Cuka apel didapat dari progres fermentasi panjang, yang menyisakan bagian seperti asam asetat, asam gallic, katekin, dan lain-lain. Ini yang membikin cuka mempunyai manfaat sebagai antioksidan dan antibakteri. Cuka apel banyak dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh dengan metode diminum. Tetapi, bagaimana sekiranya ibu hamil minum cuka apel? Apakah boleh juga?

 

Amankah sekiranya ibu hamil minum cuka apel?

 

Sedikitnya penelitian yang mengatakan bahwa cuka apel aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, membikin ibu hamil khawatir. Hal ini juga sebab cuka apel umumnya tak melalui progres pasteurisasi.

READ  Apa Benar Melahirkan Anak Kedua Lebih Mudah dari Anak Pertama

 

Pasteurisasi yaitu progres pemanasan makanan dengan tujuan membunuh organisme merugikan seperti kuman, jamur, atau protozoa, dan suatu progres untuk memperlambat pertumbuhan mikroba pada makanan.

 

Cuka apel yang tak dipasteurisasi dikhawatirkan mengandung kuman atau mikroba lain yang membahayakan. Akan namun, tingkat keasaman dari cuka apel hakekatnya sudah efektif untuk membunuh kuman atau mikroba lain yang membahayakan. Sebab itu, hakekatnya tak perlu khawatir akan hal ini. Walaupun memang belum ada bukti yang jelas tentang hal ini.

 

Cuka apel punya antibiotik alami

READ  Ciri-Ciri Hamil Anggur yang Perlu Diwaspadai

Tetapi, sebuah penelitian menandakan bahwa cuka apel mempunyai sifat antibiotik alami yang dapat menghancurkan kuman Escherichia coli dan juga Salmonella.

 

Kedua kuman ini yaitu penyebab utama diare dan keracunan makanan. Sebab cuka apel berperan sebagai antibiotik alami, beberapa peneliti menyimpulkan bahwa bahan ini efektif untuk memecahkan diare pengaruh infeksi kuman.

 

Fakta tersebut menampakkan bahwa minum cuka apel dikala hamil dapat dikatakan aman.

 

Tetapi, dikutip dari Brenner Children Hospital bahwa cuka apel yang tak melalui pasteurisasi tak aman untuk diminum sebab dapat menyebabkan bayi lahir mati, keguguran, dan komplikasi lain pada ibu, dan bayi mungkin mengalami dilema kesehatan setelah kelahiran.

READ  Ibu Hamil Boleh Menghilangkan Bulu Badan Pakai Laser

 

Sebab masih belum ada kepastian mengenai keamanan dari minum cuka apel dikala hamil. Karenanya, sebaiknya bicarakan terpenting dahulu dengan dokter kandungan Anda sebelum minum menyukai apel. Untuk memutuskan memang situasi ibu dan janin dapat aman untuk minum cuka apel.

 

Minum cuka apel juga tak dapat sembarangan, sebab ada metode aman mengonsumsinya. Lazimnya dokter juga akan memberikan arahan tentang hal ini.