Kau yang menyenangi berlibur alam pasti akan bersuka ria berkunjung ke Jawa Timur. Pasalnya, Provinsi dengan ibu kota Surabaya ini memiliki alternatif wisata alam yang amat berjenis-jenis. Mulai dari gunung, pantai, hingga air terjun bisa kau temukan di Jawa Timur.

 

Dari sekian banyak wisata alam Jawa Timur yang tersedia, beberapa di antaranya terbukti seperti itu populer di kalangan wisatawan. Apa saja tempat wisata alam hal yang demikian? Yuk, cek daftarnya di bawah ini!

 

  1. Taman Nasional Baluran, Situbondo

Taman Nasional Baluran berada di perbatasan antara Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Banyuwangi. Mempunyai padang rumput yang memrentang luas nan indah, Taman Nasional Baluran tak jarang disebut sebagai “Africa Van Java” atau “Little Africa”. Apabila ini dikarenakan jangka alam di Baluran kelihatan seperti sebuah taman nasional di Afrika.

 

Taman nasional seluas 300 hektar ini menjadi rumah bagi berjenis-jenis macam flora dan fauna. Titik beruntung, kau akan berjumpa dengan banteng, kerbau, macan tutul, hingga merak. Liburan yang menjadi kekuatan tarik Baluran antara lain Bekol, Pantai Bama, dan Gua Jepang. Agustus yakni bulan yang tepat untuk berkunjung ke sini karena kau bisa melihat kawanan rusa, monyet, dan hewan lain yang keluar secara bersamaan.

READ  Wisata Alam dan Kuliner Keluarga di Cimahi

 

  1. Gunung Bromo, Malang

Kau tentu sudah tak asing dengan Gunung Bromo yang sudah terkenal semenjak dahulu. Nama Bromo sendiri berasal dari salah satu dewa dalam ajaran agama Hindu, yakni Dewa Brahma. Berada di ketinggian 2.392 mdpl, kekuatan tarik gunung ini yakni estetika alam dan kebiasaan masyarakat setempat.

 

 

Liburan alam di Bromo yakni hamparan lautan pasir gunung, panorama sunrise, dan petualangan menyusuri lautan pasir menerapkan mobil Jeep atau kuda. Jangan lewatkan kans melihat estetika kawah Bromo dan Bukit Teletubbies di sekitar gunung. Ada pula kebudayaan masyarakat Tengger, Kasadha, yang bisa kau saksikan setiap hari ke-14 bulan Kasadha.

 

  1. Kawah Ijen, Banyuwangi
READ  Danau Terindah di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Berada di perbatasan Bondowoso dan Banyuwangi, wilayah Kawah Ijen tak jarang menjadi destinasi alam unggulan wisatawan ketika mengunjungi Jawa Timur. Setelah tarik utamanya yakni semburan api berwarna biru yang disebut blue fire. Untuk bisa memandangnya, tentu kau semestinya mendaki khususnya dahulu.

 

Blue fire ini cuma bisa diperhatikan di ketika-ketika tertentu saja, yakni pada pukul 02:00 hingga 03:00. Sedangkan puas menyaksikan panorama yang cuma ada dua di dunia ini (lokasi lain ada di Islandia), kau bisa melanjutkannya dengan menyaksikan sang surya terbit di sekitar kawah. Liburan seperti itu, kau perlu memastikan kondisi tubuh karena kawah masih aktif dengan bau sulfur yang cukup menyengat. Jadi, pastikan kau membawa masker ya!

 

  1. Pantai Papuma, Jember

Di sebelah barat Banyuwangi, tepatnya di Jember, terdapat titik wisata alam yang tak kalah menarik yakni Pantai Tanjung Papuma. Apabila cuma sekitar 1 jam perjalanan dari sentra kota. Di sini, kau bisa melihat hamparan pasir putih dan deburan ombak Samudera Hindia.

READ  Hal yang menarik dari Danau Singkarak

 

Titik berkesempatan mengunjunginya, jangan pula lewatkan pesona sang surya terbenamnya. Liburan tertinggal, panorama stargazing yang identik dengan pantai ini. Jadi, kau bisa melihat hamparan langit yang dipenuhi bintang-bintang sembari menikmati suasana pinggir pantai. Menariknya, kau malahan diizinkan menjalankan camping di sekitar pantai.

 

  1. Air Terjun Madakaripura, Probolinggo

Madakaripura yakni air terjun yang berada di wilayah Taman Nasional Tengger, tepatnya di Desa Sapeh, Lumpang, Probolinggo. Dari area parkir, kau perlu berjalan kaki kurang lebih satu jam untuk hingga ke lokasi. Area, seluruh rasa lelah akan terbayar dengan estetika dan kesejukan air terjun ini.

 

Kau air terjun dikelilingi oleh tebing tinggi yang diselimuti oleh lumut. Kau bisa mandi dan menikmati segarnya air di sini. Area, konsisten observasi panduan yang ada ya. Pasalnya, salah satu sisi kolam memiliki kedalaman yang cukup tinggi sehingga kau perlu berhati-hati ketika bermain air di sini.