Mau nongkrong tapi uang gajian konsisten hemat. Memang bisa? Sekiranya kamu berdaya upaya nongkrong pasti boros, itu salah. Aktivitas belanja tanpa perencanaan yang tepat, itu pun bisa membuat kamu jadi boros. Intinya di sini yakni perencanaan pengeluaran.

 

Tanpa adanya perencanaan, bisa jadi kamu akan boros sekali ketika ketika memakai uang. Itu telah lazim. Dan kebanyakan orang menjalankan kesalahan seperti itu. Walhasil, apabila kamu juga menjalankan hal itu, maka bersiaplah kamu mendapatkan kenyataan. Kuota uang kamu di buku tabungan kian menipis.

 

Kultur buah hati muda itu nongkrong. Hampir sebagian besar sungguh-sungguh menyenangi hal itu. Tetapi, cuma sedikit yang sanggup mendapati keadaan keuangannya sehat walaupun kerap nongkrong. Mau nongkrong tiap-tiap weekend atau tiap-tiap hari? Tidak persoalan. Asalkan kamu menjalankan sebagian hal ini:

 

  1. Buat Pos Khusus
READ  Nasihat Tentang Uang Wajib Tahu Agar Hidup Sejahtera Pas Hari Tua

 

Ketika kamu mendapatkan gaji, sisihkan pos pengeluaran khusus buat nongkrong. Misalnya, gaji kamu ketika ini Rp4 juta. Alokasikan 60 persen untuk ditabung dan 30 persen untuk keperluan pokok. Sisanya, sebesar 10 persen buat nongkrong. Jadi, kamu memiliki jatah Rp400 ribu selama sebulan untuk nongkrong.

 

Artinya, kamu bisa satu pekan sekali nongkrong, dengan catatan, maksimal pengeluaran Rp100 ribu. Dengan metode seperti ini, maka pos pengeluaran kamu bisa lebih terkontrol dan terprogram . Sekiranya kamu tidak melakukannya, maka ada kemungkinan keadaan keuangan kamu akan “jebol”. Walhasil, kamu akan menyesal.

 

  1. Bekal Dapat Jadi Penyelamat

 

Meskipun ada anggapan negatif, biarkan saja. Toh yang penting kamu bisa konsisten gaul bareng sahabat dan tabungan tidak bocor. Bukan berarti kamu patut membawa bekal lengkap dari rumah, cukup bawa minum air mineral kemasan atau snack.

READ  Cara Menggunakan BPJS Kesehatan

 

Jangan terlalu berlebihan ketika berhemat. Jangan terlalu memaksakan diri. Terlalu berlebihan ketika berhemat itu sungguh-sungguh tidak dianjurkan. Dapat jadi, itu pun menyiksa kamu. Niat kamu yakni mengontrol keuangan, bukan menyiksa hidup Kau.

 

  1. Lebih Bagus Makan Dulu

 

Makan dahulu lah sebelum berangkat nongkrong. Kau pasti akan ngirit ketika telah ada di daerah nongkrong. Mau ditawarin atau ada menu paling lezat di dunia, apabila Kau telah kembung, maka kamu tidak akan menyentuhnya. Benar kan?

 

Ini yakni tips yang tepat dan efektif apabila digunakan. Sekiranya mengamati metode biologis tubuh, otak kamu tidak akan responsive mendapatkan stimulasi masakan terlezat dan sedap ketika kamu berada pada keadaan kembung.

 

Layaknya alarm kebakaran, metode tubuh kamu akan mengeluarkan “alarm” apabila mendapatkan stimulasi tertentu. Tetapi, di ketika kamu kembung “alarm” tubuh kamu secara otomatis akan mati dan tidak berfungsi, walaupun ada beragam stimulasi datang.

READ  Strategi Jitu Orang Kaya dalam Mengatur Keuangan

 

 

  1. Dahulukan Mengajak sebelum Diajak

 

Ini yang paling penting. Riset terutamanya dahulu sebelum nongkrong, pilih yang berharga murah atau sedang diskon. Dan, sebelum sahabat-sahabat kamu mau mengajak di mana, dahului saja. Kau berikan usulan mau nongkrong di mana. Dengan seperti itu, ongkos nongkrong bisa lebih kecil. Apalagi apabila rupanya ada diskon apabila membayar pakai kartu kredit, saatnya kamu menggesek.

 

  1. Bersiap Hidup Prihatin

 

Bukan lagi jadi persoalan nongkrong tiap-tiap weekend. Asalkan kamu mau mendapatkan konsekuensinya. Salah satunya, bersiap hidup ngirit di hari-hari selanjutnya. Figur, nongkrong kemarin menghabiskan Rp200 ribu. Walhasil, duit hidup irit itu bisa diwujudkan uang penambal pengeluaran nongkrong.