Berusia muda dan sudah bekerja pada sebuah perusahaan, Anda mungkin menjadi salah satu di antara banyak karyawan muda yang sedang menikmati masa-masa menyenangkan. Bagaimana tidak? Penghasilan yang Anda miliki ketika ini mungkin saja sudah bisa memenuhi berjenis-jenis kebutuhan hidup dengan baik.

 

Waktu seperti inilah yang bisa Anda pergunakan untuk menjalankan banyak hal, termasuk menikmati hobi dan berjenis-jenis hal lainnya yang dianggap menyenangkan. Anda masih muda dan mempunyai penghasilan. Tentu penting bagi Anda untuk menikmatinya, bukan?

 

Tapi, di balik kondisi seperti ini, sejumlah agenda keuangan tentulah menjadi hal yang tidak keok pentingnya untuk lantas direalisasikan, malahan padahal umur masih amat muda. Tak bisa dimungkiri jika beberapa besar karyawan muda justru mempunyai kondisi keuangan yang “tidak sehat”, malahan cenderung bermasalah.

 

Artinya, kondisi keuangan yang tidak stabil dan tidak berjalan dengan baik setiap ketika padahal penghasilan (gaji) sudah diperoleh secara teratur setiap bulannya.

 

Pada mulanya, hal ini mungkin bukan tampak sebagai sebuah dilema besar sehingga Anda kerap tidak menyadarinya dan memperkenankan berjenis-jenis dilema keuangan tersebut berlanjut dalam kurun waktu yang panjang.

 

Sementara di sisi lain, berjenis-jenis dilema keuangan yang Anda anggap remeh ini justru bisa saja menjadi bencana besar dalam keuangan itu sendiri. Ada banyak dilema keuangan yang kerap dihadapi karyawan muda. Segala ini tentu patut dituntaskan dengan langkah dan solusi yang ideal.

READ  Industri Kreatif Jawaban Untuk Tantanngan MEA

 

Berikut ini kebiasaan-kebiasaan yang membuat dilema keuangan tidak akan datang setiap bulan ke dalam hidup Anda. Apa saja kebiasaan-kebiasaan tersebut?

 

  1. Kelola Keuangan dengan Pas

 

Gaji sudah habis, padahal tanggal gajian masih jauh di depan mata. Kondisi seperti ini menjadi hal yang paling kerap dialami beberapa orang bergaji. Barangkali Anda ialah salah satunya. Sekiranya terus dibolehkan, Anda akan hidup dengan siklus gaji ke gaji saja atau besar kemungkinan Anda akan mempunyai sejumlah utang.

 

Berapa malahan jumlah gaji yang Anda peroleh setiap bulannya, gaji ini haruslah bisa memenuhi semua kebutuhan dengan baik. Bukan hanya ketika ini, tetapi beberapa dari gaji ini tentu akan mempunyai porsi khusus untuk berjenis-jenis kebutuhan pada masa yang akan datang.

 

Anda patut mempunyai kesanggupan yang baik dalam mengelola keuangan semenjak muda. Sebab hal ini juga akan memengaruhi mutu kehidupan Anda secara keseluruhan di masa yang akan datang.

 

Pastikan Anda mempunyai anggaran keuangan yang ideal semenjak permulaan agar setiap sen uang Anda bisa dialokasikan dengan ideal dan pantas dengan kebutuhan. Penting untuk mempunyai porsi yang ideal dan berimbang antara pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya. Sebab selain kebutuhan bulanan ini, ada banyak pos lainnya yang patut dipenuhi di dalam keuangan.

READ  Persiapan Penting Sebelum Rawat Inap di Rumah Sakit

 

  1. Biasakan Menabung dan Lakukan Investasi

 

Tak mempunyai sejumlah tabungan dan selalu menunda untuk menyisihkan sejumlah uang sebagai dana tabungan setiap bulannya. Sekiranya menabung saja malas, lalu bagaimana Anda akan menjalankan investasi untuk masa depan?

 

Kedua hal di atas kerap menjadi dilema dalam keuangan, terutamanya untuk karyawan muda yang kerap melupakan dan menganggap hal tersebut tidak penting dalam keuangan. Sementara di sisi lain, amat penting bagi Anda untuk selalu menjaga kondisi keuangan konsisten stabil sepanjang waktu di mana Anda mempunyai sejumlah dana tabungan serta dana investasi untuk mengamankannya.

 

Mulailah menyisihkan beberapa gaji Anda sebagai dana tabungan dan investasi agar bisa menempuh agenda dan tujuan keuangan pada masa yang akan datang. Lantas lakukan investasi dalam keuangan dan jangan lupa untuk memilih instrumen investasi yang paling ideal dan pantas dengan kondisi keuangan.

 

  1. Siapkan Dana Darurat

 

Melupakan berjenis-jenis risiko dalam keuangan dan tidak mempunyai dana darurat yang bisa menyangga kehidupan serta keuangan pada masa-masa yang susah. Sebab ini juga menjadi salah satu dilema keuangan yang serius di mana kondisi keuangan tidak akan berjalan baik dan lancar sebagaimana mestinya.

 

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan kondisi keuangan menjadi tidak sehat. Salah satunya ketika seseorang kehilangan penghasilan konsisten pengaruh kehilangan pekerjaan. Sebab seperti ini tentu saja bisa terjadi setiap ketika mengingat status Anda ialah seorang pekerja (karyawan).

READ  Industri Dinilai Jadi Pendorong Pertumbuhan Ekonomi

 

Bayangkan bagaimana kehidupan Anda jika sewaktu-waktu Anda kehilangan pekerjaan dan panghasilan, padahal Anda tidak mempunyai sejumlah dana darurat?

 

Hindari dilema keuangan seperti di atas. Sebab bagaimana malahan juga kehidupan akan konsisten memerlukan sejumlah biaya, malahan padahal Anda kehilangan pekerjaan. Untuk itu, milikilah sejumlah dana darurat agar berjenis-jenis kebutuhan konsisten bisa terpenuhi dengan baik pada masa-masa keuangan sedang susah sekalipun.

 

 

  1. Belanjakan Uang dengan Kali

 

Pergaulan dan pola hidup yang tidak berimbang kerap membuat Anda “kehilangan” banyak uang tanpa alasan yang terang. Anda membelanjakan banyak uang tanpa perhitungan di mana semua pengeluaran ini hanya bersifat konsumtif dan tidak memberikan manfaat yang maksimal dalam kehidupan Anda.

 

besar karyawan muda akan menghabiskan banyak uang hanya untuk sekadar bersenang-senang semata. Cobalah untuk menata kehidupan pribadi dan pola pikir Anda seputar keuangan.

 

Anda bisa membedakan antara kebutuhan dan kemauan. Sebab ini akan menolong Anda lebih bijaksana dalam membelanjakan uang dan mengelola setiap uang dengan lebih ideal. Sekiranya bisa mengelola keuangan dengan ideal, berjenis-jenis tujuan keuangan Anda tentu bisa ditempuh dengan lebih gampang.