Setelah melahirkan, banyak wanita membatasi asupan makanannya demi mengembalikan bentuk tubuh dengan cepat. Melainkan, hal ini tak direkomendasikan. Pasalnya, tubuh perlu memulihkan kondisinya dengan metode mengkonsumsi makanan yang kaya akan gizi. Oleh sebab itu, Anda perlu memilah makanan sesudah melahirkan yang padat gizi.

 

Untuk itu, saya akan mengulas berbagai hal perihal gizi sesudah melahirkan. Hening saja, peraturan makan ini tak akan membikin tubuh Anda semakin melebar.

 

Gizi berguna untuk mengembalikan energi, menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit, serta mengembalikan cadangan zat besi tubuh yang banyak sirna saat kehamilan maupun persalinan.

 

Selain itu, makanan sesudah melahirkan yang kaya akan gizi juga diperlukan untuk mengoptimalkan penyembuhan luka, membatasi perubahan hormon, hingga mengurangi risiko depresi postpartum.

READ  Daftar Makanan yang Baik untuk Dimakan Sebelum Melahirkan

 

Tak kalah penting, gizi berperan besar untuk menjaga kwalitas dan produksi ASI yang diperlukan bagi tumbuh kembang si kecil. Saat menyusui, bayi meresap zat gizi yang diperlukan dari tubuh ibu. Seandainya asupan nutrisinya tak mencukupi, tubuh akan mengambilnya dari cadangan yang ibu miliki. Sehingga, untuk mengoptimalkan kesehatan ibu dan bayi, sungguh-sungguh direkomendasikan untuk mengkonsumsi berbagai makanan dan minuman sehat.

 

Berikut ini berbagai gizi dan contoh makanan sesudah melahirkan yang sebaiknya dikonsumsi, yakni:

 

  1. Karbohidrat

Karbohidrat diterapkan untuk meningkatkan energi tubuh dan memperbaiki mood sesudah kelahiran. Karbohidrat rumit seperti sereal, roti gandum, dan nasi merah lebih direkomendasikan daripada karbohidrat sederhana dari permen atau kudapan manis-kudapan manis manis.

READ  Obat Tekanan Darah yang Diresepkan Dokter untuk Preeklampsia

 

  1. Protein

Protein penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan si kecil, mempercepat penyembuhan luka, dan menjaga massa otot.

 

Sumber protein yang sehat antara lain putih telur, daging tanpa lemak, susu, kacang-kacangan, tahu, dan tempe.

 

  1. Lemak

Lemak berfungsi untuk menjaga temperatur tubuh dan meningkatkan penyerapan vitamin A, D, E, dan K. Sumber lemak sehat antara lain minyak zaitun, minyak ikan, minyak kanola, dan alpukat.

 

  1. Omega-3

Asam lemak omega-3 diterapkan sebagai senyawa antiradang yang juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan berperan meningkatkan kecerdasan buah hati. Sumbernya antara lain teri berair, lele, sarden, tuna, salmon, serta minyak ikan.

 

  1. Vitamin dan mineral

Vitamin dan mineral berguna dalam cara kerja pemulihan tubuh, meningkatkan kwalitas dan jumlah ASI, menjaga metode kekebalan tubuh, berguna untuk tumbuh kembang bayi, dan mempercepat penyembuhan luka.

READ  Bolehkah Ibu Hamil Minum Cuka Apel

 

Sumber vitamin dan mineral yang baik yakni sayuran hijau, buah-buahan, telur, produk susu rendah lemak (susu, yogurt, keju), dan suplemen.

 

  1. Zat besi

Zat besi berfungsi untuk meningkatkan produksi sel darah merah dan mencegah anemia. Anda dapat mendapatkan zat besi dari daging sapi, daging ayam ayam, bayam, dan sayuran hijau lainnya.

 

  1. Kalsium

Kalsium menolong menjaga kepadatan tulang ibu menyusui dan juga mendorong pertumbuhan tulang si kecil. Sumber kalsium yang baik antara lain produk susu serta sayuran berwarna hijau gelap seperti brokoli dan bayam.