Keguguran yaitu hal yang menyedihkan dan membuat patah hati segala calon ayah dan bunda, terutamanya sang ibu. Wajar bila Anda merasa sedih dan kecewa karena kehilangan calon bayi. Tidak cuma sedih, Anda mungkin juga akan merasa bingung bagaimana caranya memberitahukan kejadian hal yang demikian kepada orang-orang terdekat Anda.

 

Ya, membagikan berita seperti ini tentunya tidaklah mudah, apalagi bagi Anda yang sedang bersedih. Tetapi, Anda konsisten seharusnya berbagi kejadian ini dengan orang terdekat Anda, karena hal ini juga akan menolong Anda melalui duka. Lalu bagaimana metode memberitahukan berita keguguran pada keluarga dan kerabat terdekat?

 

Bagaimana metode menginfokan pada sahabat dan kerabat bila aku keguguran?

Sebetulnya tidak ada metode yang pasti dalam memberitahukan berita keguguran pada keluarga dan kerabat Anda. Tetapi ini tergantung dengan siapa Anda mengobrol dan sejauh mana Anda merasa nyaman dengan metode yang diterapkan. Tetapi, berikut yaitu tips untuk mempermudah Anda untuk memberitahukan berita keguguran pada orang lain.

READ  Berciuman yang Lebih Menggoda Daripada Sekadar Silat Lidah

 

Pertama-tama, Anda seharusnya berdamai dengan diri Anda

Sebelum Anda memberitahukan orang lain, sebaiknya Anda berdamai dulu dengan diri Anda sendiri. Mungkin Anda membutuhkan sedikit waktu untuk sendiri dan mengumpulkan kembali keberanian dan energi Anda. Apabila telah benar-benar siap, Anda dapat mengawalinya dengan orang yang paling dekat dengan Anda.

 

Beritahukan secara lantas dan personal

Tetapi Anda berharap diberi dukungan emosionil secara lantas, Anda dapat mengawalinya dengan mengatakan berita ini pada orang yang paling dekat dengan Anda, misalnya suami. Mungkin awalnya Anda akan takut memberitahukan suami karena tidak berharap membuatnya kecewa. Tetapi, yakinlah bahwa suami Anda justru dapat membuat Anda menjadi lebih kuat dan nyaman dalam menghadapi kondisi ini.

 

Tetapi yang sama dapat Anda lakukan pada member keluarga lainnya. Percayalah bahwa mereka segala dapat membuat Anda kian kuat.

 

Anda dapat juga menyampaikannya dengan pesan singkat

Apabila Anda tidak nyaman untuk memberi tahu keluarga atau kerabat dekat Anda secara lantas, Anda dapat menerapkan metode lain, misalnya pesan singkat atau melalui chat. Tuliskan apa yang menurut Anda perlu diberitahukan dan jelaskan kondisi Anda saat ini – entah itu berharap sendiri dulu atau diberi dukungan emosionil secara lantas.

READ  Tips Jitu Mengatasi Fobia Sosial

 

Katakan dengan simpel

Anda tidak perlu membeberkan penyebab keguguran yang terjadi, bila Anda tidak menginginkannya. Tetapi yang perlu dikenal keluarga Anda saat itu yaitu kondisi Anda. Anda dapat menyatakan penyebabnya bila memang Anda telah siap menceritakan keseluruhan kejadian. Apabila mereka menekan Anda untuk menceritakan keseluruhan cerita, Anda dapat menolaknya dengan menyatakan bahwa Anda sedang tidak nyaman untuk bercerita saat itu.

 

Bersiap untuk mendapatkan komentar dan reaksi yang berbeda-beda

Semua Anda selesai memberitahukan apa yang terjadi, Anda pasti akan berharap orang yang Anda beritahukan merespon cocok dengan harapan Anda. Tetapi sayangnya, tidak segala orang tahu apa yang Anda inginkan, pun mereka tidak tahu seharusnya memberikan reaksi seperti apa.

READ  Banyak Orang Genius yang Kena Gangguan Jiwa

 

Tetapi di antaranya mungkin akan tidak memberikan reaksi apa saja. Tetapi ini bukan berarti mereka tidak peduli dengan Anda, cuma saja mereka tidak pernah merasakan apa yang Anda rasakan saat itu dan alhasil bingung apa yang seharusnya mereka lakukan.

 

Sementara yang lainnya mungkin akan memberi reaksi seperti “Tetapi akan baik-baik saja” atau “ saja, pasti akan hamil lagi nanti”. Mungkin Anda akan tidak menyukai bila mendengar kalimat-kalimat seperti itu. Tetapi, mereka berkata seperti itu karena berharap menampakkan perhatiannya.

 

Sisanya, mungkin akan memberikan Anda rekomendasi dan pengarahan. Apabila hal ini terjadi pada Anda, jangan merasa diceramahi atau minder, karena mungkin mereka telah memiliki pengalaman yang tidak Anda miliki. Tetapi, jangan segala hal yang dikatakan oleh orang lain Anda masukkan ke hati, pilihlah mana yang dapat membuat Anda tenang dan nyaman.