Dokter pakar neurologi ialah dokter khusus dalam mendiagnosis dan mengobati penyakit yang berhubungan dengan sistem saraf, termasuk otak, otot, saraf tepi, dan saraf tulang belakang. Sebelum menjadi dokter pakar neurologi, seorang dokter patut menuntaskan pendidikan spesialisasi di bidang neurologi.

 

Secara umum, dokter pakar neurologi bisa dibagi menjadi dua pantas dengan sistem perawatan yang diberikan, ialah dokter bedah saraf dan dokter pakar saraf yang menangani penyakit saraf dengan sistem non bedah.

 

Untuk menjadi dokter bedah saraf, biasanya seorang dokter patut menjalani masa pendidikan residensi bedah saraf minimal selama 6 tahun setelah lulus sekolah kedokteran umum. Lamanya masa pendidikan inilah yang membikin dokter bedah saraf masih betul-betul jarang di beberapa negara, termasuk di Indonesia.

READ  Latihan Kebugaran Jasmani untuk Jantung

 

Di dunia medis sendiri, bidang kerja dokter pakar neurologi bisa dibedakan menjadi delapan subspesialisasi. Dokter pakar yang telah mendalami pendidikan subspesialisasi disebut dengan konsultan. Pembagian bidang neurologi ini bertujuan untuk memudahkan dalam menangani gangguan sistem saraf para pasiennya. Berikut ialah subspesialisasi bidang neurologi, ialah:

 

Neurologi si kecil

Dokter pakar konsultan neurologi si kecil lebih terpusat pada penanganan gangguan saraf pada si kecil, mulai dari bayi sampai remaja. Pelbagai gangguan saraf yang bisa ditangani oleh dokter konsultan neurologi si kecil mencakup kejang, ayan, hidrosefalus, kelemahan otot, serta tumor otak ada si kecil.

 

Neurologi ayan

Variasi neurologi yang khusus dalam mendiagnosis dan menangani penyakit ayan.

 

Neurologi vaskular

READ  Gusi Berdarah Saat Menyikat Gigi, Waspada Penyakit Ini

Bidang neurologi yang khusus mendalami dan mengobati penyakit pada pembuluh darah otak seperti stroke dan kelainan pembentukan pembuluh darah otak (Arteriovenous Malformation/AVM).

 

Neurologi nyeri dan saraf tepi

Subspesialisasi dokter pakar neurologi yang fokus dalam mendiagnosis dan menangani penyakit yang berhubungan dengan keluhan nyeri dampak gangguan saraf tepi dan otonom. Beberapa gangguan saraf yang diobati oleh konsultan neurologi nyeri mencakup neuropati diabetik, neuropati otonom, nyeri dampak cedera, dan kerusakan saraf.

 

Neurologi intervensi

Bidang neurologi yang fokus dalam mengobati kelainan sistem saraf pusat di otak dan saraf tulang belakang dengan teknologi radiologis dan sistem penanganan invasif minimal, semisal pemasangan klip atau ring di otak atau terapi radiasi untuk mengobati tumor otak.

READ  Berbagai Kondisi Penyebab Pilek Menahun

 

Neuro-onkologi

Dokter pakar neuro-onkologi yang khusus menangani tumor ataupun kanker pada otak ataupun saraf tulang belakang.

 

Neurologi geriatri

Bidang neurologi yang terpusat pada diagnosis dan pengobatan penyakit saraf dampak penuaan. Dokter konsultan neurologi geriatri mempunyai keahlian dalam menangani penyakit saraf pada lansia.

 

Neurologi intensif dan emergensi

Salah satu subspesialis bidang neurologi yang khusus mendiagnosis, mengobati, dan merawat pasien gangguan sistem saraf dengan kondisi kritis. Dokter konsultan neurologi di bidang ini juga menangani kasus kegawatdaruratan berhubungan penyakit saraf.

 

Tak jarang, subspesialis neurologi ini berkerjasama dengan dokter pakar lain dalam membantu pengobatan pasiennya, salah satunya ialah dokter pakar bedah saraf apabila kasus yang ditangani memerlukan perbuatan pembedahan saraf.