Sebagai ibukota negara Indonesia, Jakarta tenar sebagai kota yang padat, macet, dan memiliki sedikit wisata alam. Sebagai ibukota negara, kota Jakarta menaruh banyak sejarah, sehingga ada banyak daerah wisata bersejarah dapat Anda kunjungi di sini. Monumen Nasional (Monas) atau Kota Tua yaitu salah satu wisata sejarah yang tenar di Jakarta.

 

Melainkan siapa sangka kota super padat ini juga memiliki potensi wisata pantai yang menawan. Adakah pantai di Jakarta dan sekitarnya yang menawan dan dapat membikin kepenatan akan kemacetan di Jakarta menghilang? Tentu ada, pun cukup banyak! Dalam bahasan kali ini, kami akan memberikan sebagian acuan daerah wisata pantai di Jakarta dan sekitarnya. Penasaran? Simak review di bawah ini.

 

  1. Pantai Ancol

Ancol yaitu salah satu ikon wahana wisata pantai di kota Jakarta. Daerah wisata ini sungguh-sungguh tenar sehingga tak heran sekiranya mereka yang berasal dari luar kota Jakarta maupun dari dalam kota sendiri gemar berkunjung ke Ancol. Ketika musim wisata, Ancol selalu penuh dengan pengunjung. Ini disebabkan oleh banyaknya hiburan yang ditawarkan oleh Ancol, seperti ajang samudera, dunia fantasi (dufan) dan masih banyak lainnya.

 

  1. Kepulauan Seribu

Walau terpisah dari pulau Jawa, kepulauan seribu termasuk komponen dari provinsi DKI Jakarta. Di kepulauan yang luasnya menempuh 108.000 hektar ini terdapat banyak destinasi eksotis yang mesti Anda kunjungi, seperti Pulau Pramuka, Pulau Tidung, Pulau Pari dan Pulai Harapan. Di kepulauan yang letaknya 45 km di utara kota Jakarta ini tak hanya permukaan lautnya yang menawan, wisata dalam lautnya juga menarik untuk dijelajahi.

READ  Yang Wajib Kamu Ketahui Manfaat Olahraga Sambil Dengerin Musik

 

  1. Pulau Bidadari

Pulau Bidadari yaitu salah satu dari pulau yang ada di Kepulauan Seribu. Untuk menempuh daerah wisata pantai di sekitar Jakarta ini, dapat lewat dermaga Marina di Taman Cita-cita Jaya Ancol dengan menaiki speed boat selama sekitar 30 menit. Yang khas dari pulau ini yaitu pasir putihnya dan laut biru nan jernih. Di Pulau Bidadari terdapat cottage darat dan juga cottage terapung yang tak jarang dipilih oleh para wisatawan sebagai daerah berakhir pekan. Kecuali itu, pemandangan yang menawan dan asri juga cocok untuk melaksanakan beraneka ragam olahraga, seperti misalnya bersepeda, olahraga air, atau hanya sekadar bersantai menikmati birunya langit dan berjemur di bawah sang surya.

 

  1. Pulau Tidung

Masih di Kepulauan Seribu, Pulau Tidung yaitu paduan pasir pantai putih dan laut hening yang cocok untuk Anda yang mencari daerah wisata di sekitar Jakarta yang penuh ketenteraman. Pulau ini sendiri dibagi menjadi dua yaitu Tidung Besar dan Tidung Kecil yang dikaitkan dengan sebuah jembatan bernama Jembatan Cinta. Pada Pulau Tidung Besar terdapat penduduk dengan jumlah terbanyak di antara pulau-pulau yang ada di Kepulauan Seribu. Untuk dapat hingga ke pulau ini, Anda mesti menempuh perjalanan selama tiga jam dari Pelabuhan Muara Angke.

 

  1. Pulau Pramuka

Pulau ini letaknya ada di tengah gugusan laut dari Kepulauan Seribu. Di Pulau Pramuka terdapat banyak penduduk yang berprofesi sebagai nelayan dan pemilik penginapan untuk disewakan terhadap para wisatawan. Banyak kesibukan yang dapat Anda lakukan di pulau ini seperti misalnya snorkeling, memancing, berkano, diving atau sekadar menikmati pantai yang menawan. Di pulau ini juga Anda dapat memperhatikan penangkaran penyu sisik, sebuah pengalaman yang tak akan terlupakan.

READ  Hal yang menarik dari Pantai Parangtritis

 

  1. Pulau Pari

Sebab memiliki format yang mirip dengan ikan Pari sekiranya diperhatikan dari atas, pulau ini kemudian dinamakan Pulau Pari. Dengan pasir putih yang lembut dan wilayah pantai yang hening, pulau ini cocok untuk Anda yang menyenangi ketenangan.

 

Di sisi lain, pulau ini juga yaitu wilayah Pusat Penelitian Kelautan LIPI. Apabila ingin berkunjung ke pulau ini, Anda dapat berangkat dari Dermaga Marina di Ancol atau Pelabuhan Muara Angke dengan perjalanan yang memakan waktu 1 hingga 1,5 jam mengaplikasikan speed boat. Atau dapat juga dari Pulau Rambut, Pulau Tidung, Pulau Lancang dan Pulau Pramuka dengan lama perjalanan yang lebih singkat, yaitu 30 menit saja.

 

  1. Teluk Jakarta

Teluk Jakarta yaitu wilayah yang masih dalam satu wilayah dengan Kepulauan Seribu. Daerah ini dapat menjadi daerah yang pas untuk melepaskan penat setelah lelah berkutat dengan rutinitas harian dan butuh wisata. Ada banyak yang dapat dilakukan di sini seperti menyewa kapal untuk berkeliling. Anda dapat menyewa kapal dari Ancol atau mengaplikasikan kapal milik nelayan yang ada di Teluk Gong, Tangerang. Di sini juga tersedia cottage yang dapat Anda sewa untuk menghabiskan malam dan menjauh sebentar dari penatnya Jakarta. Mau menyaksikan estetika terumbu karang? Cobalah untuk melaksanakan snorkeling di laut yang dangkal.

READ  Danau Singkarak Wisata Sumatera Barat

 

  1. Pantai Anyer

Letaknya sekitar 30 km dari komponen barat Jakarta atau tepanya ada di Serang, Banten. Pantai ini juga yaitu pantai yang tak jarang dikunjungi oleh wisatawan dari Jakarta dan sekitarnya. Banyak yang mewujudkan Pantai Anyer sebagai tujuan wisata sebab pantainya yang menawan dan memiliki fasilitas akomodasi yang cukup lengkap. Dari wilayah pantai ini, Anda dapat memperhatikan Gunung Rakata, si kecil dari Gunung Krakatau melambung di balik laut. Di Pantai Anyer juga terdapat mercusuar yang yaitu peninggalan pemerintahan kolonial Belanda.

 

  1. Pantai Carita

Pantai ini juga terletak di Banten, tepatnya di Kabupaten Pandeglang. Untuk Anda yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, pasti sudah tak asing lagi dengan pantai ini. Pasir putih yang menawan dan air laut yang biru yaitu keistimewaan yang akan Anda dapati di sini. Di zona Pantai Carita ini sudah banyak penginapan atau villa untuk daerah bermalam, dan juga fasilitas hiburan lainnya.

 

  1. Pantai Sawarna

Pantai Sawarna yaitu pantai yang terbilang masih natural, sebab belum dikelola dan dikembangkan seperti pantai di Banten lainnya. Ada tiga wilayah pantai yang mesti Anda kunjungi ketika berada di Pantai Sawarna ini yaitu Pantai Bokor, Pantai Karang Ciantir dan Pantai Karang Taraje. Di pantai ini, Anda dapat melaksanakan kesibukan menyelam atau cave tubing, sebab pantai ini memiliki banyak gua batu kapur yang dapat Anda jelajahi. Ada juga homestay yang sudah disediakan untuk Anda yang ingin bermalam di pantai ini.