Apabila alat pendengaran terasa tak nyaman, sakit, berdengung, dan keluar cairan, dapat jadi itu sebab gendang alat pendengaran Anda pecah. Infeksi dan cedera adalah sebagian di antara penyebabnya. Tetapi jangan khawatir, ada sebagian langkah medis untuk mengatasinya.

 

Gendang alat pendengaran adalah selaput tipis yang memisahkan komponen luar alat pendengaran dan komponen tengah alat pendengaran. Gendang alat pendengaran atau yang disebut juga membran timpani, akan bergetar dikala terkena gelombang bunyi. Getaran hal yang demikian kemudian dikirim ke alat pendengaran komponen tengah dan dalam untuk kemudian diteruskan ke otak. Gendang alat pendengaran juga berfungsi melindungi alat pendengaran komponen tengah dari bakteri, cairan, atau benda asing yang hendak masuk.

READ  Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi Selama Diare Supaya Cepat Sembuh

 

Akibatnya tipis, komponen alat pendengaran yang sungguh-sungguh penting ini rentan mengalami kerusakan, seperti robek atau pecah. Penyebabnya dapat sebab sebagian hal berikut ini:

 

Infeksi

Penyebab lazim gendang alat pendengaran pecah, secara khusus pada si kecil-si kecil, adalah sebab infeksi alat pendengaran. Infeksi alat pendengaran tengah membuat cairan menumpuk di belakang gendang alat pendengaran. Saat, tekanan di dalam alat pendengaran tengah akan meningkat dan mendukung gendang alat pendengaran ke arah luar, sehingga dapat menyebabkan robekan.

READ  Makanan yang Harus Dihindari sesuai Jenis Batu Ginjal

 

Cedera

Gendang alat pendengaran pecah juga dapat terjadi jikalau sisi kepala terbentur keras sampai terjadi retakan tulang tengkorak, tak hati-hati membersihkan alat pendengaran dengan cotton buds, atau sebab benda kecil masuk ke dalam alat pendengaran.

 

Perubahan tekanan

Trauma tekanan udara di alat pendengaran komponen tengah dan lingkungan tak sepadan, hal hal yang demikian akan membuat gendang alat pendengaran tertekan. Ini disebut sebagai barotrauma. Barotrauma dapat mengakibatkan gendang alat pendengaran pecah, jikalau tekanan yang diwujudkan sangatlah besar. Barotrauma dapat terjadi dikala seseorang menyelam, mengemudi di dataran tinggi, atau naik pesawat terbang.

READ  Terapi Oksigen untuk Penderita Penyakit Paru Obstruktif Kronik

 

akustik

Mendengar bunyi yang sungguh-sungguh keras (ledakan atau tembakan) juga dapat berbahaya gendang alat pendengaran dan mengakibatkan gendang alat pendengaran pecah, padahal hal ini jarang terjadi.