Emfisema subkutis ialah situasi saat terdapat udara atau gas di bawah jaringan kulit. Emfisema subkutis paling acap kali ditemukan pada jaringan leher atau dinding dada, meskipun tak menutup kemungkinan untuk terjadi di komponen tubuh lainnya.

 

Emfisema subkutis seringkali ditandai dengan penonjolan halus di permukaan kulit. Ketika dokter mengerjakan pemeriksaan lewat perabaan permukaan kulit, akan terasa sensasi berderak (seperti menyentuh kantong plastik) yang timbul saat udara terdorong lewat jaringan kulit.

 

Dalam menangani emfisema subkutis tergantung dari apa yang menjadi penyebabnya.  Penyebab emfisema subkutis biasanya ialah situasi yang cukup berat untuk ditangani. Sebelumnya, dokter atau perawat akan menilai dan memantau pertanda-pertanda vital seseorang terutama dulu. Mulai dari menilai temperatur dengan temperatur, menilai denyut nadi, tingkat pernapasan dan tekanan darah.

READ  Cara cuci tangan yang salah, namun sering kali dilakukan banyak orang

 

Dalam pemeriksaan lebih lanjut, dokter mungkin juga menyarankan Anda supaya mengerjakan Rontgen dada dan perut, untuk mendeteksi adanya gelembung udara sekaligus menilai fungsi paru-paru.

 

Bila terdapat udara yang terperangkap di jaringan bawah kulit yang memengaruhi jaringan lunak di sekitarnya, bisa menyebabkan sindrom kompartemen. Untuk situasi tersebut, dibutuhkan penanganan khusus untuk mengeluarkan udara. Bisa dilakukan  dengan pembedahan di jaringan lunak dan memasukkan pipa atau tabung plastik kecil ke dalam tubuh sebagai drain atau jalanan untuk mengeluarkan udara dari dalam jaringan lunak.

READ  Manfaat Ikan Teri bagi Kesehatan Tubuh

 

Emfisema subkutis tergolong situasi yang jarang terjadi. Konsultasi ke dokter untuk menentukan situasi Anda disebabkan emfisema subkutis, terutama jikalau Anda memiliki faktor risiko kepada emfisema subkutis. Kemudian, dokter akan memberikan penanganan yang tepat untuk menuntaskan situasi tersebut.