Karies gigi merupakan kerusakan gigi yang paling acap kali dijumpai di segala dunia. Penyakit ini tak mengenal umur maupun jenis kelamin. Lazimnya karies gigi bisa menyerang buah hati-buah hati, dewasa pun lanjut umur.

 

Karies gigi termasuk penyakit infeksi yang merusak struktur gigi. Keadaan ini bisa menyebabkan terjadinya gigi berlubang. Sekiranya tak lantas ditangani, lubang pada gigi akan menjadi lebih dalam dan terasa nyeri, pun bisa mengakibatkan infeksi pada jaringan lainnya.

 

Adakah Vaksin Untuk Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut?

 

Lazimnya karies gigi disebabkan oleh kuman Streptococcus mutans dan lactobacillus. Tidak ini bisa ditandai dengan adanya sebuah zona yang menonjol berkapur di permukaan gigi. Zona ini bisa menonjol coklat dan berbentuk lubang. Sekiranya lubang telah terwujud, karenanya tempat strukur yang rusak tak bisa diregenerasi.

READ  Kandungan Pasta Gigi yang Ampuh untuk Gigi Sensitif

 

Mulanya karies menonjol di lapisan surel kemudian akan menembus lapisan dentin, sehingga lubang akan kian jelas menonjol. Karies bisa menjalar ke komponen saraf gigi dan menyebabkan gigi menjadi sakit. Dalam kondisi ini, gigi akan menjadi lebih peka.

 

Keadaan hal yang demikian bisa bertambah parah dikala seseorang yang terkena karies ini mengkonsumsi makanan atau minuman dengan suhu yang panas atau dingin. Pun hanya dengan sentuhan atau embusan napas, gigi juga bisa terasa nyeri dan nyut-nyutan.

 

Agar gigi tak menjadi berlubang, pencegahan karies seharusnya dikerjakan sedini mungkin. Berikut beberapa solusi dalam pencegahan karies yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari:

 

Menjaga kebersihan mulut

Memelihara kebersihan gigi dan mulut merupakan unsur terlebih dalam mencegah penyakit-penyakit dalam mulut, seperti karies atau radang pada gusi. Gosoklah gigi dua kali sehari pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

READ  Berbagai Fungsi Vitamin untuk Kesehatan

 

Lakukan penyikatan gigi dengan benar dan tepat supaya hasil bisa maksimal. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, sebab kandungan ini cakap mencegah karies pada gigi. Jangan lupa untuk selalu membersihkan sisa-sisa makanan dari sela-sela gigi dengan mengaplikasikan dental floss.

 

Konsumsi buah dan sayur

Kerap kali orang mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung gula tinggi, seperti kudapan manis-kudapan manis, cookies, dan lainnya. Tidak ini juga bisa merusak gigi sebab memicu timbulnya karies.

 

Perbanyaklah asupan buah dan sayur sebab makanan yang mengandung banyak air dan serat bisa menjadi self cleansing yang baik. Sedangkan hanya itu, vitamin yang terdapat di dalam buah bisa memperkuat gigi serta jaringan yang ada di dalamnya.

 

READ  Bahaya Air Tanah yang Terkontaminasi

Pemberian fluor

Pemberian fluor bisa dikerjakan dengan dua cara, merupakan secara lokal maupun sistemik. Sekali-sekali lokal bisa berupa aplikasi topikal pada gigi, penerapan pasta gigi yang mengandung fluoride, serta obat kumur yang memiliki fluoride. Sebab dengan cara sistemik, pemberian fluor bisa dikerjakan dengan pemberian tablet yang mengandung fluor.

 

Rutin ke dokter gigi

karies tak bisa dideteksi hanya dengan mata telanjang. Perlu bantuan seorang dokter gigi untuk mendeteksinya. Untuk itu jangan lupa untuk rutin memeriksa gigi minimal 6 bulan sekali supaya gigi konsisten bersih dan sehat.

 

solusi untuk menghindarkan diri Anda dari penyakit karies gigi. Langkah pencegahan karies gigi memang sebaiknya dikerjakan sedini mungkin, terlebih pada masa kanak-kanak.  itu, peran orang tua sangatlah penting dalam mendidik buah hati mengenai kesehatan gigi dan mulut.