Danau Toba yang berlokasi di Sumatera Utara ini merupakan salah satu danau vulkanik terindah yang dimiliki Indonesia. Dengan luas yang mencapai 1.145 kilometer persegi, Danau Toba tampak seperti sebuah lautan yang berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Kecuali disebut sebagai danau terluas di Asia Tenggara, danau yang memiliki kedalaman 450 meter ini juga menjadi danau terdalam di dunia.

 

Di tengah Danau Toba, terdapat sebuah pulau yang bernama Pulau Samosir. Pulau Samosir memiliki dua danau kecil merupakan Danau Aek Natonang dan Danau Sidihoni. Pulau Samosir yang memiliki luas hampir sama dengan luas negara Singapura ini bukanlah pulau kosong, pulau ini menjadi tempat tinggal suku Batak Samosir. Suku Batak yang tinggal d Pulau Samosir masih membatasi teguh kepercayaan leluhur. Mereka juga masih melakukan beragam ritual yang umum dilaksanakan nenek moyang dulu.

READ  Gunung Bromo Wisata Jawa Timur

 

Menjelajahi Danau Toba akan sulit dipecahkan dalam waktu sehari saja. Daerah liburan ini memiliki banyak hal yang menarik untuk dilaksanakan dan banyak tempat yang tak boleh dilewatkan dalam kunjungan Anda.

 

Berlayar

 

Berlayar menuju ke Pulau Samosir dengan kapal sewaan tentu akan menjadi pengalaman menarik. Dengan menyewa kapal untuk rombongan 20-25 orang selama sehari, Anda bebas minta stop di titik tempat liburan mana saja yang Anda dan rombongan berharap kunjungi.

 

Selama perjalanan dengan kapal ini, nikmati pemandangan Danau Toba dan sekelilingnya. Anda akan dihasilkan takjub dengan kekayaan alam yang Anda saksikan. Jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan tiap-tiap pesona Danau Toba. Kecuali itu, Anda dapat memandang pelancong lain yang sedang bermain banana boat dan jetski di danau.

 

Mengenal sejarah Batak

READ  Tempat Wisata Alam di Bandung yang Wajib Dikunjungi

 

Berada di Pulau Samosir jangan hanya berdiam diri di penginapan saja. Di sini, Anda dapat mengenal sejarah Batak dengan mengunjungi tempat liburan bersejarah. Jangan lewatkan Desa Tomok di mana terdapat Makam Raja Sidabutar, Museum Huta Bolon di Simanindo dan Batu Persidangan di Ambarita.

 

Makam Raja Butar benar-benar unik karena terbuat dari batu besar tanpa sambungan dan ada ukiran wajah sang raja di batu makamnya. Raja Sidabutar merupakan orang pertama yang mendiami Tomok. Di kompleks pemakaman ini juga terdapat makam dua raja penerusnya dan makam beberapa anggota keluarga. Untuk masuk ke tempat liburan ini, Anda wajib menerapkan ulos yang sudah disediakan oleh petugas di pintu masuk.

 

Museum Huta Bolon tak kalah menarik. Di sini Anda dapat memandang rumah adat Batak Simanindo peninggalan Raja Sidauruk yang dihasilkan museum kultur Batak ketika ini. Di dalam museum terdapat banyak koleksi benda-benda yang erat kaitannya dengan kultur Batak seperti pakaian adat, kain ulos dan juga peti mati yang berisi boneka Sigale-gale.

READ  Jam buka dan harga tiket masuk Candi Borobudur

 

Jangan lupa mengunjungi Desa Ambarita di mana terdapat Batu Persidangan. Batu yang berbentuk seperti meja ini dulu dipakai untuk mengeksekusi tahanan. Orang-orang yang ternyata melakukan kriminalitas seperti membunuh, mencuri dan memerkosa akan dihukum pancung di meja ini.

 

Belanja

 

Tidak komplit rasanya jikalau berlibur tanpa belanja. Di kawasan Danau Toba dan sekitarnya terdapat banyak kios suvenir yang menjual kain ulos, gitar khas Batak, t-shirt, gantungan kunci dan beragam suvenir lainnya. Suvenir-suvenir ini banyak Anda temui di Pulau Samosir, Parapat, Balige dan tempat-tempat lain sekitar Danau Toba. Siapkan dompet dan asah kecakapan menawar Anda