Candi Prambanan merupakan salah satu rumit candi yang terkenal di Indonesia dan ditetapkan UNESCO sebagai website warisan dunia pada tahun 1991 kecuali Candi Borobudur. Tidak sama dengan Candi Borobudur yang merupakan candi Buddha, Candi Prambanan merupakan sebuah rumit candi Hindu.

 

Meski demikian, Lokasi keduanya yang berada di Jawa Tengah juga menandakan bahwa dahulu umat Buddha dan Hindu hidup berdampingan dengan rukun. Kedua candi besar ini juga menjadi bukti kemajuan peradaban manusia pada dikala itu sebab kapabel membangun candi-candi dengan seni arsitektur yang luar biasa tanpa bantuan teknologi canggih.

 

Awal berdirinya rumit Candi Prambanan mempunyai dua kisah merupakan cerita rakyat mengenai Roro Jonggrang dan sejarah dibangunnya candi ini pada masa kerajaan Hindu di Jawa yang didapat dari hasil penelitian para spesialis.

READ  Tempat Nongkrong di Jogja Favorit Wisatawan Segala Usia

 

Candi Prambanan diketahui juga sebagai Candi Roro Jonggrang. Cerita rakyat ini bermula dari Roro Jonggrang, putri kerajaan yang kecantikannya tidak diragukan lagi. Banyak pemuda yang datang dengan maksud melamar sang putri, termasuk Bandung Bondowoso. Meski Bandung Bondowoso terkenal sakti dan kuat, tetapi Roro Jonggrang tidak menyukainya. Sesudah berdaya upaya lama, akhirnya Roro Jonggrang mengatakan bersedia menjadi istrinya, tetapi Bandung Bondowoso seharusnya dapat membangun 1.000 candi dalam waktu semalam. Sebab benar-benar yakin dengan daya yang dimilikinya, pemuda itu menyanggupinya.

READ  Wisata Alam Semarang Ini Punya Pesona Tersembunyi

 

Dengan bantuan jin Bandung Bondowoso sudah berhasil membangun 999 candi. Roro Jonggrang merasa takut, sehingga muncul inspirasi untuk menumbuk padi yang akan membikin ayam berkokok. Saat mendengar ayam sudah berkokok sementara jumlah candi yang dibangun belum mencapai target, Bandung Bondowoso menjadi linglung dan marah dikala tahu itu segala hanya tipuan Roro Jonggrang yang bertujuan untuk menggagalkan usahanya. Walhasil, Bandung Bondowoso malahan mengutuk sang putri menjadi sebuah candi untuk melengkapi jumlah candi yang dimintanya. Candi Dewa Siwa yang merupakan candi induk itulah yang dipercaya sebagai perwujudan Roro Jonggrang setelah dikutuk.

READ  Rekomendasi Tempat Nongkrong di Jogja Untuk Anak Muda

 

Diluar cerita rakyat yang beredar, Candi Prambanan diperkirakan dibangun pada abad ke-9 atau pada masa Dinasti Sanjaya. Para peneliti mengatakan, tidak lama setelah dibangun, Candi Prambanan tidak terurus dengan baik sehingga banyak kerusakan yang terjadi di bangunan ini.

 

Candi Prambanan ditemukan kembali pada tahun 1733 oleh CA Lons, seorang warga Belanda. Inovasi ini lebih awal jika dibandingkan dengan penemuan kreatif Candi Borobudur oleh Sir Thomas Stamford Raffles. Sesudah ditemukan, rumit Candi Prambanan mulai dikoreksi dan dilaksanakan bermacam upaya rekonstruksi. Saat ini, Candi Prambanan menjadi rumit candi Hindu termegah di Indonesia