Panu yaitu salah satu penyakit kulit yang tidak cuma timbul pada orang dewasa, tetapi juga pada si kecil-si kecil. Panu bisa timbul di seluruh bagian kulit, termasuk di wajah. Anda bisa menjalankan cara berikut untuk menghilangkan panu di wajah si kecil.

 

Panu atau yang dalam dunia medis diketahui dengan tinea versicolor atau pityriasis versicolor yaitu penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Sedangkan bisa mengenai bagian kulit manapun, tetapi kondisi ini lebih kerap kali timbul di punggung, dada, leher, dan lengan bagian atas. Warna panu yang timbul juga bisa berbeda-beda pada tiap orang, mulai dari putih, merah jambu, sampai coklat, tergantung dari warna kulitnya.

READ  Cara Mudah Mengobati Kulit Melepuh Akibat Terbakar Sinar Matahari

 

Panu tidak memunculkan risiko kesehatan yang berbahaya bagi si kecil-si kecil. Sedangkan demikian, kondisi ini bisa menyebabkan kulit terasa gatal dan mengganggu penampilan. Untuk mengatasi panu di wajah si kecil, Anda bisa memanfaatkan sampo antiketombe yang mengandung selenium sulfida atau ketoconazole. Tapi, sebelum mengaplikasikannya, dianjurkan konsultasikan secara khusus dulu ke dokter. Berikut cara penggunaannya:

 

  • Keluarkan sampo dari kemasan secukupnya di tangan Anda.
  • Kemudian, oleskan sampo secara merata di daerah munculnya panu, bagus di wajah ataupun bagian tubuh lain. Oleskan sampo sampai beberapa sentimeter melebihi batas bercak.
  • Diamkan sekitar 10-15 menit.
  • Sesudah itu, bilas sampai benar-benar bersih.
  • Pemakaian sampo dikerjakan sebanyak dua sampai tiga hari sekali, selama 1 sampai 2 pekan. Lama penerapan sampo antiketombe ini tergantung pada luasnya panu pada kulit.
READ  Jenis Teh Terbaik Supaya Radang Tenggorokan Cepat Sembuh

 

Saat menerapkan cara ini, kemungkinan akan timbul rasa perih, secara khusus untuk sampo antiketombe yang berbahan selenium sulfida. Jadi, sebaiknya Anda mengoleskan sampo secukupnya saja pada si kecil-si kecil.

 

Manfaat sampo antiketombe untuk mengatasi panu, akan menonjol dalam beberapa hari atau beberapa pekan. Tapi, warna kulit wajah umumnya baru akan benar-benar kembali ke warna semula, sesudah beberapa bulan.