Di antara banyak variasi asuransi kesehatan yang tersedia, Anda pasti mengetahui istilah asuransi kesehatan syariah. Asuransi syariah acap kali menjadi alternatif sebagian orang sebab dirasa memiliki poin plus diperbandingkan dengan variasi asuransi nonsyariah. Meski semacam itu, masih banyak pro kontra yang terjadi di masyarakat mengenai asuransi yang satu ini. Langsung, apa saja pro kontra asuransi kesehatan syariah yang masih banyak dibicarakan? Berikut ulasannya.

 

Apa itu asuransi syariah?

Asuransi syariah adalah variasi asuransi dengan mengaplikasikan prinsip usaha bantu membantu (ta’awuni) dan saling melindungi (takafuli) di antara para peserta dengan menyusun kumpulan dana (tabarru) yang dikelola layak prinsip syariah untuk menghadapi risiko tertentu.

 

Dalam asuransi syariah diberlakukan sebuah sistem dimana peserta akan menghibahkan sebagian atau seluruh dana investasinya sekiranya ada peserta lain yang mengalami bencana.

 

Sehingga, antarpeserta asuransi syariah prinsipnya saling menanggung dan tidak terjadi transfer risiko dari peserta ke perusahaan seperti pada asuransi konvensional. Oleh sebab itu, peranan perusahaan cuma sebagai pemegang amanah dalam mengelola dan menginvestasikan dana dari peserta.

READ  Pengertian Akad Mudharabah

 

Pro dan kontra asuransi kesehatan syariah

Meski membawa nama syariah melainkan faktanya asuransi yang satu ini tetap memiliki pro kontra. Berikut berjenis-jenis pro kontra tentang asuransi kesehatan syariah.

 

Pro

Berikut berjenis-jenis hal yang menjadi poin unggul asuransi kesehatan syariah yang bernilai positif di mata masyarakat.

 

Riba yang menjadi polemik paling lazim dalam setiap produk perbankan, termasuk asuransi. Tetapi dalam asuransi syariah secara lazim, termasuk kesehatan problem ini tidak lagi menjadi problem. Asuransi syariah sudah dijamin bebas dari riba. Oleh sebab itu Anda tidak perlu kuatir sebab dana yang diserahkan pada perusahaan akan dikelola layak dengan persetujuan kedua belah pihak di awal perjanjian.

 

Pengelolaan dana yang transparan

Dalam asuransi syariah secara lazim termasuk kesehatan, pengelolaan dana bersifat transparan. Sehingga Anda sebagai peserta asuransi dapat dengan jelas mengetahui rincian dana yang Anda bayarkan setiap bulannya. Kecuali itu, dana ini juga dipergunakan sebesar-besarnya untuk mendatangkan profit bagi para pemegang polis asuransi itu sendiri.

READ  Wanita yang Jago Atur Keuangan Tak Akan Lakukan 7 Kesalahan Ini

 

Cara kerja asuransi syariah adalah gotong-royong. Artinya, antara satu peserta dengan yang lainnya dapat saling membantu dengan perantara perusahaan. Contohnya, dana asuransi Anda dapat diaplikasikan dahulu untuk membantu klaim nasabah lainnya. Sehingga peserta dapat memberikan hibah untuk peserta lainnya yang sedang tertimpa bencana.

 

Dalam asuransi kesehatan syariah, peserta dapat memanfaatkan perlindungan tarif rawat inap di rumah sakit untuk seluruh anggota keluarga. Untuk pembiayaan diaplikasikan sistem dengan mengaplikasikan kartu (cashless) untuk membayar seluruh tagihan rumah sakit.

 

Satu polis asuransi dapat diaplikasikan untuk seluruh anggota keluarga sehingga tarif preminya malahan menjadi lebih ringan. Hal ini berbeda dengan asuransi lazim yang mewajibkan setiap orang memiliki polisnya masing-masing sehingga premi yang dikenakan akan jauh lebih besar.

 

Kecuali itu, asuransi syariah juga memungkinkan Anda untuk dapat melakukan double claim. Artinya, Anda akan tetap menerima klaim yang diajukan sedangkan sudah mendapatkannya lewat asuransi yang lain.

Salah satu prinsip asuransi syariah yang juga menjadi keunggulan adalah adil. Dalam asuransi syariah tidak boleh ada yang dirugikan. Oleh karenanya, pembagian profit dalam asuransi ini lebih adil. Tidak ada pihak yang menerima untung dengan jumlah lebih besar diperbandingkan dengan pihak lainnya.

READ  Manfaat dan Kerugian Asuransi Unit Link

 

Tidak seluruh orang sependapat dengan asuransi kesehatan syariah. Tetapi lainnya masih memperdebatkannya. Tetapi, poin unggul dan hal positif dari asuransi kesehatan syariah masih lebih banyak ketimbang hal negatifnya. Kelemahan asuransi kesehatan syariah yang masih menjadi polemik adalah masih ada yang menganggap asuransi  ini haram. , asuransi syariah berada di bawah pengawasan Dewan Pengawas Syariah (DPS) yang menetapkan seluruh institusi melakukan prosedur dengan prinsip syariah yang pas dan tentu terbebas dari praktik yang haram.

 

Terlepas dari pro kontra yang terjadi di masyarakat mengenai asuransi kesehatan syariah, hal yang paling penting adalah mencari tahu secara khusus dahulu dengan jelas mengenai asuransi yang akan dihasilkan dan didaftarkan. Cari tahu kelebihan dan kekurangan dari setiap variasi asuransi untuk meminimalkan risiko dan penyesalan di kemudian hari. sebab salah memilih asuransi.