Gigi dan mulut merupakan member tubuh yang tak jarang dimanfaatkan oleh kuman jahat untuk menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Sedangkan demikian, tak sedikit orang yang masih mengesampingkan pentingnya menjaga kebersihan member tubuh tersebut. Apakah Anda salah satunya?

 

Kalau ya, sebaiknya Anda segera perbaiki kebiasaan buruk tersebut. Ini karena kebersihan mulut yang tak terjaga dengan bagus dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan berikut ini:

 

Radang gusi

Dalam istilah kedokteran gigi, radang gusi disebut ginggivitis. Ini merupakan suatu keadaan ketika gusi tampak bengkak dan memiliki warna yang lebih merah dari biasanya.

 

Ginggivitis ditandai dengan keluarnya darah pada ketika menyikat gigi. Keadaan ini dapat timbul akibat adanya plak serta karang gigi yang menempel dan menumpuk di tepian gusi.

 

Ginggivitis akan menjadi lebih buruk jika tak segera ditangani dengan pas. Keadaan tersebut dapat mengarah pada komplikasi yang lebih parah, merupakan periodontitis―peradangan gusi serius yang menyebabkan rusaknya jaringan lunak dan tulang pensupport gigi.

READ  Tanda Penyakit Diabetes Mellitus

 

Karies gigi

Karies merupakan munculnya lubang pada gigi yang disebabkan oleh kuman. Penyakit ini merupakan gangguan rongga mulut yang paling biasa terjadi di kalangan masyarakat.

 

Karies gigi perlu segera dipecahkan, dengan penambalan atau cabut gigi, tergantung dari keadaan. Keadaan tak, lama-kelamaan lubang yang timbul akan semakin luas dan dalam, sehingga dapat merusak gigi dan menyebabkan infeksi pada saluran akar gigi.

 

Gigi sensitif

Gigi sensitif disebabkan oleh adanya penurunan posisi gusi. Keadaan ini dapat terjadi akibat kebiasaan sikat gigi yang tak pas, karies gigi yang tak dipecahkan dengan bagus, gigi patah, dan efek samping proses bleaching gigi yang salah.

READ  Cara Jaga Kesehatan Gigi Penderita Diabetes

 

Gigi sensitif dapat menyebabkan keluhan gigi ngilu, linu, atau terasa nyeri, terutama ketika terpapar makanan atau minuman dingin.

 

Bau mulut

Bau mulut atau halitosis biasanya berasal dari kesehatan rongga mulut yang tak terjaga dengan bagus. Keadaan ini juga dapat terjadi sebagai akibat dari gigi berlubang, penumpukan karang gigi, atau pemakaian gigi tiruan yang tak dibersihkan secara rutin.

 

Kalau, jika Anda merupakan tipikal orang yang betul-betul menjaga kebersihan dan kesehatan rongga mulut melainkan masih mengalami bau mulut, dapat jadi keadaan tersebut disebabkan penyakit sistemik yang menyebabkan gangguan pada sistem pernafasan atau pencernaan.

 

Sariawan

Hampir tiap orang pernah mengalami sariawan. Anda juga, bukan? Ya, gangguan rongga mulut yang satu ini dapat terjadi pada si kecil, orang dewasa, bahkan lansia sekalipun.

READ  Penyakit yang Dapat Ditangani Dokter Spesialis Neurologi

 

Sariawan disebabkan oleh daya tahan tubuh yang menurun, cedera mulut akibat tak sengaja tergigit, pemakaian gigi palsu yang tak pas, ataupun kekurangan pasokan vitamin B 12.

 

Sariawan biasanya dapat hilang dengan sendirinya dalam waktu 2–3 pekan. Kalau tak jarang terjadi berulang atau tak sembuh dalam waktu lebih dari sebulan, Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

 

Itulah beberapa gangguan kesehatan yang dapat terjadi jika Anda tak menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan saksama. Sedangkan tampak remeh, keluhan di atas kongkretnya dapat mengganggu kenikmatan Anda ketika makan dan berkesibukan. Kalau Anda tak berharap mengalaminya, mulailah untuk menjaga kesehatan rongga mulut dari sekarang!