Melahirkan ialah kegiatan jasmani yang cukup menghabiskan kekuatan. Bayangkan saja, seorang ibu patut melalui kurang lebih 10-20 jam untuk melahirkan normal, tergantung dengan masing-masing keadaan ibu. Daya yang dikeluarkan dikala seorang ibu melaksanakan persalinan normal juga tentunya tidak sedikit. Oleh karena itu ibu bisa saja kehabisan kekuatan dan dehidrasi dikala progres persalinan berlangsung. Karena itu, wajar jikalau seorang ibu yang sedang melahirkan tiba-tiba merasa kehausan malahan kelaparan. Apakah ibu bisa makan dikala persalinan berlangsung? seketika jikalau ya, makanan apa yang diperbolehkan untuk dikonsumsi si ibu dikala merasa lapar di tengah progres persalinan?

 

Makan dikala persalinan bisa menyediakan kekuatan tambahan untuk ibu

Sebagian besar ibu cuma tahu bahwa makan atau minum dikala persalinan ialah hal yang kurang baik dan akan menyebabkan situasi sulit. Tetapi, rupanya sah-sah saja jikalau Anda berkeinginan makan atau minum di tengah progres persalinan.

READ  Cara mengatasi trauma melahirkan

 

Anjuran ini didorong oleh sebuah penelitian yang membuktikan bahwa makan atau minum yang padat gizi selama sedang bersalin justru akan menambah kekuatan untuk mengejan bayi keluar, dan menolong progres persalinan berlangsung lebih kencang.

 

Bagaimana makan dikala persalinan bisa menolong melahirkan lebih kencang?

Faktanya, kalori yang terbakar dikala persalinan hampir sama dengan kalori yang sirna dikala seseorang melaksanakan lari maraton. Hal ini membuktikan bahwa sang ibu memang patut memiliki sumber kekuatan yang cukup untuk selama persalinan berlangsung.

 

Tanpa asupan kekuatan yang kuat dan banyak dari makanan, maka tubuh akan secara alami menggunakan lemak sebagai sumber kekuatan utama dan kemudian tubuh akan mengeluarkan zat asam yang beredar di aliran darah ibu ataupun bayi dalam kandungan. Situasi ini akan membuat penurunan kontraksi pada ibu, sehingga progres persalinan akan berlangsung lebih lama.

READ  Alasan Mengapa Banyak Wanita Memilih Melahirkan Normal dan Alami

 

Kecuali itu, rasa lapar dan haus yang dirasakan ibu dikala persalinan berlangsung juga bisa meningkatkan stres, yang kemudian membuat bayi yang masih di dalam kandungan juga merasa stres. Yang perlu dipahami, tidak segala makanan boleh Anda lahap selama persalinan

 

Apa yang bisa aku konsumsi jikalau merasa lapar dikala persalinan berlangsung?

Makan dikala persalinan tidak akan sama seperti Anda makan normal pada waktu-waktu lainnya. Cuma beberapa makanan dan minuman yang diperbolehkan untuk dikonsumsi bagi ibu yang sedang melahirkan. Hal ini dimaksudkan supaya mereka menerima kekuatan yang lebih untuk mengejan lebih kuat dan progres persalinan bisa berlangsung dengan kencang.

READ  Apakah Bayi Kembar Selalu Lahir Prematur

 

Pilih makanan yang mengandung banyak kekuatan, tetapi gampang dicerna oleh tubuh seperti:

 

  • Teh
  • Jus buah
  • Buah-buahan
  • Biskuit yang mengandung gula
  • Yogurt
  • Sup
  • Sereal

 

Sebagian besar makanan atau minuman yang Anda perlukan memang mengandung gula dan karbohidrat tinggi. Hal ini bertujuan untuk membuat tubuh Anda menyimpan lebih banyak sumber kekuatan.

 

Tetapi sebelum Anda memutuskan untuk makan dikala persalinan nantu, sebaiknya Anda tanyakan dahulu seperti apa kebijakan rumah sakit tempat anda bersalin. Tidak segala rumah sakit atau fasilitas pelayanan kesehatan menyediakan makanan dikala persalinan berlangsung.