Semarang yang yaitu ibu kota Provinsi Jawa Tengah ini memiliki sederet alasan kenapa Anda seharusnya mengunjunginya. Semarang menjadi salah satu kota di Indonesia dengan keragaman kultur Jawa dan Tionghoa yang mampu hidup berdampingan dengan harmonis.

 

Sudah puas berkeliling semarang? Sudah mencicipi aneka kuliner lezatnya? Jangan pulang dulu! Beli 10 oleh-oleh khas Semarang berikut ini agar keluarga di rumah juga dapat menikmati Kota Lumpia ini sama seperti Anda:

 

  1. Lumpia

Menikmati lumpia seketika di kota asalnya memang dapat memunculkan sensasi tersendiri. Setiap gigitannya yang renyah dengan isi rebung ayam manis gurih dapat jadi membikin Anda tidak lelah mengunyah. Bagaimana dengan keluarga di rumah? Pulang dengan membawa lumpia akan menjadi satu sistem Anda memperlihatkan bahwa Anda selalu mengingat mereka saat berwisata ke Semarang.

 

Tak susah menerima lumpia sebagai oleh-oleh. Anda dapat menemukan lumpia di seluruh penjuru Kota Semarang. Namun, ada pantasnya Anda membeli seketika dari daerah autentik di mana resep lumpia dijadikan. Datanglah ke Gang Lombok yang berada di kawasan pecinan Semarang. Di sini, Anda dapat membeli lumpia yang dikemas dalam besek atau kotak yang terbuat dari bambu. Lumpia di sini masih menerapkan resep autentik yang dipertahankan secara turun temurun.

 

  1. Roti Ganjel Rel

Mendengar namanya mungkin Anda mengerutkan dahi, aneh ya? Namun tenang saja, meski namanya aneh, namun roti ini memiliki rasa khas yang istimewa. Roti ini terbuat dari tepung tapioka, santan, air nira, gula dan kayu manis sebagai penambah aroma sedap. Sebagai pemanis tampilan, roti ditaburi wijen.

 

Tekstur roti yang keras dan warnanya yang coklat membikin warga setempat menyamakannya dengan bantalan rel kereta api. Jadi, Anda tahu kini dari mana nama roti ini berasal. Menurut pakar kesehatan, tekstur yang keras ini membikin roti ganjel rel bagus untuk kesehatan.

READ  Wisata Alam Semarang Ini Punya Pesona Tersembunyi

 

Roti ganjel rel yaitu sajian seharusnya dalam acara ‘dugderan’ atau pawai sebelum bulan puasa. Pada hari umum, Anda akan sedikit kesusahan menemukan roti ini di pasaran. Namun tidak perlu kuatir, di sentra oleh-oleh Jalan Pandanaran, terdapat toko yang menyediakan roti ini untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

 

  1. Sebab Bakso

Suka minum teh di petang hari? Kegiatan minum teh umumnya butuh camilan. Nah, tahu bakso khas Semarang dapat jadi sahabat santai minum teh di petang hari. Rasanya yang gurih, sungguh-sungguh sedap dikenalkan hangat dan disantap dengan cabe rawit. Terdapat dua ragam tahu bakso yaitu tahu bakso goreng dan tahu bakso rebus. Tak perlu bertanya mana yang lebih sedap, sebab keduanya memang sama-sama lezat.

 

Sebab bakso ini tidak akan sepopuler seperti saat ini jikalau bukan sebab Bu Pudji, seorang warga Unggaran. Pada tahun 1995, dia memulai usahanya dengan menjajakan tahu bakso buatannya ke kantor-kantor pemerintahan yang ada di Unggaran dan Semarang. Ketika banyak yang suka jajanan ini, Bu Pudji akhirnya menciptakan tahu bakso sebagai ladang bisnisnya. Kue ini, tahu bakso gampang dijumpai di beragam toko oleh-oleh khas Semarang, terutama di Jalan Pandanaran.

 

  1. Mochi / Moaci Gemini

Sebagian mochi yang diketahui berasal dari negeri seberang, rupanya menjadi oleh-oleh khas Semarang. Mochi atau moaci yang populer yaitu Moaci Gemini yang berlokasi di Jalan Kentangan Barat 101, Semarang.

 

Moaci terbuat dari tepung adonan tepung ketan yang di dalamnya berisi kacang cacah dan gula. Tampilannya yang bulat kecil kecil dan kenyal dengan taburan wijen tentunya akan menggoda siapa bahkan yang melihatnya. Moaci Gemini dijadikan tanpa bahan pengawet dan tahan sampai satu pekan.

 

  1. Bandeng Juwana

Penggemar olahan ikan seharusnya mampir ke Bandeng Juwana Erlina yang beralamat di Jalan Pandanaran 57 dan Jalan Pamularsih 70, Semarang. Di sini, Anda seperti masuk ke surga aneka olahan ikan bandeng lezat. Kecuali olahan bandeng yang dapat Anda bawa pulang di antaranya bandeng duri lunak, bandeng asap dan otak-otak bandeng.

READ  Tempat Wisata Kuliner di Surabaya yang Wajib Dikunjungi

 

Awalnya bandeng yang dibawa pulang, Anda juga dapat menikmati sajian khas Bandeng Juwana Erlina di toko makannya yang berlokasi di lantai 2. Anda dapat mencicipi sate bandeng, bandeng tauco dan juga gudeg bandeng.

 

  1. Wingko Babat

Wingko Babat memang bukan jajanan khas Semarang, namun berasal dari sebuah kecamatan di Lamongan yaitu Babat. Jajanan berbentuk bulat dalam beragam ukuran dengan rasa legit ini banyak dicari pelancong yang datang ke Semarang. Perpaduan rasa yang dijadikan dari kelapa muda opsi dan gula menciptakan wingko memiliki rasa khas yang lezat.

 

Salah satu wingko yang populer di Semarang yaitu Wingko Babat Cap Kereta Api yang berlokasi di Jalan Cenderawasih 14, Semarang. Dari sini lah wingko mulai dikenalkan oleh Nyonya Mulyono yang berasal dari Babat dan menetap di Semarang. Tak wingko dipasarkan di sekitaran Stasiun Tawang, hal ini pula yang menjadi alasan penamaan wingko dagangannya.

 

  1. Brillian Super Cake

Roti Brillian atau Brillian Super Cake menjadi oleh-oleh khas selanjutnya yang banyak diburu pelancong. Roti ini dapat Anda peroleh di Istana Brillian yang berlokasi di Jalan Simpang Lima, Semarang.

 

Roti Brillian dijadikan dari bahan opsi terbaik dan menerapkan resep kuno yang masih terjaga keautentikannya. Nikmati beragam varian rasanya mulai dari keju, coklat, almond dan kismis. Tak perlu pikir panjang jikalau berharap membeli roti ini sebagai oleh-oleh pulang ke rumah. Roti ini dapat tahan berhari-hari sebab pelaksanaan pengemasannya yang bagus sehingga tidak berubah rasa meski Anda bawa pulang ke rumah.

READ  Mall di Bandung yang Wajib Dikunjungi

 

  1. Kaos Costa Brava van Java

Padahal oleh-oleh yag lebih awet? Beli saja t-shirt khas Semarang dengan brand label Costa Brava van Java. Kaos namanya terdengar asing, namun t-shirt ini autentik buatan buah hati Semarang. Costa Brave yaitu sebuah kota pantai cantik yang berada di Eropa. Dengan tujuan mengenang kota cantiknya, penjajah di Semarang bahkan menjuluki kota ini dengan nama tersebut.

 

Kaos Costa Brava van Java ini memiliki desain unik dan fresh buatan buah hati muda Semarang. Kecuali desain di antaranya yaitu gambar Simpang Lima dan Lawang Sewu. Awalnya t-shirt, tersedia juga aksesoris lain seperti mug, gantungan kunci dan tas. Anda dapat datang ke kantornya di Jalan Tlogosari III No. 32A, Tembalang, Semarang, atau dapat mengordernya secara online.

 

  1. Batik Semarangan

Siapa bilang cuma Yogyakarta yang punya batik khas? Semarang juga memiliki batik khas yang cukup unik. Batik semarang memiliki motif berbeda dari batik lainnya. Motif batik Semarangan ini yaitu gambaran dari landmark khas kota, semisal Gereja Blenduk, Lawang Sewu dan Tugu Muda.

 

Untuk menerima batik khas ini, Anda dapat datang ke Kampung Batik Semarang yang berlokasi di Jalan Batik. Di sini, Anda tidak cuma dapat membeli, namun juga memperhatikan pelaksanaan pembuatan dan juga ikut serta belajar membatik.

 

  1. Stop Oleh-oleh di Kampoeng Semarang

Masih bingung berharap membeli apa sebagai oleh-oleh? Datang saja ke Kampoeng Semarang yang berlokasi di Jalan Raya Kaligawe No. 96. Dengan tagline ‘One Jikalau Leasure’, Kampoeng Semarang menjadi lokasi yang sesuai untuk Anda berburu oleh-oleh di satu daerah.

 

Di sini, Anda dapat menemukan beragam jajanan dan kerajinan khas Semarang yang yaitu hasil produksi dari UKM-UKM terbak di Semarang.  lapar, Anda cukup ke kafe yang juga berada dalam kawasan yang sama.