Depresi dan kecemasan merupakan hal yang berbeda. Kuatir itu sendiri merupakan suatu wujud emosi yang ditandai dengan perasaan tak menyenangkan dampak kekacauan batin. Sementara depresi merupakan situasi kronis di mana seseorang terus-menerus merasa sedih ataupun putus impian. Tapi biasanya, orang yang sedang depresi akan mengalami rasa khawatir berlebihan, seperti perasaan gelisah, mudah geram, sulit tidur, dan sulit konsentrasi.

 

Perasaan khawatir ataupun depresi sama-sama amat menguras kekuatan; malah dapat membuat Anda kehilangan motivasi untuk menjalani hidup.

 

Memang tak mudah untuk menghilangkan rasa khawatir, apalagi depresi. Tapi Anda tetap harus memutar otak untuk mencari sistem memecahkannya supaya perasaan negatif hal yang demikian tak semakin menjadi-jadi sehingga mengganggu aktivitas atau malah kesehatan Anda.

 

Berbagai sistem menghilangkan rasa khawatir berlebihan

  1. Kembali ke lingkungan Anda

Umumnya, saat seseorang mengalami khawatir berlebihan, mereka akan cenderung menarik diri dari lingkungan. Padahal, salah satu sistem untuk mengatasi depresi merupakan dengan adanya dukungan sosial dari orang terdekat. Saat Anda sedang mengalami kecemasan atau depresi, cobalah untuk mengucapkan apa yang Anda rasakan dan tetaplah menjalin kekerabatan dengan lingkungan sekitar. Padahal tak mudah, tetapi mengisolasi diri dari lingkungan juga bukanlah jalan keluar dari kekalutan yang sedang Anda alami.

READ  Langkah Memaafkan untuk Hidup Lebih Ikhlas dan Mental Lebih Sehat

 

  1. Lakukan apa yang Anda sukai

Salah satu sistem terbaik untuk menghilangkan khawatir dan kecenderungan depresi merupakan dengan mengerjakan apa yang Anda sukai – nonton film, jalan-jalan, pergi ke pantai, bernyanyi, dan sebagainya. Dan sedangkan Anda tak selamanya dapat memaksa diri untuk mengerjakan hal yang Anda sukai, tetapi tetap selalu berupaya untuk mendukung diri sendiri supaya selalu aktif beraktivitas -setidaknya bukan yang Anda benci.

 

  1. Lakukan hal baru

Kecuali mengerjakan hal yang Anda senangi, Anda juga perlu untuk mengerjakan hal baru untuk menghilangkan rasa khawatir berlebihan. Saat Anda menantang diri sendiri dengan mengerjakan hal baru, tanpa Anda sadari tubuh Anda akan memproduksi hormon dopamin yang terkait dengan rasa bergembira dan bergembira.

 

  1. Keluar rumah supaya Anda bermandikan cahaya matahari
READ  Orang malas cenderung punya IQ tinggi

Tanpa Anda sadari, kurangnya cahaya matahari dapat memperburuk rasa khawatir berlebihan dan depresi Anda. Cobalah kadang kala keluar dari kamar Anda supaya Anda dapat terkena cahaya matahari, setidaknya 15 menit sehari. Sinar matahari dikenal dapat meningkatkan kadar hormon bergembira serotonin sehingga membenarkan mood Anda.

 

  1. Olahraga yang rajin

Penelitian memperlihatkan bahwa olahraga teratur dapat menghilangkan gejala depresi. Aktifitas fisik seperti berolahraga rupanya dapat meningkatkan produksi endorfin yang memiliki efek mengurangi rasa sakit dan memicu perasaan bergembira, tenang, atau bergembira. Dan tentunya, Anda tak perlu berolahraga berlebihan untuk mendapatkan manfaatnya, cukup olahraga ringan tetapi dikerjakan secara rutin seperti jalan kaki 10 menit, dan sebagainya.

 

  1. Makan makanan yang sehat

Tanpa Anda sadari, makanan yang Anda konsumsi dapat berimbas pada perasaan Anda. Oleh karena itu, tak mengherankan apabila Anda akan merasa kesal ataupun lelah saat Anda terlambat makan. Dan untuk mengatasi rasa khawatir atau depresi, Anda dapat meminimalkan konsumsi gula dan karbohidrat olahan tetapi Anda dianjurkan untuk meningkatkan asupan vitamin B karena kekurangan vitamin B (seperti asam folat dan B12) dapat memicu depresi. Berdaya makanan yang dapat mengatasi depresi merupakan makanan yang kaya akan omega-3 seperti salmon, tuna, dan sebagainya.

READ  Cara Agar Lebih Bahagia di Kantor

 

  1. Tidur yang cukup

Sekiranya tidur dapat menjadi salah satu gejala depresi. Untuk mengatasi perasaan khawatir atau depresi, cobalah untuk mengubah pola tidur Anda. Mulailah untuk tidur cukup setidaknya 7 jam per hari, dan singkirkanlah hal-hal yang dapat menganggu mutu tidur Anda.

 

  1. positif

Satu hal yang dapat membuat rasa khawatir dan depresi Anda semakin memburuk merupakan pikiran negatif perihal diri sendiri atau lingkungan sekitar Anda. Oleh karena itu, salah satu sistem untuk mengatasi rasa khawatir dan depresi merupakan dengan berpikir positif.

 

Anda sudah mengerjakan sebagian kiat menghilangkan rasa khawatir di atas tetapi perasaan negatif hal yang demikian tak kunjungmembaik, konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan bantuan medis yang tepat demi kesembuhan Anda.