Tak dapat diacuhkan, Anda pasti memiliki rekan, keluarga, serta hubungan yang adalah penikmat rokok. Kultur hal yang demikian memang telah benar-benar menempel pada sebagian orang, malahan susah untuk dihentikan. Meski produk rokok telah mencantumkan pictorial health warning atau gambar seram sebagai peringatan kesehatan, buktinya konsumsi rokok masyarakat tetap tinggi. Tetapi ini tentu meresahkan, mengingat penyakit-penyakit mematikan yang menghantui para perokok aktif seperti jantung, kanker paru-paru, stroke, dan sebagainya.

 

Fakta di atas telah kerap kali dibahas dalam beragam peluang untuk mengingatkan bahaya rokok kepada tubuh. Sebagian sayangnya, masih sedikit sekali berita yang diterima oleh masyarakat bahwa kebiasaan mengisap rokok juga berbahaya bagi kesehatan gigi serta rongga mulut.

READ  Abaikan Sakit Gigi Dapat Berujung Kematian

 

Durasi mengisap rokok, jenis rokok, seberapa dalam rokok diisap, serta jumlah rokok yang diisap akan berimbas kepada seberapa besar efek yang ditimbulkan rokok pada gigi dan rongga mulut. Merokok orang mengira bahwa perubahan warna pada gigi adalah satu-satunya efek buruk yang ditimbulkan. Tentu saja hal itu tidak benar. Dampak juga berbahaya jaringan pensupport gigi seperti gusi dan tulang alveolar.

 

Berikut adalah enam imbas buruk mengisap rokok kepada rongga mulut, selengkapnya di halaman selanjutnya:

READ  Bila Sikat Gigi Hanya Sekali Sehari

 

Berikut adalah enam imbas buruk mengisap rokok kepada rongga mulut:

 

  • Bau mulut yang kurang nikmat
  • terjadinya pembentukan plak pada permukaan gigi, yang kemudian mengeras menjadi karang gigi dan berisiko kepada penyakit periodontal (penyakit pada jaringan pensupport gigi)
  • Memperlambat dan menghambat penyembuhan luka pencabutan gigi dan luka pascaoperasi di sekitar rongga mulut
  • Kanker rongga mulut
  • Kegagalan dalam perawatan pemasangan implan gigi
  • Penyakit oral leukoplakia, yang adalah penyakit prakanker

 

Bagi Anda yang adalah perokok aktif, sebaiknya lantas melaksanakan pemeriksaan ke dokter gigi untuk menetapkan kesehatan rongga mulut. Janganlah menunggu hingga ada keluhan, baru melaksanakan kontrol. Penanggulangan yang dilaksanakan lebih kencang tentu lebih baik dan lebih murah dari segi biaya, daripada penanganan yang dilaksanakan dalam situasi yang telah parah.

READ  Fakta Penularan Cacing Kremi pada Anak yang Wajib Diwaspadai