Danau Toba yang berlokasi di Sumatera Utara ini merupakan salah satu danau vulkanik terindah yang dimiliki Indonesia. Dengan luas yang mencapai 1.145 kilometer persegi, Danau Toba kelihatan seperti sebuah lautan yang berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Kecuali disebut sebagai danau terluas di Asia Tenggara, danau yang memiliki kedalaman 450 meter ini juga menjadi danau terdalam di dunia.

 

Di tengah Danau Toba, terdapat sebuah pulau yang bernama Pulau Samosir. Pulau Samosir memiliki dua danau kecil merupakan Danau Aek Natonang dan Danau Sidihoni. Pulau Samosir yang memiliki luas hampir sama dengan luas negara Singapura ini bukanlah pulau kosong, pulau ini menjadi tempat tinggal suku Batak Samosir. Suku Batak yang tinggal d Pulau Samosir masih memegang teguh kepercayaan leluhur. Mereka juga masih menjalankan berbagai ritual yang biasa dijalankan nenek moyang dahulu.

READ  Oleh-Oleh Kediri ini Tunjukan Kreatifitas dan Budaya Lokal

 

Lokasi terdekat dengan Danau Toba yang dapat diakses dengan kendaraan merupakan kota Parapat, Simalungun.

 

Dari Terminal Pinang Baris di Medan, naiklah bis jurusan Parapat. Perjalanan ke Parapat dari Medan memakan waktu sekitar 6 jam. Dari Parapat, Anda sudah dapat menyaksikan estetika Danau Toba. Bila ingin ke Pulau Samosir, Anda dapat menyeberang dengan menggunakan kapal feri dari Pelabuhan Ajibata menuju Tuktuk, Samosir.