Di umur kehamilan yang telah mendekati waktu lahir, ibu dan suami tentu sangat menunggu-nunggu hari kelahiran bayinya. Semua hal yang harus dipersiapkan, seperti baju ibu dan bayi yang harus dibawa ke rumah sakit, mengorder kamar rumah sakit, komitmen dengan dokter, dan hal lainnya mungkin telah siap. Tinggal menunggu waktu. Namun, bagaimana kalau ibu hamil tak kunjung menampilkan pedoman-pedoman kelahiran? Semua cara mungkin dapat dicoba untuk menstimulasi persalinan secara natural. Salah satunya adalah via terkait intim.

 

Bagaimana terkait intim dapat menstimulasi persalinan?

Berkaitan intim kadang dapat menolong Anda dalam menstimulasi persalinan secara natural. Mengapa dapat? Dikala terkait intim, hormon-hormon dalam tubuh ibu hamil yang menstimulasi persalinan dapat meningkat jumlahnya. Produksi hormon oksitosin yang meningkat dikala orgasme dapat menyebabkan kontraksi pada ibu hamil. Kontraksi ini kemudian dapat memicu ibu hamil untuk bersalin. Oksitosin adalah hormon yang sama yang ditemukan dalam pitocin (format sintesis dari oksitosin). Pitocin ini adalah obat yang dipakai di rumah sakit untuk menginduksi persalinan.

READ  Mommy Brain Tergolong Normal

 

Selain oksitosin, terkait intim juga melibatkan hormon prostaglandin untuk menstimulasi persalinan. Hormon prostaglandin ini terdapat dalam semen atau air mani dari pasangan Anda. Jadi, dikala menjalankan kekerabatan intim dikala hamil, pastikan juga pasangan Anda ejakulasi di dalam organ intim wanita. Hormon prostaglandin yang masuk ke tubuh ibu hamil dapat menolong melembutkan leher rahim. Sehingga, leher rahim lebih mudah untuk membuka dan melebar sebagai jalan keluarnya bayi.

 

Namun, sebelum terkait intim untuk menstimulasi persalinan, sebaiknya konsultasikan secara khusus dahulu perihal hal ini ke dokter Anda.

READ  Hindari Bahan-bahan Produk Perawatan Kulit Ini Saat Hamil dan Menyusui

 

Apakah terkait intim dikala hamil aman dikerjakan?

Sebetulnya, terkait intim dikala hamil aman-aman saja dikerjakan selama ibu hamil tak memiliki persoalan tertentu dan nyaman melakukannya. Namun, sebaiknya Anda tak menjalankan kekerabatan intim dikala hamil kalau Anda memiliki persoalan dengan plasenta (seperti plasenta previa), air ketuban telah pecah atau rusak, atau kalau Anda mengalami perdarahan organ intim wanita. Berkaitan intim dikala air ketuban telah pecah dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi.

 

Kadang, sebagian ibu hamil merasa tak nyaman dikala terkait intim. Ini wajar dan sebaiknya jangan dipaksa. Atau, Anda mungkin dapat mencoba gaya lain sehingga ibu hamil merasa lebih nyaman, gaya spoon semisal.

READ  Asam Lambung pada Bayi Bisa Sebabkan Bayi Sering Muntah

 

Bagaimana kalau ibu hamil tak nyaman terkait intim?

Jikalau ibu hamil tak merasa nyaman juga, jangan cemas. Ada banyak cara lain yang dapat dikerjakan untuk menstimulasi persalinan secara natural, kecuali terkait intim. Anda mungkin dapat cuma menjalankan foreplay atau stimulan puting ibu hamil. Sebab yang secara khusus adalah menstimulasi hormon-hormon persalinan untuk meningkat jumlahnya.

 

Dengan menjalankan foreplay atau stimulan puting, hormon-hormon yang menunjang persalinan (seperti oksitosin) dapat saja meningkat jumlahnya. Dan, hal ini kemudian dapat menstimulasi tubuh Anda untuk menjalankan persalinan. Atau, Anda juga dapat mencoba cara lain untuk menstimulasi persalinan, seperti berjalan kaki dan akupuntur.