Seluruh biaya pelayanan terhadap ibu hamil akan dibiayai oleh BPJS Kesehatan, dengan catatan cocok prosedur dan indikasi medis. Itulah mengapa, Anda perlu memahami tata metode menggunakan BPJS untuk ibu hamil supaya pelayanan kesehatannya dapat berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan.

 

Langkah-langkah menggunakan BPJS untuk ibu hamil adalah sebagai berikut:

 

  1. Mendatangi Puskesmas terdekat

Saat ingin memeriksaan kehamilan, langkah pertama yang sepatutnya Anda lakukan adalah datang ke Puskesmas terdekat. Pemeriksaan kehamilan ini cuma dapat dilaksanakan oleh bidan atau dokter umum yang ada di FASKES 1 (Fasilitas Kesehatan Tingkat 1). Umumnya, FASKES 1 Anda sudah tertera pada kartu BPJS milik Anda pribadi.

 

Namun, apabila Anda memerlukan pemeriksaan atau tindakan medis tertentu yang tidak dapat ditangai oleh Puskesmas, maka Anda boleh segera ke rumah sakit yang berprofesi sama dengan BPJS. Akan tetapi, pastikan Anda sudah mengantongi surat rujukan dari bidan atau dokter secara khusus dahulu. Sebab apabila tidak, Anda akan dianggap memeriksakan kehamilan dengan biaya sendiri alias tanpa menggunakan BPJS.

READ  Tips Sukses Bisnis Jasa Penyalur Pembantu Rumah Tangga

 

  1. Memasuki persalinan

Kalau situasi kehamilan Anda baik-baik saja dan tidak ada kelainan, maka persalinan Anda akan ditangani oleh Puskesmas atau FASKES 1 yang menyediakan layanan bersalin. Umumnya, daerah persalinan Anda akan sama dengan daerah Anda memeriksakan kehamilan.

 

Namun, apabila ada kelainan tertentu pada kehamilan dan cenderung berisiko tinggi, maka Anda akan segera dirujuk ke rumah sakit. Kelainan hal yang demikian dapat berupa posisi bayi sungsang, ari-ari atau plasenta yang menutupi jalan lahir (plasenta previa), atau berat badan bayi di atas 4,5 kilogram.

READ  Pro dan Kontra Asuransi Kesehatan Berbasis Syariah

 

BPJS akan menanggung seluruh biaya persalinan di rumah sakit hal yang demikian, baik persalinan normal maupun operasi caesar.

 

  1. Masa nifas

Sesudah melahirkan, Anda masih dapat memanfaatkan layanan BPJS untuk ibu hamil. Layanan hal yang demikian bernama postnatal care (PNC), adalah pemeriksaan kesehatan sesudah melahirkan atau masa nifas.

 

Layanan PNC yang ditanggung BPJS dilaksanakan sebanyak tiga kali, adalah:

 

  • PNC 1: dilaksanakan pada tujuh hari pertama sesudah melahirkan
  • PNC 2: dilaksanakan pada hari ke-8 sampai hari ke-28 sesudah melahirkan
  • PNC 3: dilaksanakan pada hari ke-29 sampai hari ke-42 sesudah melahirkan
READ  Cara Cek Saldo Bank Permata

 

  1. Pelayanan KB

Manfaat BPJS untuk ibu hamil tidak segera berhenti begitu saja sesudah Anda melahirkan, tetapi berlanjut sampai pemilihan alat kontrasepsi. Tujuannya untuk memegang jarak lahiran si kecil supaya situasi ibu dan bayi konsisten sehat dan maksimal sebelum memastikan untuk punya si kecil lagi.

 

Sesudah situasi Anda stabil pasca melahirkan, Anda dapat memanfaatkan pelayanan KB di FASKES KB. Di sana Anda akan diberi konseling perihal program keluarga berencana dan info perihal alat kontrasepsi. Jangan ragu untuk menanyakan jenis kontrasepsi apa yang cocok dengan kebutuhan dan situasi kesehatan Anda.