Makassar merupakan salah satu kota besar di kawasan Indonesia Timur yang sering menjadi destinasi tamasya. Sebagai salah satu kota besar, seluruh fasilitas tamasya seperti hotel, tempat hiburan, kafe, dan masakan, seluruh tersedia di sini. Kota yang terkenal dengan Pantai Losari ini memiliki banyak sekali tempat tamasya andalan di sekitarnya, mulai dari pantai, taman laut, tamasya sejarah, bahkan tempat-tempat menawan di dataran tinggi, salah satunya merupakan Malino Highlands yang berlokasi tidak terlalu jauh dari kota Makassar.

 

Malino berada di Kecamatan Tinggimoncang, Kabupaten Goa, Sulawesi Selatan. Dari sentra kota Makassar, Malino Highlands berjarak 80 km ke arah selatan. Lokasi dari Malino Highlands terbilang sungguh-sungguh strategis. Untuk menuju tempat tamasya ini, Anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2,5 jam dari sentra kota Makassar dan dapat dicapai dengan pelbagai ragam kendaraan.

 

Untuk masuk ke area Malino Highlands, Anda akan dikenakan biaya retribusi sebesar 50.000 Rupiah bagi orang dewasa dan 25.000 Rupiah bagi si kecil-si kecil. Di sini juga tersedia villa bagi Anda yang mau bermalam di Malino Highlands. Harga yang ditawarkan mulai dari 1.750.000 sampai dengan 10.000.000 Rupiah tergantung dari ragam villa yang akan Anda gunakan dan pada hari apa Anda akan mengorder villa hal yang demikian. Hal menarik di penginapan ini merupakan seluruh arsitekturnya bergaya Jepang lengkap dengan para pelayan yang juga menggunakan pakaian Kimono.

READ  Aktivitas di Pantai Parangtritis yang Ramaikan Liburanmu

 

Dulunya, sebelum berubah nama menjadi Malino Highlands, tempat ini merupakan lahan perkebunan teh seluas 900 hektar dengan ketinggian menempuh 1.200 meter di atas permukaan laut. Memandang lokasi yang menjanjikan sebagai tempat tamasya, akhirnya tempat ini disulap menjadi lokasi tamasya yang lebih menawan, nyaman, dan dapat dirasakan seluruh kalangan.

 

Selama perjalanan menuju Malino Highlands, Anda akan disuguhi oleh panorama jajaran pohon pinus yang terbentang di antara bukit dan lembah. Berjenis-jenis tanaman tropis tumbuh di sini sehingga menyusun panorama hijau nan menawan. Saat musim hujan, suhu udara di sini sungguh-sungguh dingin, dapat menempuh 10 derajat Celsius, dan tidak jarang diselimuti kabut. Saat berkendara, cobalah untuk mematikan AC Anda, kemudian bukalah jendela kendaraan beroda empat. Rasakan sensasi AC natural Malino yang adem lengkap dengan udara yang sungguh-sungguh segar.

 

Dengan biaya retribusi sebesar 50.000 Rupiah tadi, Anda tidak hanya dapat menikmati keindahan kebun teh hijau yang adem, namun juga berkesempatan untuk menikmati keindahan air terjun dan kebun hewan mini. Sesampainya di puncak perkebunan teh Malino, Anda dapat bersantai di kafe Green Peko sambil menikmati hamparan hijau kebun teh di sekitar kafe.

READ  Kegiatan Menarik di Pantai Baron

 

Kafe Green Peko memiliki arsitektur bergaya Jepang klasik yang membikin suasana makin terasa adem dan adem. Di kafe ini tersedia pelbagai menu makanan, snack, dan juga ragam-ragam varian teh. Salah satu menu unggulan di sini merupakan Malino Green Tea.

 

Malino Green Tea merupakan minuman teh hijau dengan rasa yang unik dan khas. Merasakan green tea dari kebunnya lantas di kafe yang berlokasi di puncak, pasti akan menolong Anda menghilangkan penat dari kejenuhan kegiatan sehari-hari. Dijamin bobot pikiran, dan juga stress yang menguras energi Anda selama ini akan hilang lantas.

 

Selain bersantai di kafe puncak perkebunan teh, Malino Highland juga menawarkan sebagian permainan outdoor yang dapat Anda nikmati, seperti misalnya kegiatan paralayang, menunggang kuda, bungee jumping, trampolin, cross country running, bersepeda, festival layang-layang, dan masih banyak kegiatan lainnya.

 

Terletak di ketinggian 1.200 meter dari permukaan laut, Malino Highlands juga menjadi salah satu titik unggulan bagi para fotografer, atau mereka yang memiliki hobi fotografi. Lanskap tumbuhan teh yang serba hijau dan situasi tanah berbukit-bukit membikin tempat ini memiliki energi tarik tersendiri bagi para pecinta seni fotografi. Bukan hanya foto panorama menawan yang dapat Anda dapatkan di sini, namun Anda juga dapat mewujudkan Malino Highlands sebagai lokasi foto potret ataupun prewedding yang menawan.

READ  Wisata Thailand – Koh Samui Surat Thani

 

Tak jauh dari Malino, terdapat lokasi air terjun yang dapat Anda jalan masuk hanya dengan berjalan kaki sejauh 600 meter. Air terjun ini merupakan Air Terjun Takapala. Air terjun Takapala berada di jeda-jeda bukit dan rimbunnnya hutan dengan aliran air yang cukup deras. Air terjun ini memiliki ketinggian menempuh 100 meter. Pada ketinggian 20 meter, kabut selalu menyelimuti air terjun ini. Bila beruntung, Anda juga dapat memandang pelangi di sini.

 

Anda dapat menyegarkan badan dengan bermain air di bawah air terjun ini, sebab air terjun ini ditampung di kolam kecil dengan batuan vulkanik berukuran besar. Di dasar air terjun juga terdapat sebuah gua. Gua ini merupakan tempat yang asik untuk bermain air. Setelah puas berbasah-berair ria, Anda dapat menghangatkan diri dengan meneguk teh hangat di kios kecil dekat air terjun.