Bagian mana dari Bali yang tidak menarik? Menjawab pertanyaan ini tentunya susah, ya. Bali seolah memiliki magnet kuat dengan kekuatan tariknya yang tidak habis-habis. Keindahan alam terlebih pantainya sudah tidak perlu diterangkan lagi. Pulau ini juga memperoleh sebutan Pulau Seribu Pura karena kuatnya imbas ajaran Hindu di sini.

 

Sekarang, bagaimana kalau keindahan pantai di Bali disatukan dengan pura sebagai rumah ibadah umat Hindu? Jawabannya ialah kunjungi saja Tanah Lot. Tanah Lot ialah daerah liburan religi dengan panorama pantai yang indah. Terdiri dari dua pura yang masing-masing berada di atas bongkahan batu karang dan tebing yang menjorok ke laut, Tanah Lot nampak indah bersahaja.

 

Yang disebut dengan Pura Tanah Lot ialah pura yang berada di atas bongkahan batu karang di tengah pantai. Pura ini ialah daerah pemujaan pada dewa laut, hal ini pula yang membikin pura ini dibangun di lokasi yang benar-benar dekat dengan laut. Wisatawan tidak diperkenankan masuk ke dalam bangunan pura untuk menjaga kesucian dan kesakralan daerah ibadah ini.

 

Ketika air pasang, Anda bisa memperhatikan Pura Tanah Lot seperti mengapung di atas air. Lain halnya saat air surut, di bawah pura terdapat lubang-lubang kecil layaknya gua yang ditempati banyak ular ekor pipih dengan warna hitam berbelang kuning. Konon, ular ini ialah penjaga pura dan memiliki racun 3 kali lebih kuat dari ular kobra. Ular-ular ini relatif jinak dan tidak akan menyerang selain kalau diganggu.

 

Keunikan lain dari Tanah Lot ini ialah adanya sumber mata air tawar yang disebut dengan Air Pabersih. Sumber mata air ini tentu saja ialah sebuah keajaiban tersendiri karena berlokasi di tengah pantai yang basah asin. Berdasarkan warga setempat, sumber mata air tawar ini pula yang menjadi salah satu alasan dipilihnya pantai ini sebagai lokasi pendirian Pura Tanah Lot karena dianggap sebagai daerah yang suci.

READ  Oleh-oleh Khas Bandung yang Paling Terkenal

 

Tanah Lot berjarak sekitar 1 jam dari Bandara atau sekitar 45 menit dari Pantai Kuta yang ialah daerah liburan populer di Bali lainnya. Tempat liburan ini banyak dikunjungi terlebih saat memasuki petang karena panorama matahari terbenamnya yang familiar indah. Harga tiket masuk Tanah Lot ialah 15.000 Rupiah. Harga yang cukup murah untuk bisa menikmati liburan religi sekaligus pantai dalam satu daerah liburan di Bali.

 

Tanah Lot berasal dari dua kata ialah ‘tanah’ yang berarti pulau dan ‘lot’ yang berarti laut. Jika digabungkan, keduanya memiliki arti ‘pulau yang berada di tengah laut’. Selain dari asal usul nama, daerah liburan ini juga memiliki cerita atau legenda yang diandalkan sebagai awal mula berdirinya Pura Tanah Lot.

 

Dulu, ada seorang penyebar ajaran Hindu dari Jawa yang bernama Danghyang Nirartha dan mengembara ke tanah Bali. Dia berhasil menguatkan kepercayaan penduduk setempat, melainkan seorang penguasa desa yang bernama Bendesa Beraban tidak menyenangi ketidakhadiran Nirartha.

 

Beraban dan pengikutnya berusaha mengusir Nirartha. Oleh Nirartha, kemauannya akan dipenuhi, melainkan terlebih dulu dia memindahkan sebongkah batu raksasa ke tengah pantai. Di sana, Nirartha melanjutkan semedinya. Dia juga melemparkan selendang yang digunakannya ke tengah laut. Selendang itu kemudian berubah menjadi ular hitam berbelang kuning dengan ekor pipih yang bertugas menjaga tempatnya bersemedi. Ular tersebut masih bisa diamati di Tanah Lot hingga kini.

READ  Vihara Buddhagaya Watugong Wisata Semarang

 

Memperhatikan kecakapan Nirartha yang luar lazim, Beraban mersa terpukau. Konon, Beraban mengurungkan niatnya mengusir Nirartha dan berbalik menjadi pengikutnya. Kemudian dibangunlah dua buah pura untuk daerah ibadah warga desa, satu pura di atas bongkahan batu yang dipindahkan ke tengah pantai, satu pura lagi di ujung tebing yang menjorok ke laut. Sedangkan Anda tidak diperkenankan untuk masuk ke dalam pura, melainkan masih ada hal menarik lainnya yang bisa Anda lakukan di Tanah Lot. Berikut simpulannya:

 

Apa yang lebih menarik dari mengabadikan keindahan sebuah daerah liburan ke dalam pigura foto? Dengan memotretnya, Anda bisa mengenang kembali keindahan Tanah Lot dari mana pun.

 

Siapkan kamera Anda. Pemandangan matahari terbenam di daerah liburan ini menjadi obyek foto yang banyak diincar para fotografer amatir dan profesional. Pura Tanah Lot dengan latar senja kemerahan akan membikin foto Anda menjadi benar-benar indah untuk dipamerkan ke teman dan keluarga saat pulang nanti.

 

Di sepanjang jalan masuk menuju ke Pura Tanah Lot terdapat pasar seni yang menawarkan berbagai kerajinan tangan khas Bali. Anda bisa menemukan kalung dan gelang kayu berukir, gantungan kunci dari kerang, asbak dengan hiasan pasir dan bintang laut dan juga t-shirt dengan berbagai artikel khas Bali.

READ  Pulau Sempu Wisata Jawa Timur Indonesia

 

Ketika berbelanja di pasar seni ini, sebaiknya menerapkan kecakapan menawar Anda. Harga yang ditawarkan awalnya relatif tinggi, melainkan bukan tidak mungkin Anda bisa menerima harga yang lebih relatif murah kalau bisa menawarnya dengan baik. Sstt, salah satu trik saat menawar ialah gunakan bahasa lokal, sehingga pedagang merasa akrab dengan Anda.

 

Tiap-tiap daerah liburan memiliki mitos-mitos unik yang banyak diandalkan. Di Tanah Lot pun demikian. Di sini, berkembang mitos bahwa kalau wisatawan mencuci muka dengan Tirta Pabersihan sambil mengungkapkan permohonannya, maka tidak lama lagi kemauannya tersebut akan terkabul.

 

Selain mitos Tirta Pabersihan, berkembang satu mitos lagi. Anda bisa membatasi ular berekor pipih penjaga pura sambil meletakkan uang koin di dasar air dan mengungkapkan permohonan. Ingat, jangan terlalu kasar saat membatasi ular tersebut supaya mereka tidak menyerang Anda.

 

Odalan ialah sebuah ritual atau upacara yang lazim dilakukan memasuki hari raya Galungan dan Kuningan. Pada hari tersebut, Pura Tanah Lot akan dipenuhi umat Hindu yang datang dari seluruh penjuru Bali untuk bersembahyang di sini.

 

Tanah Lot berada di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Tabanan, Bali. Untuk bisa mencapai lokasi ini, cara paling praktis ialah dengan menerapkan jasa travel, menyewa kendaraan atau naik taksi. Jika menyewa kendaraan, tidak perlu cemas akan tersesat, ada banyak papan penunjuk jalan ke arah Tanah Lot karena daerah liburan ini benar-benar populer di Bali.