dalam keuangan, pun jikalau memungkinkan Anda seharusnya menambah nilainya. Coba resolusi dengan mulai mengerjakan sejumlah investasi yang baru di tahun ini, sehingga keuangan mengalami perbaikan dari tahun-tahun sebelumnya. Pilih instrumen investasi yang dianggap ideal dan menguntungkan, termasuk dengan sistem menetapkan risiko yang terdapat di dalamnya.

 

  1. Disiplin dalam Membayar Tagihan

 

Jika memiliki sejumlah tagihan bulanan, maka mulailah untuk lebih disiplin dalam membayarnya. Resolusi Ini benar-benar penting, khususnya jikalau sejumlah tagihan ini memiliki biaya bunga dan denda atas keterlembatan pembayaran yang dilakukan. Hindari biaya bunga dan denda hal yang demikian, karena jumlahnya bisa saja cukup besar tiap-tiap bulannya. Bayarlah tagihan Anda ideal waktu, atau Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas auto debet dari rekening tabungan tiap-tiap bulannya, ini akan menghindarkan Anda dari keterlambatan pembayaran.