Struktur tulang yang membentuk kepala pada kerangka manusia dikenal dengan nama tulang tengkorak. Secara lazim, tulang tengkorak terdiri dari 2 bagian, ialah tulang tengkorak bagian kepala (tempurung) dan tulang tengkorak bagian wajah. Eksistensi tulang tengkorak ini berperan penting dalam melindungi otak dan menunjang terbentuknya struktur wajah.

 

Tulang tengkorak tersusun dari beberapa bagian tulang, ialah tulang rahang atas dan bawah, tulang zigoma, tulang dahi, tulang parietal, tulang temporal (pelipis), tulang oksipital (belakang kepala), tulang sphenoid, dan tulang ethmoid. Kesemua bagian tulang tengkorak ini disatukan oleh sebuah jaringan ikat sepantasnya jahitan yang tebal. Umumnya, jahitan ini tak menyatu dengan erat hingga Anda dewasa. Hal ini bertujuan supaya otak Anda bisa terus tumbuh dari masa kanak-kanak hingga remaja.

READ  Atasi Kulit Gatal Kurap Dengan 6 Obat Alami yang Ada di Rumah

 

Padahal tulang tengkorak didesain dengan benar-benar kuat, melainkan tetap saja berpotensi untuk bisa mengalami cedera. Cedera atau syok pada tulang tengkorak ini biasanya bisa memunculkan keretakan. Dikarenakan struktur tulang tengkorak benar-benar kuat, maka dibutuhkan benturan yang keras untuk bisa membuatnya retak.

 

Umumnya, tulang tengkorak mengalami kerusakan saat mengalami kecelakaan kendaraan bermotor atau terjatuh dari ketinggian. Hal lain yang juga bisa menjadi penyebab terjadinya kerusakan tulang tengkorak ialah pukulan langsung ke kepala. Berikut ialah beberapa ragam kerusakan atau patah (fraktur) pada tulang tengkorak:

READ  Begini Cara Memakai Sunscreen yang Benar

 

Fraktur tertutup

Fraktur tertutup biasanya terjadi saat tulang mengalami keretakan, melainkan tak membuat kulit penutup tulang robek atau mengalami luka terbuka.

 

Fraktur terbuka

Berbeda dengan fraktur tertutup, kondisi cedera tulang tengkorak ini dicontoh oleh rusaknya kulit di tempat terjadinya retakan. Kondisi ini dikenal dengan fraktur terbuka, dikarenakan tulang yang mengalami kerusakan tampak atau timbul dari robekan kulit.

 

Fraktur dasar tengkorak atau basis cranii

Kerusakan ragam ini terjadi di tempat dasar tulang tengkorak. Zona ini mencakup tempat tulang di sekitar mata, alat pendengaran, hidung, atau tengkorak bagian belakang yang berdekatan dengan tulang belakang. Jenis cedera tulang tengkorak ini kerap kali dicontoh robekan selaput otak, dan ialah salah satu ragam cedera tulang tengkorak yang paling fatal.

READ  Kenali Kebutuhan Vitamin dan Mineral Wanita Sesuai Usianya

 

Fraktur depresi (patah tulang tengkorak cekung)

Dinamakan fraktur depresi, karena terdapat bagian patahan tulang yang terdorong ke dalam rongga otak, membentuk cekungan.