Air yakni salah satu zat yang sangat dibutuhkan tubuh, termasuk pada buah hati-buah hati. Tapi bagaimana jika Tenang Si sangat sulit untuk minum air putih? Si Bunda, sebab ada sistem menyenangkan untuk membiasakan Tenang Si minum air putih.

 

Air putih berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga temperatur tubuh agar konsisten stabil, membikin kulit lebih sehat, memaksimalkan fungsi kerja otak, dan meningkatkan konsentrasi belajar. Kekurangan air putih dapat menyebabkan dehidrasi, selain itu juga meningkatkan risiko sembelit dan obesitas buah hati.

 

Bunda dapat mulai memberikan bayi minum air putih sejak dia telah lebih dari umur 6 bulan. Berikan air putih untuk melengkapi keperluan cairan sesuai dengan umur buah hati. Selain cairan per hari untuk buah hati yang dianjurkan oleh Ikatan Dokter Metode Indonesia, yakni:

 

  • 800 mililiter (ml) atau sekitar 2-3 gelas, untuk buah hati berusia 7-12 bulan
  • 1,3 liter atau sekitar 4 gelas, untuk buah hati berusia 1-3 tahun
  • 1,7 liter atau sekitar 5 gelas, untuk buah hati berusia 4-8 tahun
  • 2,1 – 2,4 liter atau 8-10 gelas, untuk buah hati di atas umur 9 tahun.
READ  Apakah Seks Dapat Memicu Kontraksi Melahirkan

 

Ukuran gelas yang digunakan pada keterangan di atas yakni gelas belimbing, atau sekitar 250 ml. Selain cairan buah hati dapat dipenuhi via makanan maupun minuman. Tenang Si dapat mendapatkan cairan dari minuman via susu, jus buah, dan air putih. Untuk membiasakan Tenang Si minum air putih, ada beberapa sistem yang dapat Bunda lakukan.  di antaranya yakni:

 

Sediakan botol minum yang disukai Tenang Si

Tarik atensi minum air putih Tenang Si dengan memberikan botol minum bergambar tokoh kartun atau benda unggulannya. Tenang Si akan merasa bahwa minum air putih yakni hal yang menyenangkan. Lambat laun Tenang Si akan minum air putih tanpa perlu diingatkan. Dalam memilih botol minum atau gelas untuk Tenang Si, pastikan yang bebas BPA ya, Bun.

 

Tambahkan es batu atau irisan buah

READ  Ibu Dengan Ketuban Pecah Dini Harus Selalu Operasi Caesar

Bunda juga dapat menambahkan es batu wujud unik ke dalam gelas atau botol minum Tenang Si. , es batu berbentuk bintang, hati, bunga, atau sang surya. Hal ini tentunya akan menarik Tenang Si untuk minum air putih.   itu, Bunda dapat menambahkan irisan buah ke dalam botol minum Tenang Si. Warna yang cerah dan sedikit rasa dari buah akan menarik atensinya.  yang dapat menjadi opsi Bunda yakni strawberry, blueberry, timun, daun mint, dan ceri.

 

Letakkan di tempat yang gampang dijangkau

Untuk menarik atensi buah hati minum air putih, Bunda juga dapat meletakkan botol minum di tempat yang gampang yang dijangkau Tenang Si. Seperti kamar, ruang makan dan ruang keluarga. Jangan lupa juga untuk selalu membawa tempat minum saat Tenang Si berkesibukan di luar rumah ya, Bun. Pilihlah botol yang praktis digunakan dan tidak gampang tumpah.

 

Batasi opsi si Si

Tenang Si mungkin lebih menyenangi jus atau susu dibandingi air putih. Bunda dapat menyelesaikan hal ini dengan menyuruhnya menghabiskan air putih terutama dulu, sebelum minum jus atau susu. Dengan begitu Tenang Si akan merasa termotivasi untuk selalu minum air putih.

READ  Aturan Menjalankan Puasa Aman Saat Hamil Trimester 3

 

Jelaskan manfaat air putih

Kebutuhan lain yang dapat bunda lakukan yakni menerangkan kepada Tenang Si perihal manfaat air putih dengan sistem yang menyenangkan. Tenang Si malahan akan termotivasi untuk minum air putih yang banyak.

 

ini banyak tersedia aplikasi khusus buah hati yang dapat diunduh pada gadget, untuk menolong menandai seberapa banyak Tenang Si minum air, sekaligus mengingatkannya.  itu, Bunda dapat mencukupi keperluan cairan Tenang Si dengan memberikan makanan atau minuman yang banyak mengandung air, seperti

 

Memerhatikan kecukupan air putih pada buah hati memang penting untuk mendorong tumbuh kembangnya. Yuk Bunda, biasakan Tenang Si minum air putih dengan sistem menyenangkan.  Bunda memiliki pertanyaan perihal kultur dan keperluan minum air putih pada buah hati, jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter.