Kami tidak akan bohong, melahirkan memang suatu hal yang menyakitkan. Banyak wanita merasa khawatir apa yang akan dia natural ketika melahirkan. Terbayang rasa sakit ketika melahirkan normal, banyak wanita yang pada walhasil memilih untuk melahirkan dengan metode operasi caesar. Namun, banyak juga wanita yang konsisten berkeinginan merasakan kelahiran normal. Tak peduli seberapa sakitnya, pada walhasil seluruh terbayarkan dengan kebahagiaan kelahiran si buah hati. Tenang, rasa sakit yang Anda rasakan dapat Anda atasi sendiri dengan teknik-teknik tertentu.

 

Rasa sakit ketika melahirkan disebabkan oleh kontraksi otot-otot rahim Anda, sebagai upaya tubuh dalam menyokong bayi Anda keluar. Selain itu, rasa sakit ini juga disebabkan oleh pembukaan leher rahim Anda sebagai jalan keluarnya bayi. Rasa sakit yang akan Anda rasakan ketika melahirkan lazimnya berupa kram pada perut, pangkal paha, dan punggung bawah. Anda mungkin juga dapat merasakan tekanan pada kandung kemih, usus besar, dan perineum.

 

Namun, rasa sakit ini dapat Anda tangani ketika melahirkan dengan melatih diri Anda sebelum tanggal kelahiran. Inilah berjenis-jenis metode natural yang dapat Anda lakukan untuk meringankan rasa sakit ketika melahirkan, terlepas dari dampak obat-obatan.

READ  Ibu Dengan Ketuban Pecah Dini Harus Selalu Operasi Caesar

 

  1. Lamaze

Lamaze yaitu salah satu teknik yang populer di Amerika Serikat untuk meringankan rasa sakit ketika melahirkan. Teknik Lamaze mengajari bahwa melahirkan yaitu suatu hal yang natural, normal, dan sehat. Anda dapat mempelajari teknik Lamaze di kelas ibu hamil. Instruktur Lamaze akan mengajari teknik relaksasi, metode menyelesaikan jasmani Anda ketika melahirkan, latihan pernapasan ketika melahirkan, danĀ  teknikĀ  gangguan. Sistem-metode ini dapat membantu Anda mengubah pikiran Anda mengenai rasa sakit ketika melahirkan.

 

  1. Bradley

Bradley melibatkan suami Anda sebagai orang yang membantu Anda melahirkan. Malah, suami Anda butuh terlibat tidak cuma ketika Anda melahirkan, tapi juga sebelum Anda melahirkan. Suami Anda ikut terlibat dalam menjaga kesehatan Anda sebelum Anda melahirkan, termasuk mengawasi pola makan sehat dan olahraga Anda. Saat melahirkan, Anda dan suami Anda dididik bagaimana metode relaksasi dan teknik pernapasan ketika melahirkan. Kedua hal ini dapat meringankan rasa sakit Anda ketika melahirkan tanpa obat apa saja. Anda dapat mempelajari Bradley dalam kelas ibu hamil yang lazimnya ditawarkan selama 12 pekan.

 

  1. Hypnobirth

Bila Anda takut untuk melahirkan normal, mengambil kelas hypnobirth mungkin menguntungkan bagi Anda. Hypnobirth yaitu teknik yang bertujuan untuk menghilangkan rasa takut, khawatir, dan tegang ketika melahirkan, serta membantu menghasilkan lingkungan yang nyaman ketika melahirkan dibantu oleh pasangan Anda. Hypnobirth juga mengaplikasikan teknik relaksasi, pernapasan, panduan perumpamaan, visualisasi, perhitungan, dan vokalisasi.

READ  Cara untuk Menghindari Operasi Caesar

 

Rileks benar-benar penting untuk menghadapi persalinan. Kian Anda tegang atau takut ketika melahirkan, kian besar pula rasa sakit yang Anda rasakan. Oleh karena itu, perasaan tenang dan santai benar-benar diperlukan ketika Anda melahirkan.

 

Dalam hypnobirth, Anda dididik bahwa tubuh ibu memang dirancang untuk dapat melahirkan bayinya secara natural. Ikuti progres yang terjadi dalam tubuh Anda, bukan malahan Anda menolaknya. Selain itu, Anda juga sepatutnya yakin bahwa Anda dapat melahirkan dan yakin bahwa Anda dapat membatasi tubuh Anda sendiri ketika melahirkan.

 

  1. Akupuntur

Akupuntur berasal dari Cina dan sudah banyak penelitian yang menandakan bahwa akupuntur berhasil dalam meringankan seluruh tipe sakit. Akupuntur dapat menyelesaikan sakit karena melahirkan, membantu memperlancar kelahiran yang berjalan lambat, menyelesaikan kelahiran dengan posisi bayi posterior (posisi tengadah), meringankan kram setelah melahirkan, setelah perdarahan, dan lainnya. Bila Anda berkeinginan mencoba teknik akupuntur untuk meringankan sakit ketika melahirkan, sebaiknya cari pakar akupuntur yang mengkhususkan diri dalam membantu persalinan.

READ  Alasan Mengapa Melahirkan Normal Lebih Baik dari Caesar

 

  1. Merubah posisi Anda ketika melahirkan

Mengejan ketika melahirkan tidak jauh berbeda dengan mengejan ketika Anda membuang air besar. Saat mengejan, tentu Anda merasa lebih nyaman ketika Anda sedang dalam posisi yang bagus, semacam itu juga dalam melahirkan. Posisi yang nyaman ketika mengejan dalam melahirkan diperlukan untuk memperlancar kelahiran dan juga untuk meringankan rasa sakit. Posisi yang buruk dapat membikin Anda merasakan rasa sakit yang berlebih ketika melahirkan.

 

Perubahan posisi ketika melahirkan mungkin diperlukan untuk menemukan posisi yang nyaman. Posisi duduk dan badan condong ke depan dengan kaki tertekuk dan membuka yaitu posisi yang bagus untuk membantu menyokong bayi Anda keluar. Pada posisi ini, gravitasi juga membantu tubuh Anda dalam menyokong bayi Anda ke bawah. Rasakan kontraksi yang terjadi dalam rahim Anda, sehingga Anda mengenali kapan waktu yang ideal untuk mengejan. Hal ini dapat meringankan rasa sakit Anda dan dapat mempercepat waktu kelahiran. Ikuti selalu perintah dokter atau bidan Anda ketika persalinan. Ini akan benar-benar membantu memperlancar persalinan Anda.